5 Lanskap Keren, Seolah Bukan di Bumi Terasa seperti telah dipindahkan ke planet lain. (Foto: Unsplash/Samuel Scrimshaw)

SEPERTI layaknya melangkah masuk ke dalam tempat set pembuatan film sains fiksi, beberapa spot terkenal bernuansa luar angkasa ini jelas nyata berada di Bumi.

Berada di spot-spot ini, kamu akan merasa seperti telah dipindahkan ke dunia yang sama sekali baru dengan pemandangan yang menakjubkan, bahkan sedikit menyeramkan ini.

Baca Juga:

Mengintip Tempat Tinggal Keluarga Kerajaan Inggris

Salar de Uyuni, Bolivia

lanskap
Membentang lebih dari 10ribu kilometer persegi. (Foto: Unsplash/Jan Kronies)

Berada diketinggian 3650 m di atas permukaan laut di Andes, terpencil di barat daya Bolivia, Salar adalah dataran garam terbesar di dunia. Merupakan gurun yang sangat putih dan rata, membentang lebih dari 10 ribu kilometer persegi. Di beberapa tempat, ketebalan garam lebih dari 120 m, kemudian jenuh dengan air. Tempat ini menyajikan permukaan yang tebal berpola poligon aneh dari kristal garam yang menambah kesan tidak wajar. Saat kering, garam bersinar dengan cemerlangnya, membuat kamu tersadar bahwa yang kamu injak bukanlah es atau salju. Setelah hujan lebat, Salar berubah menjadi cermin yang sangat besar.

Chocolate Hills, Filipina

lanskap
Terlihat dan terasa seperti sesuatu dari dunia prasejarah. (Foto: Unsplash/Zed Benson)

Bukit Cokelat dikenal di seluruh Filipina. Dinamakan demikian karena selama musim kemarau, semak belukar berubah warna menjadi cokelat. Dengan sedikit imajinasi, pemandangannya benar-benar menyerupai barisan tetesan coklat yang tak berujung. Bukit itu terlihat dan terasa seperti sesuatu dari dunia prasejarah. Beberapa ahli geologi meyakini bahwa gundukan unik sepanjang empat puluh meter ini terbentuk dari endapan karang dan batu kapur yang diukir oleh erosi berabad-abad. Cerita rakyat yang ada berkisah tentang raksasa yang patah hati dan itu merupakan air mata raksasanya.

Tsingy de Bemaraha, Madagaskar

lanskap
Sunyi dan hening di kawasan ini. (Foto: Highbrow)

Formasi batuan kapur yang bergerigi, tajam seperti pisau roti, membelah lanskap Madagaskar barat. Menciptakan gua-gua dan puncak-puncak baroque. Kering dan tampaknya tidak ramah, mereka adalah rumah bagi satwa liar yang luar biasa. Bahkan boabab lemak berhasil mencengkeram lingkungan asing ini. Tapi keindahan luar biasa juga ditemukan secara detil berupa semut merah kecil dan anggrek kecil berhiaskan permata pada batu berwarna tulang bergerigi.

Baca Juga:

Melancong ke Amsterdam, Tujuh Tempat Paling Instagramable Ini Harus Disinggahi

Atacama, Chili

lanskap
Menjadi tempat uji coba NASA. (Foto: Unsplash/Jorge Fernández Salas)

Terselimuti dalam keheningan adalah pengalaman melintasi Atacama di Chili. Sejauh mata memandang dibuai dengan panorama yang menakjubkan berlatarbelakang bidang-bidang gersang yang datar diselingi oleh batu-batu tua bergerigi. Memberi jalan bagi bukit-bukit pasir berjambul merah dan lembah-lembah yang dilapisi lapisan kulit jeruk dan putih tipis. Mudah untuk melihat mengapa NASA memilih lokasi ini untuk menguji coba kendaraan pada ekspedisi ke Mars. Ketika fajar menyingsing, terlihat warna-warna menyala di daerah ini.

Gunung Kenya, Kenya

lanskap
Banyak tumbuhan aneh di daerah ini. (Foto: link.springer)

Pemandangan di sini memang menakjubkan. Seseorang pasti hampir percaya kalau dia sedang tidak berada di Bumi. Ketika pertama kali melihatnya, kamu akan sulit untuk percaya 'kubis penampung air' atau 'tanaman bulu burung unta'. Ini adalah tanah semak dan gulma raksasa, lobelia raksasa yang hanya ditemukan di Gunung Kenya. Mungkin merupakan satu-satunya tanaman di dunia. (lgi)

Baca Juga:

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH