5 Kegiatan Seru di Kawasan Wisata Mandeh, Dijamin Enggak Mau Pulang Wisata di Pulau Sironjong, kawasan Mandeh, Sumatera Barat. (Foto: instagram.com/langikminang)

MANDEH merupakan gugusan kepulauan yang melingkupi Traju, Sironjong Besar, Sironjong Kecil, Pulau Setan, hingga Pulau Cubadak, di Sumatera Barata. Seluruhnya sangat cantik dengan perbukitan hijau nan alami.

Mandeh tepatnya masuk secara administrasi di Kecamatan Koto XI, Kabupaten Pesisir Selatan. Destinasi wisata ini terkenal sekitar dua tahun lalu di kalangan para traveller milenial.

Saat ini keindahan Mandeh kian menyeruak setelah ditetapkan dan dikembangkan sebagai Kawasan Wisata Bahari Terpadu. Kepulauan Mandeh terletak sekitar 43 kilometer dari Kota Padang atau sekitar dua jam perjalanan darat.

Dikutip Arah Destinasi, berikut aktivitas yang bisa kamu lakukan di kawasan Mandeh yang indah.


1. Island Hopping

Kegiatan olahraga air di Mandeh. (Foto: instagram.com/padang.trip)
Kegiatan olahraga air di Mandeh. (Foto: instagram.com/padang.trip)

Kamu bisa menyewa perahu nelayan dari Dermaga Lama Carocok. Biasnaya di sana sudah ada beberapa pegiat wisata yang menawarkan paket-paket untuk perjalanan sehari (one day trip) mengelilingi kawasan Mandeh.

Harganya pun beragam, tergantung berapa jumlah peserta, kisarannya mulai dari Rp 150 ribu per orang. Harga itu dengan minimal peserta trip sebanyak 10 orang. Jangan lupa, kamu mesti pilih kapal yang memiliki peralatan keselamatan standar seperti jaket pelampung.



2. Diving & Snorkeling

Snorkeling di Mandeh. (Foto: instagram.com/padang.trip)
Snorkeling di Mandeh. (Foto: instagram.com/padang.trip)

Mandeh memiliki banyak lokasi indah untuk diving dan snorkeling. Keindahan bawah laut Mandeh memang tidak perlu lagi diragukan.

Berbagai jenis ikan, biota laut, dan ada spot kapal Belanda yang karam bisa dinikmati. Sebelum berangkat, kamu mesti persiapkan berbagai peralatan menyelam dan snorkeling.


3. Cliff jump

Cliff jump di Pulau Sironjong. (Foto: instagram.com/indoflashlight)
Cliff jump di Pulau Sironjong. (Foto: instagram.com/indoflashlight)

Ini dia aktivitas ekstrem yang mesti kamu coba di Mandeh. Wisatawan bisa memacu adrenalin dengan meloncat dari ketinggian tebing, langsung ke laut.

Kamu bisa minta diantar ke Pulau Sironjong. Di pulau itu ada anak tangga hingga ke puncak tebing dengan tinggi bervariasi, mulai 5 meter sampai 20 meter.


4. Treking

Pilihan trekking cukup menarik di Mandeh. (Foto: instagram.com/bankboedi)
Pilihan trekking cukup menarik di Mandeh. (Foto: instagram.com/bankboedi)

Selain wisata bahari, kamu juga bisa menikmati Mandeh dengan melakukan trekking ke beberapa air terjun. Salah satunya ada Air Terjun Mandeh.

Bila beruntung, saat trekking bisa berjumpa dengan kawanan monyet siamang, salah satu spesies kera hitam berlengan panjang endemik kawasan Mandeh.


5. Puncak Mandeh

Pemandangan Puncak Mandeh. (Foto: instagram.com/ferii.trip.art)
Pemandangan Puncak Mandeh. (Foto: instagram.com/ferii.trip.art)

Sebagai penutup hari, jangan lewatkan juga keindahan matahari terbenam di Puncak Mandeh. Di sana ada area khusus untuk melihat keindahan beberapa pulau di sekitar Mandeh. Ada juga tempat duduk nyaman yang bisa kamu digunakan untuk bersantai. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: 5 Pilihan Hostel Teratas di Jerman, Tempat Singgah Keren Para Traveller

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH