Kuliner

5 Makanan Khas Indonesia yang Jarang Diketahui di ICN Food Exhibition 2021

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Senin, 21 Juni 2021
5 Makanan Khas Indonesia yang Jarang Diketahui di ICN Food Exhibition 2021
Wajib dicicipi. (Foto: Instagram/foodirectory)

KEHADIRAN acara Indonesian Culture and Nationalism (ICN) secara virtual pada 27 Juni 2021 tampaknya cocok dikunjungi. Kamu dapat mengetahui ragam kuliner Indonesia yang belum banyak dikenal. Kegiatan ini merupakan satu rangkaian dari kegiatan tahunan ICN, acara kebudayaan yang diadakan oleh Student Board S1 Universitas Prasetya Mulya.

Ketua Panitia ICN 2021 Valencia Ardela mengatakan tujuan acara ini sebenarnya untuk mengembalikan ingatan masyarakat akan cita rasa kuliner makanan khas Indonesia. Acara ini diramaikan tenant makanan dan minuman tradisional dari 34 provinsi di Indonesia.

Mengutip ANTARA, berikut lima kuliner Indonesia yang mungkin belum kamu ketahui di ICN:

Baca juga:

Lima Kuliner Khas Melayu Kalbar, Menu Wajib buat Para Food Traveller

1. Mie atep

5 Makanan Khas Indonesia yang Jarang Diketahui di ICE Food Exhibition 2021
Mie rebus asal Belitung. (Foto: Instagram/faren.faren)


Eits, atep bukan nama pemiliknya ya. Mie rebus asal Belitung ini masih menjadi salah satu kuliner yang jarang diketahui. Bentuk mie atep lebih kecil daripada mie pada umumnya dan kuahnya juga terlihat lebih keruh. Meski begitu, kuah mie atep memiliki rasa yang gurih dan lezat. Topping seperti udang, timun, potongan kentang rebus, emping melinjo, dan tauge semakin memperkaya cita rasa dari mie atep.

Cita rasa kuliner ini sangat khas dan hanya tersedia di kota Belitung. Oleh karena itu, kamu wajib mencoba mie atep kalau berkunjung ke kota Belitung.

2. Rujak soto

5 Makanan Khas Indonesia yang Jarang Diketahui di ICE Food Exhibition 2021
Rujak soto jadi kombinasi yang tepat. (Foto: Instagram/dapoermamaida_)


Kalau mendengar kata rujak dan soto, mungkin sudah biasa dan sering ditemui di pinggir jalan. Tapi bagaimana jadinya kalau rujak dan soto dijadikan satu? Isi dari rujak soto ini adalah lontong, sayur, bumbu kacang, dan ditambah dengan potongan daging serta jeroan. Kamu dapat menikmati perpaduan rasa rujak yang manis dan sedikit pedas dicampur dengan rasa soto nan gurih.

Tingkat kepedasan dari rujak soto juga dapat diatur sesuai selera penikmat. Rasa sedap dari rujak soto datang dari gurihnya kuah soto yang dipadu dengan bumbu rujak. Meski terkesan unik, rujak soto merupakan kuliner yang harus dicoba saat datang ke Banyuwangi.

3. Rabeg

Jadi makanan kesukaan Sultan Banten. (Foto Instagram miasidqi)
Jadi makanan kesukaan Sultan Banten. (Foto: Instagram/miasidqi)

Setelah dari Banyuwangi, kita pindah ke Banten yang juga menjadi makanan kesukaan Sultan Banten. Rabeg adalah makanan dengan bahan dasar daging dan jeroan kambing atau sapi, serta kaya akan rempah-rempah seperti biji pala, lada, kayu manis, jahe, dan lengkuas.

Bumbu-bumbu tersebut dipercaya dapat menetralisir kandungan lemak pada daging kambing atau sapi. Makanan ini memiliki aroma sedap yang kuat seperti makanan khas Timur Tengah dengan cita rasa gurih dan pedas.

Baca juga:

Dari Manis Menggoda hingga Ekstrem Menantang, 9 Kuliner Tanah Minahasa Wajib Dicicipi

4. Nasi tiwul

5 Makanan Khas Indonesia yang Jarang Diketahui di ICE Food Exhibition 2021
Nasi tiwul yang tentunya lezat. (Foto: Instagram/wiwikbeautycommunity)


Jika sekilas dilihat, nasi tiwul terlihat seperti nasi dengan lauk pauk dan sayur pada umumnya. Namun, bahan dasar dari hidangan khas Yogyakarta ini cukup unik. Nasi tiwul terbuat dari bahan dasar tepung singkong dan disajikan dengan taburan kelapa dan gula. Layaknya nasi putih, nasi tiwul juga paling sedang disantap menggunakan lauk dan sayuran.

Dalam penyajiannya, nasi tiwul biasanya dicampur dengan nasi putih agar tidak lengket. Selain itu kamu bisa menambahkan menu seperti gudeg, ikan, sambal bawang, krecek, dan lainnya. Untuk disantap sebagai jajanan pasar, nasi tiwul disajikan dengan siraman gula merah dan parutan kelapa.

5. Bubur tinutuan

5 Makanan Khas Indonesia yang Jarang Diketahui di ICN Food Exhibition 2021
Juga kaya akan nutrisi. (Foto: Instagram/dapurcigadung)


Orang Manado pasti sudah tidak asing lagi dengan bubur tinutuan. Bubur tinutuan adalah bubur yang dicampur dengan beberapa jenis sayur seperti ubi, labu kuning, bayam, kangkung, jagung muda, dan daun kemangi. Bubur tinutuan menjadi santapan yang tepat pada pagi hari dan saat cuaca dingin. Rasa hangat dari bubur dipadu dengan lezatnya bumbu khas Manado memang bikin kamu ‘terhipnotis’. (and)

Baca juga:

Kuliner Ekstrem Daging Buaya Berbagai Negara, Salah Satunya dari Indonesia

#Kuliner
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan