5 Karya BJ Habibie yang Masih Dikenang Replika Pesawat N-250 (Foto: MerahPutih/Arie Majorca)

INDONESIA kini sedang berduka. Pukul 18.05 Wib, Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/9). Hal itu disampaikan putra BJ Habibie Thareq Kemal.

Semasa hidupnya BJ Habibie dikenal sebagai sosok jenius. Banyak karya-karya besarnya yang membuat Indonesia disegani oleh dunia, terutama di bidang penerbangan.

Baca juga:

'Gula Jawa Berubah Jadi Gula Pasir', Awal Kisah Cinta Habibie dan Ainun

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini 4 karya BJ Habibie di semasa hidupnya.

1. Fly by Wire (FBW)

FBW memudahkan pilot mengendalikan pesawat (Foto: Pexels/Marina Hinic)
FBW memudahkan pilot mengendalikan pesawat (Foto: Pexels/Marina Hinic)

FBW merupakan sistem kendali menggunakan sinyal elektronik. Teknologi ini dipakai oleh pesawat-pesawat masa kini. Dengan FBW pekerjaan pilot menjadi lebih ringan. Hal itu karena FBW memiliki program komputer untuk mengolah data yang dipasok melalui sensor pada bagian-bagian badan pesawat.

Sistem ini memiliki tingkat keamanan yang sangat canggih. Dengan mode perlindungan pada komputer, pilot dapat kembali mengendalikan pesawat ketika secara mendadak mesin mati. FBW rata-rata dipakai pada pesawat tempur. Misalnya F-8 Crusader, Sukhoi T-4 dan pesawat jenis Hawker Hunter.

2. Pesawat N-250

Replika Pesawat N-250 (Foto: MerahPutih/Arie Majorca)
Replika Pesawat N-250 (Foto: MerahPutih/Arie Majorca)

N-250 merupakan pesawat penumpang sipil (airline) regional komuter turboprop rancangan IPTN yang kini bernama PT Dirgantara Indonesia. Kode N diambil dari kata Nusantara. Hal itu menunjukan kalau desain, produksi hingga perhitungannya dikerjakan di Indonesia.

Baca juga:

Kisah BJ Habibie, Tolak Mentah-Mentah Tawaran Warga Negara Jerman

BJ Habibie membuat pesawat N-250 ini setelah mendapat mandat dari Presiden Soeharto. Tepat 50 tahun Indonesia merdeka, tepatnya tahun 1995, N-250 berhasil diterbangkan saat uji coba. "Pesawat ini merupakan pesawat tercanggih di dunia," ucap Habibie seperti dilansir pada artikel BJ Habibie Ceritakan Sejarah Pesawat N-250.

3. Pesawat R80

Replika R80 (Foto: MerahPutih/Yohanes Abimanyu)
Replika R80 (Foto: MerahPutih/Yohanes Abimanyu)

R80 merupakan pesawat perintis yang dianggap cocok pada struktur geografis Indonesia. R80 memang belum selesai dan masih dalam tahap pengembangan. Rencananya R80 akan diterbangkan pertama kali di Bandara Udara Internasional Kertajati, Jawa Barat.

Pesawat ini terbilang sangat canggih karena menggunakan teknologi terbaru. R80 dianggap bisa menandingi Boeing 777 karena hemat bahan bakar dan memiliki perawatan mudah. R80 juga menggunakan FBW yang banyak dipakai oleh pesawat tempur.

4. Dornier Do 31

Dornier Do 31 (Foto: Iren Dornier)
Dornier Do 31 (Foto: Iren Dornier)

Dornier Do 31 merupakan pesawat jet transportasi eksperimental VTOL Jerman Barat dan dirancang untuk memenuhi spesifikasi NATO (BMR-4) sebagai pesawat dukungan taktis. Dornier Do 31 pertama kali diterbangkan pada 10 Februari 1967.

Sayangnya proyek ini dibatalkan pada April 1970 karena masalah biaya yang tinggi, teknis dan perubahan persyaratan. Namun, selama 3 tahun banyak rekor dunia yang dipecahkan oleh Dornier Do 31.

5. C-130 Hercules

C-130 Hercules (Foto: Lookheed martin)
C-130 Hercules (Foto: Lookheed martin)

BJ Habibie pernah ikut andil dalam merancang pesawat angkut militer TRANSALL C-130. Pesawat ini mampu melakukan pendaratan dan lepas landas dari runway yang pendek. Bukan hanya di Indonesia, pesawat ini banyak dipakai oleh pasukan militer di berbagai dunia.

Awalnya C-130 Hercules hanya diguakan sebagai pengangkut tentara dan pesawat kargo. Namun ini memiliki banyak fungsi seperti pengamatan cuaca, pengisian banyak di udara, pemadam kebakaran udara dan lain sebagainya. (*)

Baca juga:

BJ Habibie Selalu Nikmati Musik Klasik Dalam Kesehariannya

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH