5 Makanan Sehat untuk Membantu Berhenti Merokok Tips berhenti merokok (Sumber: Pixabay/HansMartinPaul)

JUMLAH kematian yang tidak pernah berkurang akibat merokok menjadi bukti betapa sangat berbahayanya rokok bagi kesehatan. Bukan hanya bagi perokok, dampak negatif juga menimpa orang-orang disekitarnya. Sayangnya, karena sudah kecanduan, berhenti merokok menjadi hal yang paling sulit di dunia ini.

Berbagai cara sering dilakukan banyak perokok untuk berhenti. Sayangnya, sebagian besar orang gagal melakukannya. Oleh karena ini tekad yang besar untuk berhenti merokok sangat diperlukan. Selain itu kamu bisa mencari tahu tentang apa saja yang dapat membantu mengurangi kecanduan, misalnya jenis makanan untu dikonsumsi.

Ada banyak makanan yang bisa membantu kamu berjuang untuk berhenti merokok. Makanan-makanan tersebut akan membersihkan secara alami tubuh kamu dari nikotin dan racun yang disebabkan oleh rokok. Nah, dilansir dari Boldsky, berikut ini makanan sehat untuk berhenti merokok.

1. Jus wortel

Jus wortel (Sumber: Pixabay/Couleur)
Jus wortel (Sumber: Pixabay/Couleur)

Minuman ini akan mendetoksifikasi tubuh dan menghilangkan semua racun dalam darah. Hal itu karena jus wortel kaya akan vitamin A, C, K, dan vitamin B. Agar hasil yang maksimal kamu bisa mengonsumsi jus wortel sietiap pagi.

2. Bayam

Bayam (Sumber: Pixabay/Showmeyourflowers)
Bayam (Sumber: Pixabay/Showmeyourflowers)

Sudah menjadi rahasia umum kalau bayam memiliki banyak nutrisi. Bayam membantu ginjal untuk membuang racun dari darah. Selain itu vitamin dan asam folat di dalam bayam membantu menghindari rasa ingin merokok.

3. Teh jelatang

Teh jelatang (Sumber: Pixabay/Mareefe)
Teh jelatang (Sumber: Pixabay/Mareefe)

Kaya zat besi, teh jelatang membantu tubuh menyembuhkan dan membangun kembali stamina serta kekuatan yang hilang karena rokok. Selain itu teh ini juga mampu membersihkan racun di dalam tubuh.

4. Brokoli

Brokoli (Sumber: Pixabay/congerdesign)
Brokoli (Sumber: Pixabay/congerdesign)

Makanan hijau penting untuk dikonsumsi jika kamu seorang perokok. Brokoli akan membersihkan paru-paru dari banyaknya zat beracun termasuk nikotin. Selain itu makan brokoli dapat mengembalikan metabolisme tubuh. Jika dikonsumsi terus-menerus brokoli dapat menjaga paru-paru terlindung dari racun.

5. Jahe

Jahe (Sumber: Pixabay/congerdesign)
Jahe (Sumber: Pixabay/congerdesign)

Jahe dapat mengekang keinginanmu untuk merokok. Cukup giling sepotong jahe dan campurkan satu sendok gula kemudian langsung dimakan. Cara ini membantu menahan nafsu untuk merokok. Jahe juga bisa membersihkan lendir di paru-paru karena mengandung antioksidan.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH