5 Makanan Wajib Saat Lebaran Makanan wajib pada saat Lebaran. (Foto: 7twist)

MerahPutih Kuliner - Saat Lebaran biasanya kurang afdhol apabila tidak disertai banyak sajian makanan di rumah. Biasanya orang-orang menyediakan camilan atau makanan khas lebaran yang seakan-akan menjadi makanan wajib saat Lebaran.

Berbagai macam makanan seperti kue kering, kue basah, hingga makanan utama biasa kita temui saat Lebaran. Mau tahu makanan apa saja yang ada pada perayaan Idul Fitri? Barikut makanan wajib saat Lebaran.

1. Kue Kering

Kue Kering termasuk camilan yang bisa ditemukan saat Lebaran. Hampir setiap umat Muslim menyediakan kue kering dirumahnya untuk menyambut para tamu yang datang. Kue kering yang biasanya disajikan antara lain nastar, putri salju, kastanel, lidah kucing dan berbagai hidangan kue kering lainnya. (Dbagus)

2. Kacang-kacangan

Sebut saja kacang goreng yang renyah dan asin karena taburan garam. Jangan lupa tambah bawang putih biar nambah sensasi gurih yang unik. Selain kacang goreng, ada lagi kacang telur seperti kacang yang digoreng dan dibalur dengan telur pada bagian kulit luarnya membuat kacang ini kadang-kadang jadi pilihan utama kalau dbanding kacang goreng. Rasanya lebih renyah dan lebih gurih. (Abra Resto)

3. Ketupat

Ketupat merupakan makanan yang berbahan beras yang kemudian dibungkus dengan menggunakan anyaman yang berasal dari daun muda kelapa. Ketupat tentunya sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan warga Indonesia, mengingat makanan ini merupakan salah satu makanan yang wajib ada ketika lebaran. Biasanya ketupat dihidangkan dengan beberapa menu makanan lain seperti opor. Ketupat banyak dijumpai juga di negara tetangga seperti Singapura, Filipina, Brunei Darusalam, dan juga Malaysia. (Dbagus)

4. Opor Ayam

Makanan wajib saat lebaran yang kedua adalah opor ayam. Opor ayam menjadi menu makanan wajib ketika lebaran tiba. Menu makanan ini berbahan dasar daging ayam, santan, dengan campuran rempah-rempah lainnya. Hidangan yang satu ini memiliki cita rasa khas yakni gurih. Tidak hanya pada lebaran saja, makanan ini juga sudah sering dijumpai pada hari-hari biasa. Pada saat lebaran, biasanya opor ayam dikombinasikan dengan ketupat. (Dbagus)

5. Rengginang

Rengginang adalah salah satu jenis kerupuk yang memiliki bentuk yang khas, yaitu masih dalam bentuk butiran beras ketan. Rengginang ini diolah dan dibentuk dari beras ketan yang dijemur serta dikeringkan di bawah sinar matahari, lalu digoreng. Ada berbagai macam varian rasa, seperti asin, manis atau pun ebi. Namun, biasanya pada saat Lebaran rengginang disajikan dengan rasa asin. (7twist)


Baca Juga:

3 Tempat Makan Pie yang Asyik Banget

5 Kuliner Paling Pedas di Asia

Tips dan Trik Buka Puasa di Restoran Buffet

Tips Berpuasa Sehat Selama Ramadan

Tips Makan Asyik di Street Food Bangkok

4 Kuliner Mie yang Bikin 'Nagih'



Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH