Wisata Indonesia

5 Kota Tujuan Mudik Sambil Berlibur

P Suryo RP Suryo R - Minggu, 24 April 2022
5 Kota Tujuan Mudik Sambil Berlibur
Mudik tak sekedar pulang ke kampung halaman namun dapat juga berlibur menyusuri destinasi wisata yang ada. (Foto: Pexels/alexandr podvalny)

AKTIVITAS mudik selalu menjadi warna tersendiri jelang Lebaran. Orang-orang bepergian ke kota tujuan untuk bertemu sanak saudara nun jauh di sana. Tak sedikit mereka rela macet-macetan, antre beli tiket atau desak-desakan.

Setelah dua tahun dilarang akibat pandemi COVID-19, tahun ini pemerintah kembali mengizinkan masyarakat untuk mudik ke kampung halamannya masing-masing.

Berdasarkan survei preferensi mudik Lebaran 2022 yang dilakukan oleh Pegipegi pada 18 - 30 Maret
2022 kepada lebih dari 600 responden yang tersebar di seluruh Indonesia. Sebanyak 80 persen responden akan melakukan mudik tahun ini. Maka sejumlah destinasi mudik masyarakat Indonesia pun muncul menjadi tempat mudik favorit untuk sambil berlibur. Inilah lima kota tujuan mudik sambil berlibur.

Baca Juga:

Kangen Jalan-Jalan, Wisatawan Indonesia Inginkan Perjalanan Bebas Repot

Bandung

mudik
Bis Bandros akan ajak kamu berkeliling Kota Bandung. (Foto: Pexels/ilman muhammad)


Kawasan Bandung dan sekitarnya kaya akan destinasi wisata yang bisa dijajal pemudik. Tak hanya itu, jarak dari Jakarta ke Bandung juga tidak terlalu jauh, tapi daerah ini tetap menjadi destinasi tujuan pemudik. Mulai dari Gunung Tangkuban Perahu, Kawah Putih, hingga jajaran kuliner menggoda di tengah kota. Menuju Bandung, biasanya pemudik bisa mengakses dengan menggunakan kendaraan pribadi, kereta api, bus, atau travel.

Yogyakarta

mudik
Jalan Malioboro ikon Kota Yogyakarta. (Foto: MP/Patrica Vicka)


Dari arah Jakarta, masyarakat yang hendak mudik ke Yogyakarta bisa menggunakan transportasi darat atau udara. Selain menjadi destinasi berlibur, Yogyakarta juga menjadi salah satu tujuan mudik masyarakat.

Selain mudik ke kampung halaman, masyarakat juga bisa menikmati berbagai wisata Yogyakarta. Misalnya saja menikmati suasana kawasan Malioboro yang khas atau kawasan sekitar Keraton Yogyakarta.

Solo

mudik
Pasar Gede di Surakarta. (Foto: Unsplash/Raihan Firdaus)


Solo menjadi salah satu tujuan mudik masyarakat yang telah lama tinggal di kota-kota besar seperti untuk mencari nafkah atau menuntut ilmu. Masyarakat juga bisa menikmati suasana Solo yang menyenangkan. Para pemudik dari arah Jakarta bisa pulang ke Solo dengan menggunakan pesawat, bus, kereta api, dan kendaraan pribadi.

Baca Juga:

Berwisata Alam di Sekitar Jakarta

Surabaya

mudik
Monumen Suro Boyo, ikon Kota Surabaya. (Foto: Unsplash/Rasyid Maulana)


Kota Pahlawan, Surabaya menjadi salah satu tujuan mudik di tahun ini. Kota satu ini bisa diakses dari arah Jakarta dengan kereta api, bus, pesawat atau bahkan menggunakan kendaraan pribadi.

Di ibu kota Jawa Timur ini, kamu dan keluarga juga bisa menikmati sejumlah wisata seperti Surabaya Zoo, Pantai Kenjeran, hingga menikmati cantiknya lampu Jembatan Suramadu di malam hari.

Malang

mudik
Kampung Warna Warni di Kota Malang. (Foto: Unsplash/Rahadiansyah)


Nah, Kota apel ini mulai jadi tujuan mudik favorit di tahun 2022 ini. Kota di Jawa Timur ini bisa diakses dengan bus, kereta api, atau pesawat terbang.

Selain menikmati apel Malang yang khas, di kota ini juga kamu bisa ajak keluarga besar untuk menikmati berbagai hewan di Jatim Park 1 dan 2, sampai menikmati cantiknya warna warni si Kampung Jodipan. Kalau kamu mudik kemana tahun ini? Hati-hati dijalan yaa dan jangan lupa bawa buah tangan untuk
orang-orang terkasih. (DGS)

Baca Juga:

Damainya Menapaki Patung Buddha Tidur Terbesar di Mojokerto

#Lipsus April Puasa #Wisata #Travel
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan