5 Laga Perebutan Peringkat Ketiga Terbaik di Piala Dunia Belgia v Inggris di penyisihan Grup G Piala Dunia 2018. Foto: Official FIFA

MerahPutih.com - Belgia dan Inggris akan berduel di laga perebutan posisi ketiga Piala Dunia 2018, Sabtu (14/7) malam WIB. Partai antara dua tim yang diselimuti kekecewaan bisa berjalan menarik atau sebaliknya.

Kedua kubu sudah bertemu di fase grup. Pada laga yang dimenangkan Belgia itu berjalan seru meski menampilkan skuat lapis kedua. Inggris dan Belgia, yang sudah memastikan lolos, memutuskan mengistirahatkan para pemain kunci. Boleh saja hal ini akan kembali terulang.

Belgia v Inggris di penyisihan Grup G. Foto: Official FIFA

Bahkan muncul kekhawatiran laga di St Petersburg nanti akan berjalan lebih buruk. Sepanjang sejarah Piala Dunia, partai perebutan medali perunggu merupakan laga aneh di mana tak ada tim yang mau terlibat.

Namun, keanehan itu justru kadang membuat pertarungan menjadi menarik. Berikut lima laga perebutan peringkat ketiga terbaik sepanjang sejarah Piala Dunia, dua di antaranya tercipta rekor yang hingga kini belum terpecahkan.

1. 1938: Swedia 2-4 Brasil

Leonidas kembali bermain setelah absen pada semifinal ketika Brasil kalah dari Italia. Leonidas menyumbang dua gol pada laga ini sekaligus memastikan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak.

2. 1958: Prancis 6-3 Jerman

Hingga saat ini, laga Prancis kontra Jerman masih disebut sebagai duel perebutan peringkat ketiga terbaik. Sebutan ini tidak lepas dari penampilan luar biasa dari Just Fontaine, yang mencetak empat gol. Tambahan empat gol yang menambah koleksinya menjadi 13 selama turnamen. Jumlah yang masih menjadi rekor hingga detik ini.

3. 1986: Belgia 2-4 Prancis

Ini merupakan kali kedua beruntun Prancis tampil di perebutan ketiga Piala Dunia. Empat tahun sebelumnya mereka kalah di tangan Polandia. Menghadapi Belgia di Puebla, Meksiko, Les Bleus menang lewat gol Bernard Genghini dan Manuel Amoros di babak perpanjangan waktu. Laga ini merupakan satu-satunya duel perebutan ketiga yang harus melewati babak perpanjangan waktu.

4. 2002: Korea Selatan 2-3 Turki

Laga ini cukup menarik karena bisa saja berlangsung di laga puncak. Bisa dibayangkan jika itu terjadi. Laga yang digelar di Daegu ini berjalan menarik. Saat laga berjalan 13 menit sudah tiga gol lahir. Salah satunya tercipta saat duel baru berjalan 10,8 detik lewat Hakan Sukur yang menjadi gol tercepat sepanjang sejarah Piala Dunia.

5. 2014: Brasil 0-3 Belanda

Duel ini lebih panas dikatakan sebagai tontonan ketimbang pertandingan. Brasil masih diselimuti kekecewaan berat usai dihancurkan Jerman 1-7 di semifinal. Menghadapi tim yang masih mabuk kesedihan, Belanda tidak begitu kesulitan memetik kemenangan. (*/Bolaskor)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH