5 Makanan untuk Cegah Mabuk Perjalanan saat Mudik

Febrian AdiFebrian Adi - Rabu, 19 April 2023
5 Makanan untuk Cegah Mabuk Perjalanan saat Mudik
Berikut makanan pencegah mabuk saat mudik. (Foto: Unsplash/Towfiqu)

MOMEN mudik sudah begitu terasa di minggu terakhir bulan Ramadan. Bermacam kendaraan pun digunakan untuk menuju kampung halaman, seperti transportasi umum maupun kendaraan pribadi untuk bersilaturahmi dengan sanak keluarga.

Namun tak bisa dipungkiri, sebagian orang yang melakukan perjalanan baik melalui jalur darat, laut, dan udara terkadang menimbulkan tantangan tersendiri. Hal ini dikarenakan beberapa orang rentan mengalami mabuk perjalanan. Bukan tanpa alasan, mabuk akan membuat perjalanan menjadi kurang nyaman.

Baca juga:

Daftar Aplikasi Ponsel untuk Mempermudah Perjalanan Mudik Lebaran

Ketika mengalami mabuk perjalanan, mata dan telinga bagian dalam yang termasuk organ sensorik keseimbangan akan mengirim pesan yang berbeda ke otak dalam waktu yang sama. Inilah mengapa beberapa orang akan merasakan mual, sakit kepala, hingga yang terburuk bisa mengalami muntah.

Meski demikian, ada jenis makanan yang bisa membantu mencegah mabuk dalam perjalanan. Seperti yang dilansir laman Halodoc, Senin (17/4), berikut beberapa di antaranya.

Roti gandum

Roti gandum lebih mudah dicerna oleh tubuh. (Foto: Unsplash/Jude)

Roti gandum termasuk dalam makanan untuk mencegah mabuk perjalanan. Roti gandum lebih mudah dicerna oleh tubuh sehingga tidak membuat perut terasa penuh yang memicu rasa mual. Selain itu, gandum juga kaya akan serat yang bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama.

Buah dengan rasa asam

Jeruk bisa atasi rasa mual. (Foto: Unplash/Mae Mu)

Ada banyak buah dengan rasa asam, seperti jeruk yang bisa dikonsumsi jika rentan mengalami mabuk perjalanan saat berpergian. Jeruk adalah salah satu buah terbaik untuk mabuk perjalanan karena buah satu ini mampu mengatasi rasa mual yang muncul karena gerakan yang berlebihan.

Baca juga:

Tips Merawat Mobil saat Libur Lebaran di Rumah

Jahe

Jahe memiliki banyak khasiat, salah satunya meredakan mabuk perjalanan. (Foto: Unsplash/Julia)

Jahe memang memiliki banyak khasiat, salah satunya adalah membantu meredakan mabuk perjalanan. Kamu hanya perlu menyiapkan jahe yang sudah diparut, lalu mengonsumsinya sebanyak setengah sendok teh.

Kandungan dalam jahe bisa membantu indra tubuh lebih rileks sekaligus memberikan efek menenangkan ketika di perjalanan. Olahan minuman jahe bisa dikonsumsi sebelum berangkat agar memberikan rasa hangat pada tubuh.

Pisang

Pisang memiliki kandungan protein dan kalium yang tinggi. (Foto: Unsplash/Rodrigo)

Buah satu ini memiliki kandungan protein dan kalium yang cukup tinggi, yang mampu membantu mengembalikan kebutuhan mineral tubuh sekalgus memberikan nutrisi. Cobalah mengonsumsi satu hingga dua buah pisang untuk membantu mengurangi mual.

Buah kering

Buah kering bisa menjadi salah satu pilihan redahkan mabuk pejalanan. (Foto: Unsplash/Anshu)

Tidak banyak yang tahu bila buah yang sudah dikeringkan bisa membantu menenangkan saraf sensorik pada tubuh. Sebab, buah kering memiliki kandungan sodium yang tinggi yang bisa mencegah muntah atau mabuk saat di perjalanan. (far)

Baca juga:

Tips Jaga Stamina untuk Perjalanan Mudik

#Mudik #Tips Mudik #Mudik Lebaran
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan