5 Makanan Ini Dapat Menjaga dan Mempertajam Pengelihatan Kamu Makanan Yang Dapat Menjaga dan Mempertajam Pengelihatan Kamu (Foto: Pexels/SkitterPhoto)

MATA merupakan bagian tubuh sekaligus indera yang sangat penting untuk melihat. Itulah sebabnya mengapa kamu harus menjaga kesehatan mata kamu. Tentunya usia, genetika, dan pengaruh barang elektronik yang kamu gunakan memengaruhi pengelihatan kamu. Tetapi kamu bisa menjaganya dengan makanan yang kamu pilih, berikut beberapa makanan yang dapat menjaga dan mempertajam pengelihatan kamu yang dilansir dari laman stylecraze.

1. Wortel

5 Makanan Ini Dapat Menjaga dan Mempertajam Pengelihatan Kamu
Wortel Merupakan Makanan Yang Kaya Akan Vitamin A (Foto: Pexels/Mali Maeder)

Wortel merupakan sayuran yang terlihat indah dan menyehatkan. Wortel kaya akan antioksidan dan vitamin A, para ilmuwan juga menemukan bahwa dengan mengonsumsi wortel dapat meningkatkan pengelihatan orang pada malam hari dan mencegah menurunnya pengelihatan.

Baca juga:

Menjaga Kesehatan Mata Itu Gampang Kok

Selain itu sayur berwarna oranye ini mencegah kerusakan oksidatif dan peradangan yang menjadi penyebab utama perihal pengelihatan.

2. Ikan

5 Makanan Ini Dapat Menjaga dan Mempertajam Pengelihatan Kamu
Salmon Memiliki Kandungan Omega-3 Yang Tinggi (Foto: Pexels/Valeria Boltneva)

Ikan merupakan hewan yang kaya akan omega-3, yang berfungsi untuk mengurangi peradangan dengan menyeimbangkan rasio asam lemak omega-3 dan 6.

Karena tingkat peradangan dalam tubuh kamu menurun, fungsi tubuh dan otak kamu meningkat dan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh kamu.

Daerah dekat retina mata kaya akan asam lemak omega-3, sehingga jika kamu mengonsumsi ikan seperti salmon dan tuna dapat meningkatkan kesehatan mata kamu.

3. Telur

5 Makanan Ini Dapat Menjaga dan Mempertajam Pengelihatan Kamu
Telur Mengurangi Kerusakan Mata Akibat Paparan Cahaya (Foto: Pexels/Monserrat Solis)

Telur memiliki kandungan asam amino esensial dan vitamin yang dapat larut dalam air dan lemak. Memang kuning telur memiliki tingkat kolesterol yang cukup tinggi tetapi kuning telur adalah sumber lutein dan zeaxanthin (zat yang mengurangi kerusakan oksidatif akibat paparan cahaya) yang banyak. Maka konsumsilah satu atau dua telur rebus bersamaan dengan makanan lainnya.

Baca juga:

Jurus Ampuh Menjaga Kesehatan Mata bagi Penggila Gadget

4. Kacang

5 Makanan Ini Dapat Menjaga dan Mempertajam Pengelihatan Kamu
Lemak Yang Sehat Pada Kacang Dapat Mengurangi Peradagan (Foto: Pexels/Pixabay)

Kacag merupakan sumber lemak sehat dan vitamin E, yang dapat membantu mengurangi peradangan. Terdapat penelitian yang mengkonfirmasi bahwa dengan mengonsumsi kacang-kacangan membantu mencegah katarak seiring bertambahnya usia. Dianjurkan untuk memakan beberapa kacang setiap harinya untuk meingkatkan perlindungan pada mata kamu.

5. Biji bunga matahari

5 Makanan Ini Dapat Menjaga dan Mempertajam Pengelihatan Kamu
Biji Bunga Matahari Membantu Mengurangi Sisa Metabolisme Pada Mata (Foto: Pexels/Joao Jesus)

Biji bunga matahari atau yang biasa kamu ketahui sebagai kuaci baik untuk kesehatan ata kamu. Hal ini disebabkan biji bunga matahari memiliki vitamin E, protein dan lemak sehat.

Baca juga:

Cukup 20 Menit untuk Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan tersebut membantu mengurangi peradangan dan sisa-sisa metabolisme pada mata. Jika kamu mencari camilan yang sehat mungkin ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu. (ape)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH