5 Makanan ini Ampuh Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Makanan dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan virus (Foto: Pexels/Miguel A)

MAKANAN tertentu dipercaya mampu membantu daya tahan tubuh jadi lebih kuat. Karenanya, banyak vitamin dan suplemen makanan menggunakan berbagai jenis makanan sebagai bahan baku dalam kandungannya. Meningkatkan daya tahan tubuh dirasa penting belakangan ini, mengingat virus Corona (COVID-19) yang tengah ramai dibicarakan bukan hanya sekedar isu belaka.

Baca juga:

Suplemen Bisa Mencegah Virus Corona, Yakin?

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita, termasuk mengonsumsi vitamin maupun suplemen makanan. Selain dua hal tersebut, kita juga bisa mendapatkan manfaat serupa dengan mengonsumsi makanan tertentu. Melansir laman healthline, lima makanan di bawah ini dipercaya dan terbukti ampuh meningkatkan daya tahan tubuhmu. Simak yuk!

1. Buah sitrus

5 Makanan ini Ampuh Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Berbagai jenis jeruk bisa membantu meningkatkan imun (Pexels/Trang Doan)

Banyak orang mencari vitamin C ketika merasa tidak enak badan. Vitamin C dipercaya ampuh untuk membantu membangun kembali sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi sel darah putih. Buah ini termasuk berbagai jenis jeruk, dan hampir semua buah jeruk kaya akan vitamin C.

2. Brokoli

5 Makanan ini Ampuh Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Brokoli bisa jadi salah satu pilihan menu makanmu (Pexels/Buenosia Carol)

Brokoli kaya kandungan vitamin A, C, dan E. Selain itu, banyak antioksidan serta serat yang menjadikan brokoli sayuran paling sehat yang bisa kamu siapkan di meja makanmu. Kunci untuk mempertahankan manfaat sayur ini adalah dengan memasaknya sebentar saja atau dimakan mentah-mentah.

Baca juga:

Benarkah Virus Corona Bisa Dilawan dengan Antibiotik? Ini Kata Dokter

3. Bawang putih

5 Makanan ini Ampuh Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Bawang putih bisa ditemukan dimana saja dan mudah (Pexels/Buenosia Carol)

Hampir semua masakan di dunia menggunakan bawang putih. Banyak yang merasa dengan menambahkan bawang putih bisa menambah semangat untuk makan karena aroma yang menggoda.

Menurut National Center for Complementary and Integrative Health (NCCIH), bawang putih ampuh membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Almond

5 Makanan ini Ampuh Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Kacang-kacangan kaya dengan Vitamin E (Pexels/Irina Iriser)

Vitamin E adalah kunci untuk daya tahan tubuh yang kuat. Adalah jenis vitamin yang larut dalam lemak, artinya membutuhkan lemak untuk diserap dengan benar. Kacang-kacangan seperti almond kaya akan vitamin dan juga lemak sehat yang bisa membantu tubuh untuk melindungi diri.

5. Biji bunga matahari

5 Makanan ini Ampuh Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Biji bunga matahari juga baik untuk kesehatan tubuh (Pexels/Joao Jesus)

Biji bunga matahari penuh nutrisi termasuk fosfor, magnesium, dan vitamin B-6. Tingginya vitamin E dan antioksiden yang kuat penting untuk mengatur dan memelihara daya tahan tubuh. Makanan lain dengan vitamin E yang tinggi adalah alpukat dan sayuran berdaun gelap.

Baca juga:

Vitamin Menaikan Daya Tahan Tubuh

Itu dia sedikit dari banyak makanan yang ampuh meningkatkan daya tahan tubuh, nutrisi dari makanan yang disebutkan di atas sering dijadikan bahan baku untuk vitamin atau suplemen. Namun, alih-alih membeli suplemen makanan yang harganya cenderung lebih mahal, kamu bisa mendapatkan manfaat yang sama dari makanan-makanan tersebut. (Lio)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH