5 Jenis Roti yang Lezat dan Menyehatkan Tidak semua jenis roti menyehatkan (Foto: Pexels/Bruno Thethe)

ROTI merupakan jenis makanan yang sangat populer di seluruh penjuru dunia. Sering dikonsumsi hampir di setiap sarapan, makan siang, maupun makan malam, roti menawarkan aneka ragam jenis dan rasa yang unik.

Namun, tidak sedikit roti yang dianggap tidak memberikan manfaat baik bagi kesehatan karena minimnya kandungan nutrisi. Roti yang sehat harus memiliki bahan-bahan sehat. Roti yang mengandung minyak terhidrogenasi tidak memberikan manfaat untuk tubuhmu.

Roti Maros, Oleh-Oleh Wajib Khas Sulawesi Selatan

Roti yang dibuat dengan gandum utuh, murni dan sederhana, akan lebih baik bagi. Berikut adalah beberapa roti yang telah memenuhi kriteria roti sehat itu, antara lain:

1. Roti Spelt

Kandungan gluten nya rendah (Foto: grubdaily)

Berasal dari Timur Tengah, roti spelt belakangan ini makin populer karena kandungan tingkat gluten yang dimiliki rendah. Roti ini memiliki rasa kacang yang khas. Kamu pun akan merasa lebih kenyang setelah mengonsumsi roti spelt.

2. Roti Lavash

Berasal dari Armenia (Foto: pixabay/armennano)

Lavash adalah roti pipih tipis dan lembut yang berasal dari Armenia yang dibuat dari tepung, air, dan garam. Memiliki beragam kegunaan karena bisa dimakan lembut atau renyah. Lembut ketika dipanggang dan dihangatkan tetapi dengan cepat berubah menjadi konsistensi cracker, sangat cocok jika kamu ingin memuaskan rasa lapar dengan crunch yang hangat.

3. Turkish Flatbread

Disajikan sebagai pembungkus (Foto: sbs)

Meskipun biasanya disajikan sebagai pembungkus tidak sehat untuk kebab yang berminyak, Turkish Flatbeard atau roti flat Turki menjadikan roti ini masuk ke dalam lima jenis roti sehat teratas karena kalori dan fleksibilitasnya yang rendah. Namun, jangan salah, seporsi Turkish Flatbeard sudah cukup untuk membuat kamu kenyang di siang hari.

Baca juga:

Gyeranppang, Roti Telur ala Korea. Lezat buat Sarapan

4. Roti Rye

Karakteristiknya yang lebih padat (Foto: pixabay/cat6719)

Roti ini terbuat dari bahan tepung gandum hitam. Karakteristik utama dari roti gandum hitam ini adalah bahwa lebih padat dari pada roti rata-rata lain yang terbuat dari tepung gandum dan lebih tinggi seratnya. Roti rye juga rendah lemak jenuh, tidak mengandung kolesterol dan tinggi mangan, selenium, serta tiamin.

5. Roti Markouk

Populer di negara Mediterania (Foto: Youtube)

Dikenal sebagai roti desa, dan merupakan roti besar, datar, persegi panjang yang sangat populer di negara-negara Mediterania. Terbuat dari tepung tanpa melalui proses pemutihan dan pemanggangan di hot plate kubah yang unik, memberi karakteristik lembut yang ringan pada Markouk. Markouk adalah alternatif roti ringan yang enak, sangat pas disajikan saat panas atau dingin dengan saus yang sehat.

Wah jadi lapar ya sahabat Merah Putih. (lgi)

Baca juga:

Empuk Nikmat Roti Maryam dari Serambi Mekah

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH