5 Kerajinan Tangan Legendaris dari Banten

  • Sajira merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Lebak. Kecamatan ini merupakan daerah penghasil batu fosil yang sudah mendunia.

    Batu fosil merupakan bentukan hasil sedimentasi pelapukan ratusan tahun lalu. Sedimentasi itu kemudian membentuk batu yang sangat indah. Batang kayu, akar, atau binatang yang terpendam di dalam tanah mengeras hingga menjadi batu dengan bentuk dan warna berwarna-warni indah.

    Kekayaan alam terpendam di tanah Sajira menjadikan daerah ini sebagai penghasil batu fosil. Batu fosil ini banyak dibentuk langsung oleh pengerajin lokal sebelum diambil para pemburu batu fosil. Bahkan, barang-barang ini menjadi kerajinan ekspor.

    Pemerintah Banten menjadikan kerajinan batu fosil dari Sajira ini sebagai kerajinan khas Banten. Berbagai bentuk membuat batu fosil sangat diminati, dari soufenif, hiasan-hiasan, hingga perabotan rumah tangga seperti kursi atau meja.

  • Gerabah Bumi Jaya berasal dari "Kampung Gerabah", di Desa Bumi Jaya, Kecamatan Ciruas, Kota Serang. Gerabah bumi jaya terkenal dengan kekuatanya karena tanah lempung sebagai bahan memiliki kualitas baik.

    Gerabah Bumi Jaya tidak hanya menyebar luas ke pasar lokal, namun juga menjadi komoditas ekspor. Para pengerajin gerabah yang turun temurun membuat menjadi salah satu faktor kualitas gerabah Bumi Jaya terjaga. Keunikan lain gerabah Bumi Jaya yaitu tetap mempertahankan nuansa klasik meski jenis-jenis yang dibuat juga menyesuaikan dengan kebutuhan.

    Desa Bumi Jaya tidak jauh dari pusat Kota Serang, hanya berjarak kurang lebih 15 kilometer ke arah timur. Akses dari pusat kota sangat mudah untuk menuju Desa Bumi Jaya. Dari Jalan Serang-Jakarta, Anda harus mengambil arah utara di perempatan Jalan Ciptayasa-Ciruas untuk mencapai "Kampung Gerabah".

    Peminat gerabah Bumi Jaya bahkan berasal dari luar negeri. Di Indonesia, daerah yang aktif menjalin kerja sama dengan Bumi Jaya adalah Bali. Dari Bali ini kemudian gerabah Bumi Jaya bisa menembus pasar negara lain seperti Malaysia dan Australia.

  • Selain terkenal dengan pantainya, Anyer juga terkenal gerabah Bandulu. Gerabah Bandulu juga dikenal dengan keramik Bandulu.

    Sentra pembuatan gabah di Anyer tepatnya terletak di Desa Bandulu, Kabupaten Serang. Karena berasal dari Desa Bandulu, berabah dari daerah ini dinamakan gerabah Bandulu. Gerabah Bandulu sangat terkenal karena dipasarkan cukup luas keluar dari wilayah wisata Anyer.

    Letak Bandulu tidak jauh dari Pantai Anyer. Anda bisa melihat langsung para pengrajin di workshop yang sedang membuat gerabah dari tanah liat hingga proses selanjutnya sampai siap jual. Bagi Anda yang tertarik membawa tembikar bendulu sebagai oleh-oleh, pilihan gerabah tentu sangat banyak, dan harga yang bervariasi sesuai bentuk dan besarnya.

    Tidak hanya bisa digunakan sebagai alat-alat dapur, gerabah bandulu memiliki nilai seni yang tinggi sehingga banyak digunakan sebagai hiasan rumah. Gerabah berbagai jenis tentu sangat cocok menjadi cindera mata selepas Anda berwisata di Pantai Anyer.

     

  • Golok Ciomas merupakan senjata khas dari Banten. Tidak berbeda dengan golok kebanyakan, golok Ciomas merupakan senjata tajam dengan bentuk golok pada umumnya. Golok ciomas sebagai senjata simpanan untuk membela diri. Golok ini dikenal sebagai senjata yang dibawa para jawara Banten saat zaman penjajahan dulu.

    Nama "golok Ciomas" diambil dari wilayah bernama "Ciomas" yang merupakan asal pembuatan golok. Ciomas merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Serang, terletak ke arah barat Kota Serang. Sangat mudah untuk menjangkau Ciomas. Dari Kota Serang banyak akutan kota yang langsung ke Ciomas. Jika Anda melihat angkot berwana kuning di Kota Serang, maka itu bisa membawa Anda ke Ciomas.

    Bagi masyarakat Banten, golok biasa juga disebut "bedog". Namun, ada perbedaan bahwa bedog biasa untuk sebutan perkakas pertanian atau pertukangan. Untuk membedakan dengan bedog sebagai senjata, maka disebut juga "bedog Ciomas" yang langsung merujuk khusus untuk senjata.

    Golok Ciomas memiliki keistimewaan dalam segi proses pembuatan. Hal itu pula yang memberikan nilai seni tersendiri bagi golok Ciomas. Tidak hanya sekedar tajam, pembuatan golok Ciomas mengikuti aturan-aturan tidak tertulis yang dilakukan dari generasi ke generasi sejak zaman Kesultanan Banten.

  • Suku Baduy, Kabupaten Lebak, Banten, memiliki seribu kearifan lokal untuk menjadi pembelajaran bagi masyarakat lain. Suku Baduy dikenal sebagai masyarakat tradisional yang mempertahankan tradisi nenek moyang dan senantiasa menjaga alam lingkungan tempat tinggalnya. Kerajinan tangan masyarakat Baduy terkenal karena menggunakan bahan-bahan alami.

    Masyarakat tradisonal Baduy memiliki kreativitas membuat kerajinan unik. Kerajinan-kerajinan Baduy terbuat dari bahan baku yang terdapat di kawasan hutan Baduy dan dibuat secara tradisional (handmade). Kerajinan tangan Baduy di antaranya tas koja, pernak-pernik, peralatan dapur, aksesoris, kain sarung tenun, ikat kepala, baju Baduy dan lain-lain.

    Kerajinan tangan Baduy bisa didapat di toko-toko kecil atau pedagang asongan di Terminal Ciboleger. Terminal Ciboleger merupakan gerbang masuk menuju kawasan obyek wisata budaya masyarakat tradisional Baduy serta dari masyarakat Baduy sendiri yang menjajakan oleh-oleh kerajinan khas tersebut.

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Kuliner Banyuwangi Rugi Tak Dicicipi
Kuliner
Kuliner Banyuwangi Rugi Tak Dicicipi

Setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner khasnya.

Arsip Notaris Ungkap Kehidupan Orang Biasa di Batavia
Tradisi
Arsip Notaris Ungkap Kehidupan Orang Biasa di Batavia

Profesi ini sudah lama ada di dunia dan meninggalkan catatan penting tentang kehidupan manusia pada masa lampau.

Indonesia Mulai Uji Coba Pertama Kali Bensin Sawit
Tradisi
Indonesia Mulai Uji Coba Pertama Kali Bensin Sawit

Bensin dengan minyak sawit industri atau bensa (bensin sawit) skala demo plant untuk kendaraan bermotor, bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Gus Dur Hadiri Imlek Kedua Pasca-Orba Muluskan Status Hari Libur Nasional
Tradisi
Gus Dur Hadiri Imlek Kedua Pasca-Orba Muluskan Status Hari Libur Nasional

Perayaan renungan suci Tahun Baru Imlek Nasional 2001 diikuti sekitar 4.000 undangan dari berbagai kota di Pulau Jawa.

Lahir Seabad Lalu, I Gusti Ngurah Rai 'Pulang' ke Carangsari Tahun 2018
Tradisi
Lahir Seabad Lalu, I Gusti Ngurah Rai 'Pulang' ke Carangsari Tahun 2018

I Gusti Ngurah Rai dan pasukannya gugur dalam Puputan Margarana.

Surga Barang Antik di Pasar Cikapundung
Travel
Surga Barang Antik di Pasar Cikapundung

Tempat ini menjadi berkumpulnya ragam aksesori yang telah melewati ragam zaman.