5 Lukisan Legendaris Ini Paling Banyak Menarik Perhatian Dunia, Apa Istimewanya? Lukisan-lukisan yang paling sering dikunjungi di dunia. (Foto: Wanted in Milan)

BEGITU banyak lukisan yang dibuat oleh para seniman dan kini menarik perhatian penjuru dunia. Lukisan yang mereka buat pun tidak hanya sekedar gambar, tetapi juga memiliki cerita tersendiri dibaliknya. Agar tetap aman, lukisan-lukisan tersebut disimpan di dalam museum sekaligus menjadi daya tarik para pengunjung.

Mengunjungi museum-museum tersebut akan menambah pengetahuan tentang seni, budaya, dan sejarah pada zaman dahulu. Dirangkum dari beberapa sumber, berikut lima lukisan paling terkenal di dunia yang banyak menarik perhatian orang dari seluruh dunia.

Baca juga:

Art at EAST: Urban Remix, Instalasi Seni Berbahan Daur Ulang

1. Mona Lisa

5 Lukisan Legendaris yang Paling Banyak Menarik Perhatian Dunia
Mona Lisa menjadi lukisan permanen yang diletakkan di Museum Louvre. (Foto: BBC)

Siapa yang tidak kenal dengan lukisan yang satu ini? Mona Lisa merupakan salah satu lukisan terkenal di dunia. Lukisan yang dibuat oleh Leonardo da Vinci pada 1503 ini bisa kamu temui di Museum Louvre, Paris, Prancis.

Da Vinci menggambarkan Mona Lisa sebagai sosok gabungan dari pria dan wanita dengan tatapan dan senyuman yang misterius.

Mona Lisa pernah mendapatkan gelar sebagai lukisan yang paling sering dikunjungi, ditulis, dan dijadikan parodi di media sosial. Oleh karena itu, banyak oknum yang mencoba ingin mencuri lukisan berukuran 77 x 53 sentimeter ini.

2. The Last Supper

5 Lukisan Legendaris yang Paling Banyak Menarik Perhatian Dunia
Lukisan ini terletak di gereja Santa Maria Delle Grazie, Milan. (Foto: Inexhibit)

Karya Leonardo da Vinci yang tidak kalah fenomenal adalah The Last Supper atau Perjamuan Terakhir. Lukisan ini menggambarkan perjamuan terakhir antara Yesus dengan 12 murid-Nya sebelum Ia disalibkan. Lukisan ini berada di gereja Santa Maria Delle Grazie, Milan, Italia.

Tidak seperti kebanyakan pelukis yang menggambar di atas kanvas, da Vinci justru membuat lukisan ini di tembok. Selama bertahun-tahun, lukisan ini pernah mengalami kehancuran seperti dibom. Namun, pihak setempat telah memulihkan lukisan tersebut.

Baca juga:

Puma dan Atmos Buat Sneakers Ala Seni Bersejarah Jepang

3. American Gothic

5 Lukisan Legendaris yang Paling Banyak Menarik Perhatian Dunia
Lukisan karya Grant Wood. (Foto: Singulart)

Lukisan ini tampaknya asing didengar. American Gothic merupakan lukisan yang dibuat oleh Grant Wood sekaligus menjadi lukisan yang terkenal di abad 20.

Lukisan ini menggambarkan sosok pria berkacamata bulat dan wanita yang tinggal di suatu rumah khas pada zamannya. Jika kamu ingin melihat lukisan ini, kamu harus berkunjung ke Royal Academy of Arts, Inggris.

4. The Arnolfini Portrait

5 Lukisan Legendaris yang Paling Banyak Menarik Perhatian Dunia
Lukisan ini terdiri dari empat orang. (Foto: MyWoWo)

Lukisan The Arnolfini Portrait merupakan lukisan yang dibuat oleh Jan van Eyck pada 1434 sekaligus menjadi lukisan pertama yang dibuat dengan menggunakan bahan cat minyak. Lukisan ini terletak di Galeri Nasional di London.

Jika diamati, lukisan ini terdiri dari empat orang, Tuan dan Nyonya Arnolfini yang menyambut tamu di kediaman mereka. Dua tamu tersebut bisa kamu lihat di pantulan cermin yang ada di belakang mereka.

Untuk menyelesaikan dengan sempurna, sang pelukis harus menggunakan kaca pembesar agar lebih detail. Apakah kamu melihatnya?

5. Wheatfield with Crows

5 Lukisan Legendaris yang Paling Banyak Menarik Perhatian Dunia
Dibuat sebelum Vincent van Gogh bunuh diri. (Foto: The Art Wolf)

Salah satu lukisan Eropa yang terkenal lainnya adalah Wheatfield with Crows karya Vincent van Gogh. Lukisan ini berada di salah satu museum yang menggunakan namanay sendiri yang terletak di Amsterda, Belanda. Ia membuat kebun gandum dengan burung-burung gagak sebelum ia tewas bunuh diri. (And)

Baca juga:

Iiih, Keju dari Bakteri Ketiak Jadi Karya Seni


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya