5 Kuliner Bali yang 'Nendang' Banget Abra Resto

MerahPutih Kuliner - Bali bukan hanya dikenal sebagai pulau esotis dengan berbagai keindahan pantai dan alamnya, pulau ini juga dikenal dengan kulinernya yang khas.

Apa yang kamu tahu dari kuliner Bali? pedas, berbumbu, dan pastinya nagih banget. Mau tahu kuliner Bali apa aja yang paling top? berikut ulasannya seperti yang dilansir Abraresto.com.

Serombotan, kuliner satu ini mirip urab, pasalnya terdiri dari berbagai sayuran yang direbus kemudian ditambah sanggrai kelapa yang harum. Bedanya Serombota dilengkapi dengan berbagai jenis kacang-kacangan seperti kacang merah dan kacang hijau. Ditambah lagi, makanan khas Bali ini mendapatkan rasa luar biasanya dari bumbu sambal yang digunakan (total ada 3 jenis bumbu sambal). Ada Sambal Nyuh, bumbu kacang, dan bumbu Unyah Sere Limo yang merupakan bumbu tepat untuk para pecinta pedas.

Tum Ayam, nah kalo makanan yang satu ini mirip pepes dari Jawa Barat. Ayam yang sudah dipisahkan dari tulangnya dibumbui dengan bahan rempah-rempah ditambah santan kemudian dibungkus dengan daun pisang setelah itu dikukus sampai matang.

Bubur Mengguh, bubur satu ini disantap saat upacara adat di Bali. Bubur gurih ini terbuat dari beras dan santan, yang kemudian akan ditaburi ayam suwir ketika akan disajikan, lalu disiram dengan kuah ayam kental.

Sate lilit, pasti sudah banyak yang tahu sate satu ini . Bedanya dengan sate biasa, sate lilit rendah lemak loh, sebab sate ini terbuat dari daging ikan yang telah dihaluskan kemudian dibumbui dan dibakar dengan ditusuk menggunakan batang serai, hmmmmm, kebayang kan aromanya.

Sate Pelencing, jika tadi ada sate ikan yang dililit, Bali juga punya sate daging, namanya sate pelencing. Plecing sendiri merupakan sambal tomat yang dibuat dari cabai rawit, garam, terasi, tomat, dan kadang-kadang diberi tetesan jeruk limau. Jadi daging sate yang telah dibakar disiram sambal pelencing yang maknyus banget.

Original artikel dari AbraResto.com, web super lengkap untuk menemukan referensi restoran terkini di Jakarta dan sekitarnya.

BACA JUGA:

5 Kuliner Paling Pedas di Asia

Tips dan Trik Buka Puasa di Restoran Buffet

Tips Berpuasa Sehat Selama Ramadan

Tips Makan Asyik di Street Food Bangkok

4 Kuliner Mie yang Bikin 'Nagih'


Tags Artikel Ini

Ana Amalia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH