5 Kebiasaan Buruk yang dapat Merusak Kulit Wajah

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 05 Desember 2023
5 Kebiasaan Buruk yang dapat Merusak Kulit Wajah
Selalu jaga kesehatan kulit wajah agar tak muncul jerawat dan gangguan lainnya. (freepik/freepik)

KULIT wajah adalah cermin dari kesehatan dan perawatan diri. Sayangnya seringkali tanpa disadari, kebiasaan buruk dapat merusak kulit yang selama ini kamu rawat.

Tanpa disadari paparan radikal bebas yang berasal dari polusi, asap rokok, dan sinar matahari diketahui dapat merusak sel-sel kulit wajah.

Baca Juga:

4 Tip Cegah Pori-Pori Kulit Wajah Tersumbat

dandan
Perhatikan kandungan pada make up yang memengaruhi kulit wajah. (Pexels/Shiny Diamond)

Seperti dikabarkan Alodokter, selain faktor lingkungan, rusaknya kulit wajah dapat disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan yang buruk. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang bisa merusak kulit wajah kamu.

Alkohol

Alkohol dalam kosmetik dan skin care bermanfaat membuat produk terasa lebih ringan saat digunakan sekaligus untuk mengawetkan produk. Penggunaanya dalam jumlah yang kecil tidak masalah, tetapi jika menggunakan dengan kadar yang tinggi tentu dapat merusak kulit.

Bagi kamu pemilik kulit kering dan sensitif, atau yang memiliki alergi, sebaiknya memilih kosmetik dan skin care yang bebas alkohol.

Tidur

Tidur tanpa membersihkan area wajah yang terpapar make up dapat menyebabkan kotoran menempel di wajah. Lalu make up yang menumpuk di wajah mengakibatkan pori-proi tersumbat berpotensi menimbulkan jerawat. Jadi, jangan lupa untuk selalu membersihkan kosmetik yang menempel di wajah.

Baca Juga:

Suntik Kromosom untuk Putihkan Kulit, Amankah?

dandan
Bersihkan alat kosmetik setelah dipakai. (Unsplash/Diana Ruseva)

Peralatan make up

Alat rias yang jarang dibersihkan dapat menjadi sarang berkumpulnya bakteri. Jika digunakan pada kulit wajah, berdampak infeksi pada kulit. Sebaiknya rutin untuk membersihkan alat rias mu setiap hari menggunakan air hangat dan sabun yang berbahan lembut.

Scrub

Terlalu sering menggunakan scrub pada wajah, menyebabkan hilangnya minyak alami dari tubuh. Bahkan berisiko mengalami iritasi. Scrub wajah cukup dilakukan tiga kali dalam seminggu, perlu diingat agar menghindari melakukan scrub wajah jika kulit sedang kering atau iritasi.

Mandi

Disarankan jika mandi tidak terlalu lama, karena dapat merusak kulit. Sebaiknya mandi hanya 5 sampai 10 menit saja. Lalu, hindari pula membasuh wajah dengan air yang terlalu panas, karena dapat menyebabkan kulit kering dan parahnya memicu terjadi luka bakar. (zvw)

Baca Juga:

Kiat Berhenti Merokok Tanpa Khawatir Berat Badan Bertambah

#Kesehatan #Kecantikan
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan