Lima Lagu Negeri Aing Paling Viral, Bermula TikTok Berujung Time Square New York Enggak kalah saing dengan lagu luar negeri. (Foto: TIK TOK Online)

FOTO grup musik Weird Genius sempat dipajang di Times Square, New York. Grup musik usungan Reza Oktovian, Eka Gustiwana, dan Gerald Liu tersebut lewat lagu Lathi berhasil mendunia sehingga mampu terpampang di reklame besar nan pernah memajang selebriti dunia sekelas Beyonce, Britney Spears, sampai Justin Bieber.

Siapa sangka Weird Genius meraih kepopuleran justru dari paltform di sekira tiga tahun lalu sempat diremehkan. TikTok pernah dicap alay karena kontennya berisi orang slefie atau joget di depan kamera, apalagi ketika muncul fenomena Bowo Alpenliebe (Prabowo Mondardo).

Zhang Yimming, Engineer lulusan Universitas Nankai, membuat aplikasi TikTok pada 2012 dengan misi merekam dan menyajikan kretivitas untuk mendorong setiap orang bisa mengekspresikan ide kratif lewat video berdurasi 15 detik.

Aplikasi di negeri asalnya bernama Douyin tersebut, meski sempat dicaci maki di masa Bowo Alpenliebe, kini digemari konten kreator Negeri Aing. Tak heran bila berbagai macam konten tersedia. Bukan semata konten, bahkan lagu latar pun dibuat agar mudah diaplikasikan di Tiktok.

Lagu-lagu Negeri Aing lantas populer di TikTok bahkan sampai digunakan deretan selebriti ternama baik dalam maupun luar negeri. Simak lima lagu Made In Negeri Aing viral di TikTok sampai terpajang di Time Square, New York;

Baca juga:

Rebranding Minuman Kesehatan Anggur Merah Cap Orang Tua Diminati Orang Muda

1. Weird Genius – Lathi

Weird Genius yang digawangi oleh Reza Arap, Eka Gustiwana, dan Gerald Liu ini berhasil mencatat prestasi besar berkati lagu Lathi bersama Sara Fjira. Waktu awal-awal pandemi, pasti kamu sering mendengar backsound lagu #LathiChallenge yang muncul di FYP. Kepopuleran Lathi di TikTok awalnya dimulai oleh seorang beauty vlogger asal Indonesia bernama Jharna Bhagwani yang membuat konten make-up. Bahkan videonya sampai diunggah kembali oleh Reza Arap di laman Instagramnya.

Mulai dari sinilah banyak yang menggunakan lagu Lathi sebagai latar belakang make-up dan menggunakan transisi dari terang menjadi gelap. Pada Juli 2020 lalu, Weird Genius terpampang di baliho Times Square, New York, AS. Mereka juga berhasil memecahkan rekor spotify sebagai lagu lokal dalam tanggal lagu Indonesia Top 50 sebagai lagu terlama.

2. Potret – Bagaikan Langit

‘Bagaikan langit, di sore hari, berwarna biru, sebiru hatiku’, adalah sepenggal lirik lagu Bagaikan Langit yang juga populer di TikTok. Pada dasarnya, tembang Bagaikan Langit dijadikan latar musik dengan memperlihatkan raut muka yang imut dan menggemaskan.

Lagu besutan Melly Goeslaw ini bahkan sampai digunakan oleh aktor Terry Crews dan juri America’s Got Talent, Howie Mandel. Keduanya terlihat menikmati lagu Bagaikan Langit sambil menghitung mundur jari mereka. Tak hanya Terry Crews dan Howie Mandel, NBA dalam akun resminya di TikTok, juga memperlihatkan Ja Morant menikmati lagu Bagaikan Langit. Melly pun mengucapkan terima kasih karena lagunya itu sudah dipakai lebih dari 13 juta kali.

Baca juga:

Maternal Disaster Trendsetter Apparel Penggemar Musik Cadas Tanah Air

3. To the Bone

‘When Pamungkas said, kalau makan mungkin enggak bisa sampai ke tulangnya. Tapi kalau sama kamu, aku mau sampai ke tulang-tulangnya.’ Kira-kira begitu intro yang dibuat salah satu content creator di TikTok saat menggunakan lagu Pamungkas, To the Bone. Lagu yang digunakan hampir satu juta di TikTok ini juga menjadi perhatian salah satu YouTuber sekaligus penyanyi asal Belanda, Emma Heesters.

