5 Lirik Lagu Hit ini Salah Kaprah, Kamu Tahu? Ilustrasi. (Foto: Ranjat KM/Pixabay)

LAGU merupakan racikan musik dan lirik. Tak hanya irama yang enak didengar, lagu yang hit juga punya lirik yang asyik. Entah membuat semangat, bisa nakal, mungkin juga lirik yang begitu menyentuh dan dekat dengan kehidupan pendengar.

Layaknya sebuah novel, lagu pun bercerita lewat liriknya. Tidak mengherankan jika sejumlah musisi mengaku mengambil inspirasi lirik lagu mereka dari puisi ataupun novel. Pantas saja ya, beberapa lagu hit Indonesia punya lirik yang indah.

Namun siapa sangka, di balik lagu-lagu hit itu ada lirik-lirik yang ditulis salah kaprah. Akibatnya, makna yang lirik yang ditulis jadi berbeda dari yang ingin disampaikan. Sayangnya, enggak banyak pendengar yang tahu bahwa lirik tersebut salah kaprah.

Berikut 5 lagu hit yang liriknya ternyata salah kaprah.

1. Cinta Ini Membunuhku

Lagu ini sukses banget sampai-sampai membuat d'Masiv populer. Dengan genre pop bercampur alternative rock, lagu ini seperti jadi curahan hati mereka yang baru patah hati.

Namun, tahukah kamu, ada sebuah kata dalam lirik lagu ini yang bikin makna lagu jadi lucu bin aneh.

'Kau membuat ku berantakan
Kau membuat ku tak karuan.
Kau membuat ku tak berdaya
Kau menolak ku, acuhkan diriku'.

Pengucapan dan penulisan kata 'karuan' tidak tepat. Pasalnya, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata yang benar ialah 'keruan' yang bermakna 'tentu, pasti'.

Kesalahan lain yang membuat makna lagu ini jadi 'ajaib' ialah kata 'acuhkan'. Jika melihat konteks lirik sebelumnya, penulis lirik bermaksud menggambarkan betapa ia tak diperhatikan, atau dalam istilah dia: diacuhkan. Penggunaan kata 'acuh' dalam lirik itu jadi tidak tepat, karena 'acuh' dalam KBBI bermakna 'peduli'.

Jadi kalau dimasukkan ke konteks lirik tersebut, kata 'acuh' tidaklah tepat. Pasalnya, maknanya jadi bertentangan dengan lirik sebelumnya. Ia ditolak, tapi dipedulikan. Ajaib kan?

Kata yang tepat ialah 'tak memedulikan' atau 'tak acuhkan'.

2. Kucinta Kau Apa Adanya

Siapa yang enggak kenal Once Mekel? Mantan vokalis Dewa 19 ini sukses bersolo karier. Salah satu lagu hitnya ialah Kucinta Kau Apa Adanya. Lagu yang dirilis pada 2012 ini bahkan masih enak didengar hingga sekarang.

Mungkin karena liriknya yang romantis ya. Namun, di balik lirik yang bikin tersanjung, ada salah kaprah yang enggak disadari.

'Kau boleh acuhkan diriku
dan anggap ku tak ada. Tapi takkan merubah perasaanku
kepadamu'.

Sama seperti lirik Cinta ini Membunuhku, kata 'acuh' disalahartikan di lagu ini. Ada lagi lirik yang enggak masuk akal banget, yakni kata 'merubah'. Jika dilihat kata dasarnya, 'merubah' berasal dari kata 'rubah'. Jadi kata 'merubah' artinya 'menjadi menyerupai rubah'.

Mungkin, yang dimaksud penulis lirik bukan 'menjadi kayak rubah', melainkan 'mengubah' yang berkata dasar 'ubah'. Makna 'mengubah' ialah 'menjadikan lain dari semula'

Nah, beda banget kan?

3. Sekedar Bertanya

Versi asli lagu ini dibawakan Dina Mariana, tapi belakangan ada beberapa musisi yang menyanyikan lagu ini. Namun, biarpun udah berkali-kali dinyanyikan ulang, judul lagu yang salah tak kunjung diperbaiki.

Kata 'sekedar' seharusnya ditulis 'sekadar' seperti yang terdapat di KBBI.

4. Bernafas Tanpamu

'Kini ku harus bernafas tanpamu
Yang meninggikan diriku yang selalu
Lemah tanpa dirimu
Yang ke lembutan hatinya harus tersakiti
Oleh kekalahanku melawan egoku'

Ayo, mana yang benar coba, 'bernafas' atau 'bernapas'? Pasti banyak yang bilang 'bernafas'. Jawaban kamu salah. Yang benar 'bernapas' lo.

Nah, kata itulah yang salah di judul dan sepanjang lirik lagu Bernafas Tanpamu milik Last Child. KBBI mencantumkan lema 'napas' yang berarti 'udara yang diisap melalui hidung atau mulut dan dikeluarkan kembali dari paru-paru'.

5. Akal Sehat

'Akal sehat ku berhenti

Kala menatap indah matamu
Hingga melumpuhkan jiwa
Kau mencuri perhatian dan sayangku
Takkan lagi ku pungkiri semua'.

Tema putus cinta selalu laku dijual. Itulah yang bikin lagu Akal Sehat dari Ada Band ini jadi hit. Kisahnya seputar laki-laki yang ditinggalkan pacar tanpa kabar berita.

Namun, ada lo liriknya yang salah. Kata 'pungkiri' seharusnya ditulis 'mungkiri'. Lema dasar yang dicantumkan di KBBI ialah 'mungkir' yang berarti 'tidak mengaku(i); tidak mengiakan'.

(Zai)

Kredit : zaimul

Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH