Lima Lagu Negeri Aing Paling Viral, Bermula TikTok Berujung Time Square New York Enggak kalah saing dengan lagu luar negeri. (Foto: TIK TOK Online)

FOTO grup musik Weird Genius sempat dipajang di Times Square, New York. Grup musik usungan Reza Oktovian, Eka Gustiwana, dan Gerald Liu tersebut lewat lagu Lathi berhasil mendunia sehingga mampu terpampang di reklame besar nan pernah memajang selebriti dunia sekelas Beyonce, Britney Spears, sampai Justin Bieber.

Siapa sangka Weird Genius meraih kepopuleran justru dari paltform di sekira tiga tahun lalu sempat diremehkan. TikTok pernah dicap alay karena kontennya berisi orang slefie atau joget di depan kamera, apalagi ketika muncul fenomena Bowo Alpenliebe (Prabowo Mondardo).

Zhang Yimming, Engineer lulusan Universitas Nankai, membuat aplikasi TikTok pada 2012 dengan misi merekam dan menyajikan kretivitas untuk mendorong setiap orang bisa mengekspresikan ide kratif lewat video berdurasi 15 detik.

Aplikasi di negeri asalnya bernama Douyin tersebut, meski sempat dicaci maki di masa Bowo Alpenliebe, kini digemari konten kreator Negeri Aing. Tak heran bila berbagai macam konten tersedia. Bukan semata konten, bahkan lagu latar pun dibuat agar mudah diaplikasikan di Tiktok.

Lagu-lagu Negeri Aing lantas populer di TikTok bahkan sampai digunakan deretan selebriti ternama baik dalam maupun luar negeri. Simak lima lagu Made In Negeri Aing viral di TikTok sampai terpajang di Time Square, New York;

Baca juga:

Rebranding Minuman Kesehatan Anggur Merah Cap Orang Tua Diminati Orang Muda

1. Weird Genius – Lathi

Weird Genius yang digawangi oleh Reza Arap, Eka Gustiwana, dan Gerald Liu ini berhasil mencatat prestasi besar berkati lagu Lathi bersama Sara Fjira. Waktu awal-awal pandemi, pasti kamu sering mendengar backsound lagu #LathiChallenge yang muncul di FYP. Kepopuleran Lathi di TikTok awalnya dimulai oleh seorang beauty vlogger asal Indonesia bernama Jharna Bhagwani yang membuat konten make-up. Bahkan videonya sampai diunggah kembali oleh Reza Arap di laman Instagramnya.

Mulai dari sinilah banyak yang menggunakan lagu Lathi sebagai latar belakang make-up dan menggunakan transisi dari terang menjadi gelap. Pada Juli 2020 lalu, Weird Genius terpampang di baliho Times Square, New York, AS. Mereka juga berhasil memecahkan rekor spotify sebagai lagu lokal dalam tanggal lagu Indonesia Top 50 sebagai lagu terlama.

2. Potret – Bagaikan Langit

‘Bagaikan langit, di sore hari, berwarna biru, sebiru hatiku’, adalah sepenggal lirik lagu Bagaikan Langit yang juga populer di TikTok. Pada dasarnya, tembang Bagaikan Langit dijadikan latar musik dengan memperlihatkan raut muka yang imut dan menggemaskan.

Lagu besutan Melly Goeslaw ini bahkan sampai digunakan oleh aktor Terry Crews dan juri America’s Got Talent, Howie Mandel. Keduanya terlihat menikmati lagu Bagaikan Langit sambil menghitung mundur jari mereka. Tak hanya Terry Crews dan Howie Mandel, NBA dalam akun resminya di TikTok, juga memperlihatkan Ja Morant menikmati lagu Bagaikan Langit. Melly pun mengucapkan terima kasih karena lagunya itu sudah dipakai lebih dari 13 juta kali.

Baca juga:

Maternal Disaster Trendsetter Apparel Penggemar Musik Cadas Tanah Air

3. To the Bone

‘When Pamungkas said, kalau makan mungkin enggak bisa sampai ke tulangnya. Tapi kalau sama kamu, aku mau sampai ke tulang-tulangnya.’ Kira-kira begitu intro yang dibuat salah satu content creator di TikTok saat menggunakan lagu Pamungkas, To the Bone. Lagu yang digunakan hampir satu juta di TikTok ini juga menjadi perhatian salah satu YouTuber sekaligus penyanyi asal Belanda, Emma Heesters.

Ia menyanyikan kembali To the Bone versinya sendiri dan ditonton 2,5 juta kali. Warganet pun mengapresiasinya karena To the Bone bisa mendunia. Lagu To the Bone sebenarnya dirilis pada Maret 2020 lalu, namun baru mencapai kepopulerannya pada awal 2021.

4. Rian Saputra – Kasih Slow

‘Jangan terlalu laju mace we pace we, tahan-tahan tenaga kita goyang sante’. User lama TikTok pasti sudah enggak asing lagi dengan lagu Timur yang dinyanyikan oleh Rian Saputra ini. Kasih Slow dinyanyikan kembali oleh grup bernama Nonna 3in1 ft. Rap X dan sudah digunakan lebih dari 3,5 juta kali, salah satunya oleh aktor asal Filipina Teejay Marquez.

Terlihat dalam video tersebut ia mengenakan kemeja batik panjang dan begitu menikmati ketukan lagu Kasih Slow. Terus kalau kamu cari lagu Kasih Slow di TikTok, banyak para kreator yang memberikan tutorial bagaimana cara joget Kasih Slow. Tidak bisa dimungkiri, lagu Kasih Slow memang bikin mood kita happy!

Sebenarnya masih ada beberapa lagu buatan Negeri Aing yang viral di TikTok dan digunakan oleh masyarakat dunia, seperti DJ asal Pekanbaru Rizky Ayuba dengan lagunya You Know I Go Get, Tian Stor x Ever Slkr dengan Bang Jago, dan masih banyak lagi. Terbukti, lagu-lagu tersebut enggak kalah saing dengan musisi ternama lainnya yang bisa dinikmati para pengguna TikTok. (and)

Baca juga:

Pasang Surut Sepatu Cibaduyut, Dari Cicit Sampai Buyut

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
10 Film Adaptasi Terlaris dari Novel Horor Karya Stephen King
ShowBiz
10 Film Adaptasi Terlaris dari Novel Horor Karya Stephen King

Dijuluki 'The King of Horror', adaptasi film dari novel karya Stephen King banyak yang menuai kesuksesan.

Biar THR Enggak Cuma Lewat, Coba Tips ini
Fun
Biar THR Enggak Cuma Lewat, Coba Tips ini

Uang THR dikondisikan dan jangan kalap.

Menato Garis Telapak Tangan Untuk Mengubah Peruntungan
Fun
Menato Garis Telapak Tangan Untuk Mengubah Peruntungan

Menato garis telapak tangan tengah viral di internet, fungsinya bisa dibilang 'tak masuk akal'

Video 'Lovesick Girls' Tuai Kontroversi, YG Entertainment Langsung Rilis Pernyataan
ShowBiz
Efek CO2, Pohon Cepat Tumbuh dan Mati Muda
Fun
Efek CO2, Pohon Cepat Tumbuh dan Mati Muda

Pertumbuhan yang lebih cepat juga terkait dengan pohon yang berumur lebih muda untuk sekarat.

Elon Musk Diancam Hacker Anonymous, Ada Apa?
ShowBiz
Elon Musk Diancam Hacker Anonymous, Ada Apa?

Elon Musk mendapat ancaman dari kelompok hacker anonymous

Mulai Rp 15 Ribu, Milenial Bisa Berinvestasi Reksa Dana
Fun
Mulai Rp 15 Ribu, Milenial Bisa Berinvestasi Reksa Dana

Produk baru reksa dana dari UOBAM yaitu UDARU dan UDARI

Asyik Nonton Netflix dan Tetap Fit, ini Kuncinya
Hiburan & Gaya Hidup
Asyik Nonton Netflix dan Tetap Fit, ini Kuncinya

Duduk berjam-jam terbukti tidak baik bagi kesehatan.

Ada Bahasa Arab dalam Lagu Terbaru Drake. Apa Artinya?  
ShowBiz
Idola Korea yang Sukses dengan Warna Kulit Sedikit Gelap
ShowBiz
Idola Korea yang Sukses dengan Warna Kulit Sedikit Gelap

Selebriti dengan kulit cokelat alami ini membuktikan bahwa tidak harus pucat untuk menjadi cantik atau sukses.