Ia menyanyikan kembali To the Bone versinya sendiri dan ditonton 2,5 juta kali. Warganet pun mengapresiasinya karena To the Bone bisa mendunia. Lagu To the Bone sebenarnya dirilis pada Maret 2020 lalu, namun baru mencapai kepopulerannya pada awal 2021.

4. Rian Saputra – Kasih Slow

‘Jangan terlalu laju mace we pace we, tahan-tahan tenaga kita goyang sante’. User lama TikTok pasti sudah enggak asing lagi dengan lagu Timur yang dinyanyikan oleh Rian Saputra ini. Kasih Slow dinyanyikan kembali oleh grup bernama Nonna 3in1 ft. Rap X dan sudah digunakan lebih dari 3,5 juta kali, salah satunya oleh aktor asal Filipina Teejay Marquez.

Terlihat dalam video tersebut ia mengenakan kemeja batik panjang dan begitu menikmati ketukan lagu Kasih Slow. Terus kalau kamu cari lagu Kasih Slow di TikTok, banyak para kreator yang memberikan tutorial bagaimana cara joget Kasih Slow. Tidak bisa dimungkiri, lagu Kasih Slow memang bikin mood kita happy!

Sebenarnya masih ada beberapa lagu buatan Negeri Aing yang viral di TikTok dan digunakan oleh masyarakat dunia, seperti DJ asal Pekanbaru Rizky Ayuba dengan lagunya You Know I Go Get, Tian Stor x Ever Slkr dengan Bang Jago, dan masih banyak lagi. Terbukti, lagu-lagu tersebut enggak kalah saing dengan musisi ternama lainnya yang bisa dinikmati para pengguna TikTok. (and)

Baca juga:

Pasang Surut Sepatu Cibaduyut, Dari Cicit Sampai Buyut

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Jangan Salah, Main Game Bisa Tingkatkan Produktivitas Kerja
Hiburan & Gaya Hidup
Jangan Salah, Main Game Bisa Tingkatkan Produktivitas Kerja

Bermain game terlalu sering juga tidak baik.

Serat Bebas Emisi Karbon Jadi Primadona Fashion Ramah Lingkungan
Fashion
Identik dengan Ramadan, Blewah Punya Banyak Manfaat
Hiburan & Gaya Hidup
Identik dengan Ramadan, Blewah Punya Banyak Manfaat

Baik untuk menjaga kekebalan tubuh.

Inspirasi Fashion ala Yoon Hye-jin di ‘Hometown Cha-Cha-Cha’
Fashion
Inspirasi Fashion ala Yoon Hye-jin di ‘Hometown Cha-Cha-Cha’

Berikut beberapa setelan dari Yoon Hye Jin yang dapat kamu jadikan inspirasi berpakaianmu.

Ketika Idola K-Pop Menepati Janji kepada Penggemar
ShowBiz
Ketika Idola K-Pop Menepati Janji kepada Penggemar

Layaknya sahabat, mereka juga pernah membuat janji.

Raih Medali Emas, Atlet Filipina ini Makan Gratis Seumur Hidup
Fun
Raih Medali Emas, Atlet Filipina ini Makan Gratis Seumur Hidup

Hadilyn Diaz bermandikan hadiah di tanah airnya.

‘Let The Bad Times Roll’ Jadi Judul Album Terbaru The Offspring
ShowBiz
‘Let The Bad Times Roll’ Jadi Judul Album Terbaru The Offspring

Album terbarunya bertajuk Let The Bad Times Roll diawali single dengan judul yang sama pada 24 Februari 2021.

Ngeri, Ada Lebih dari 3000 Pembunuh Berantai di AS
Hiburan & Gaya Hidup
Ngeri, Ada Lebih dari 3000 Pembunuh Berantai di AS

Tercatat hampir 68 persen pembunuh berantai terkenal dunia berasal dari AS.

Nadar, Gin Ramah Lingkungan Alam Berbahan Kacang Polong
Kuliner
Festival Belanja Cantik Dukung Perempuan Bebas Berekspresi
Hiburan & Gaya Hidup
Festival Belanja Cantik Dukung Perempuan Bebas Berekspresi

Festival Belanja Cantik digelar pada 17-20 Oktober 2021.