Image
Author by : Kuliner khas Solo, Jawa Tengah ketoprak. (Foto: MerahPutih/Win)

Nama ketoprak atau kethoprak bagi sebagian orang mungkin hanya nama untuk salah satu kesenian dari Jawa Tengah, khususnya Kota Solo. Namun jangan salah, ketoprak di Kota Solo ternyata juga nama sebuah sajian kuliner yang juga berasal dari Solo.

Entah bagaimana asal muasal nama itu ada, namun sajian ketoprak cukup mengoda selera makan. Ketoprak disajikan dalam satu buah mangkuk, di mana ada potongan tahu, tempe, bakmi kuning, kecambah, kacang goreng dan masih banyak lagi. Rasa kuah yang gurih dan asin semakin menggugah selera Anda untuk menikmatinya.

Namun tak jarang, ada pula ketoprak disajikan dengan potongan koyor sapi yang semakin melengkapi keanekaragaman makanan itu. Makanan ini sangat cocok disajikan saat cucaca dingin atau hujan turun. Saat hujan turun, ketoprak itu diberi potongan cabai yang semakin bikin Anda ngiler.

Selain itu, ketoprak juga nyaman dinikmati waktu siang hari. Namun, merahputih.commenyarankan, jika Anda sedang menikmatinya, jangan sekali-sekali menggunakan nasi, karena Anda dijamin kekenyangan.

Image
Author by : Tengkleng Klewer. (Foto: Instagram/lesiana_ayu)

Jika Anda berkunjung ke Kota Solo, Anda wajib mencicipi kenikmatan kuliner Solo yang tidak kalah terkenal dengan kuliner di kota lainnya. Salah satu kuliner khas Solo yang melegenda adalah tengkleng klewer. Tengkleng merupakan masakan jeroan kambing dengan kuah santan kuning yang menggugah selera.

Tengkleng sendiri merupakan masakan Indonesia yang berasal dari makanan rakyat kecil yang konon tidak mampu membeli daging kambing dan hanya bisa membeli jeroan kambing. Namun kini tengkleng klewer diminati banyak kalangan.

Salah stau yang paling tersohor di Solo adalah tengkleng Bu Ediyem di Pasar Klewer Solo. Lokasinya di samping Gapura Pasar Klewer. 

Image
Author by : Sate Bunte. (Foto: dentist.chef)

Jika bosan dengan sajian sate yang itu-itu saja, Anda wajib mencoba sate buntel khas Solo. Sate buntel khas Solo ini merupakan salah satu masakan Indonesia yang sangat digemari oleh berbagai kalangan.

Sate buntel memang beda dari sate biasanya, hal ini terlihat dari bentuk satenya sendiri. Karena sate buntel khas Solo ini menggunakan daging kambing yang dicincang lalu dipadatkan, dibumbui dan dibakar.

Mengenai cita rasanya sudah tidak diragukan lagi, tentunya sangat nikmat dengan perpaduan rasa gurih, manis dan pedas yang nendang banget di mulut.

Sate buntel yang terkenal di Solo adalah Sate Haji Bejo di Jalan Sebakung 10, Lojiwetan, tepatnya di belakang swalayan Luwes Sangkrah, di seberang GKI Sangkrah.

Soal rasi pastinya juara, rasanya gurih dan harganya masih bisa disesuaikan dengan kondisi kantong.

Image
Author by : Lenjongan sajian khas Solo. (Foto: MerahPutih/Win)

Bagi masyarakat Kota Solo, nama lenjongan sudah tidak asing lagi di telinga. Pasalnya, lenjongan merupakan salah satu kuliner tradisional khas Kota Solo. Saat ini penjual lenjongan sudah tak gampang ditemui. Tak heran lenjongan merupakan salah satu sajian kuliner yang selalu menjadi buruan.
 
Lenjongan sendiri terdiri dari berbagai jenis komposisi makanan, seperti ketan ireng (ketan hitam), klepon, getuk, tiwul, ketan putih, cenil dan masih banyak lagi. Biasanya, makanan ini dihidangkan dengan sebuah pincuk yang terbuat dari daun pisang.
 
Umumnya, lenjongan memiliki dua varian rasa. Anda bisa memilih taburan rasa yang di sajikan di atas lenjongan. Bagi Anda yang tidak suka manis, lenjongan bisa diberi taburan parutan kelapa muda atau yang sering dikenal dengan kambil. Sebaliknya, jika Anda penikmat rasa manis bisa diberi juruh atau gula jawa kental manis.
 
Nah, bagi Anda yang penasaran ingin mencicipi kuliner khas ini, silakan mampir ke Kota Solo. Anda bisa menikmati makanan tradisonal tersebut di Pasar Gede. Mengenai harga, Anda tak perlu khawatir, dijamin kuliner ini tak bikin kantong bolong.  

Image
Author by : Kupat Tahu (Foto: Instagram @andinwulandari)

Buat Anda yang lagi ada di Solo dan lagi laper belum sarapan atau makan siang, yuk mampir ke Kedai Tahu Kupat Sholihin. Berdasarkan referensi dari beberapa teman tahu kupat di sini yang paling enak se-Sota Solo, loh.

Tahu kupat Sholihin lokasinya ada di Jalan Jalan Gajah Mada. Lokasinya di samping Masjid Sholihin, dekat dengan Stasiun Solo Balapan ke arah Hotel Sahid, maklum karena sudah tersohor jadi Anda harus sabar antre, ya, untuk menikmati sepiring tahu kupat ini.

Tahu kupat ini memang jadi maknan khas masyarakat Jawa khususnya Jawa Tengah, tahu kupat biasanya terdiri dari ketupat yang dipotong-potong, tahu cokelat yang digoreng, tauge kecambah, mie basah, gorengan yang disiram saus kecap dan kacang yang rasanya pedas-pedas manis.

Biasanya juga kalau makan tahu kupat ini bisa ditambah dengan telur dadar dan ditemani kerupuk sehingga lebih mantap.


Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH