5 Kejahatan Siber yang Harus Kamu Tahu Kejahatan siber (Foto: Pixabay/mohamed_hassan)

DI era perkembangan teknologi yang semakin pesat, keamanan tidak lagi dalam bentuk fisik, kita juga membutuhkan keamanan siber. Kenapa? Karena kejahatan dunia maya meningkat pada tingkat mengkhawatirkan. Banyak para penjahat siber mengincar orang-orang terutama perempuan yang minim pengetahuan teknologi alais gaptek.

File-file pribadi kamu seperti foto, video, dan audio apa pun dapat menyebar di internet layaknya api. Ketika hal itu terjadi seseorang tidak selalu dapat menghapus apa yang ada di internet. Nah, dilansir dari Boldsky, berikut ini beberapa jenis kejahatan siber yang perlu diketahui, terutama bagi para perempuan.

Baca juga:

Baru Putus? Aplikasi Traveling Ini Bisa Bikin Kamu Cepat Move On

1. Penyalahgunaan nomor telepon

Menyalahgunakan nomor telepon (Foto: Boldsky)
Menyalahgunakan nomor telepon (Foto: Boldsky)

Salah satu tempat paling umum di mana nomor kamu dapat disalahgunakan adalah toko isi ulang pulsa. Saat kamu memberikan nomor untuk diisikan pulsa, si penjual atau orang lain yang hadir di toko itu bisa menyalahgunakannya. Orang tersebut mungkin akan menelpon atau mengiri pesan kepadamu.

2. Penipuan hadiah

Penipuan hadiah (Foto: Boldsky)
Penipuan hadiah (Foto: Boldsky)

Pernahkan kamu mendapat pesan yang berisi "Selamat Anda mendapatkan hadiah 75 juta" atau "Nomor ponsel Anda berhasil memenangkan hadiah"? Biasa pesan-pesan tersebut akan mengarahkan ke salah satu website yang seakan kamu benar-benar menang. Kamu pun diminta untuk menelpon nomor telepon yang tertera. Dari sinilah mereka beraksi.

Baca juga:

Chipset Snapdragon 865, Lebih Mutakhir dengan Dukungan Koneksi 5G

3. Memalsukan suara

Memalsukan suara (Foto: Boldsky)
Memalsukan suara (Foto: Boldsky)

Biasanya penipu menelepon dengan berpura-pura menjadi putranya. Biasanya ia mengaku sedang ditangkap polisi atau di rumah sakit. Ketika sang ibu panik ia kemudian meminta dikirimkan sejumlah uang. Mereka juga sering mengaku sebagai kerabat atau teman dekatmu. Oleh karena itu lebih baik melakukan cross check sebelum mengirim uang kepada orang lain.

4. Cyber stalking

Cyber Stalking (Foto: Boldsky)
Cyber Stalking (Foto: Boldsky)

Beberapa dari kamu mungkin mengunggah banyak foto dan menyertakan lokasi tempat kamu berada. Ada juga yang memasukan data-data pribadi seperti hobi, alamat email, dan lain sebagainya di media sosial. Itu memang sah-sah saja, tapi tahukah kamu bahwa hal tersebut dapat menjadi bumerang bagi kamu? Bisa saja para penjahat cyber menyalahgunakan informasi yang kamu bagikan.

5. Peretasan akun media sosial

Peretasan akun (Foto: Boldsky)
Peretasan akun (Foto: Boldsky)

Peretasan akun media sosial adalah salah satu kejahatan dunia maya yang paling umum saat ini. Si penjahat sengaja masuk ke akun media sosialmu dan menyalahgunakannya. Ia dapat mengaku diri kamu dan berkomunikasi dengan orang-orang yang berteman di akunmu. Karena itu, pastikan untuk keluar dari platform media sosialmu jika menggunakan laptop atau komputer publik seperti di kantor dan warnet. Hal yang sama juga berlaku jika menggunakan perangkat seseorang.

Baca juga:

5 Fakta Sony PlayStation One, Konsol Pilihan Gamer 90-an


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH