5 Ilustrasi Menyentuh tentang Hubungan Ayah dan Anak Perempuan Seniman asal Ukraina, Snezhana Soosh, mengilustrasikan hubungan ayah dan putrinya. (foto: nstagram @vskafandre)

AYAH merupakan bagian keluarga yang penting bagi kehidupan anak-anaknya. Ia bertanggung jawab menjadi tulang punggung keluarga. Ayah sering kali menjadi sosok orangtua yang berbeda dari sang ibu. Ibu yang biasanya lebih menunjukkan kepedulian lewat hal-hal kecil, tetapi ayah selalu berusaha melindungi anak-anaknya lewat caranya sendiri.

Snezhana Soosh, seniman asal Ukraina, percaya bahwa hubungan antara ayah dan anak perempuan sangatlah luar biasa. Dalam koleksi ilustrasi hubungan ayah dan putrinya, Soosh berharap bahwa karyanya itu bisa memberikan pesan kepada seluruh ayah di dunia bahwa kehadiran mereka sangatlah penting bagi kehidupan anak-anak mereka.

BACA JUGA: Ayah, Tulang Punggung dan Pendukung Utama bagi Ibu

Dalam wawancara dengan The Huffington Post, Soosh mengatakan ayah tidak selalu mampu mengomunikasikan dan mengekspresikan seberapa besar rasa sayang yang dimilikinya kepada anak perempuan mereka. "Aku selalu menginginkan hubungan yang lembut dan penuh kasih dengan ayahku, tetapi ayahku tidak memahami bagaimana cara menunjukkan cintanya, sehingga sering kali hubungan menjadi berjarak dan dingin," ujarnya.

Di Hari Ayah ini, jangan lupa ucapkan dan sampaikan rasa terima kasihmu kepadanya ya!


1. Monsters

ayah dan anak
Jadi pahlawan untuk anak. (foto: Instagram @vskafandre)

Dalam illustrasi ini, terkandung makna bahwa sang ayah terkantuk-kantuk ketika menjaga anak perempuannya agar bisa tidur dengan nyenyak dan melindunginya dari monster di bawah ranjang. Illustrasi ini menunjukkan pengorbanan yang dilakukan seorang ayah agar bisa menjadi pahlawan bagi anak perempuannya.


2. King Size Bed

ayah dan anak
Rela tidur nyempil biar anak nyaman. (foto: Instagram @vskafandre)

Terlepas dari luasnya ranjang, sang ayah yang bertubuh besar tetap mengalah terhadap anak perempuannya yang tidur dengan sangat makan tempat dan menempel pada ayahnya. Dari illustrasi ini, dapat dirasakan bahwa terkadang cara ayah menunjukkan kasih sayang mereka ialah lewat hal-hal kecil yang terkadang tidak kita sadari.


3. Hula Hoop

ayah dan anak
Terlihat konyol di depan anak. (foto: Instagram @vskafandre)


Meskipun harus terlihat konyol dan kekanak-kanakan, sang ayah akan berusaha tersenyum dan siap menjadi apa saja ketika bermain dengan anaknya. Illustrasi ini menunjukkan bahwa kadang kasih sayang orangtua tidak melulu dihantarkan lewat materi, tetapi lewat kemaksimalan usaha mereka yang ditempuh demi membuat keluarga bahagia.


4. Papa Tea

ayah dan anak
Biarpun sibuk, tetap mau main bersama anak. (foto: Instagram @vskafandre)

Di balik kesibukan serta pekerjaannya yang menumpuk, ayah tetap menyempatkan waktunya untuk bermain pesta teh dengan anak perempuannya. Karya ini menunjukkan kepada kita bahwa waktu merupakan sesuatu yang tidak bisa dibeli, atau dikembalikan dengan cara apa pun. Jangan sia-siakan waktumu dan ekspresikanlah rasa cinta dan terima kasihmu kepada orangtua. Selagi kamu beranjak dewasa, usia orangtuamu juga akan terus bertambah. Nikmatilah setiap momen dan gunakanlah waktu berkualitasmu dengan ayah dan keluarga seberarti mungkin.


5. Worrying about the Future

ayah dan anak
Khawatir saat anak perempuannya mulai dekat dengan lawan jenis. (foto: bored panda)

Semua ayah pasti akan menyeleksi dengan ketat ketika anak perempuannya mulai sering bergaul dengan lawan jenis. Salah satu ketakutan terbesar para ayah ialah jika anak perempuan mereka disakiti laki-laki lain. Mungkin karena sang ayah tahu seperti apa sifat laki-laki saat mereka muda, tidak mengherankan jika ayah menjadi protektif terhadap anak perempuannya.

Keprotektifan orangtua seringkali dikonotasikan buruk oleh anak. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, sang anak akan mengerti bahwa tidak ada orangtua yang ingin anaknya disakiti orang lain, apalagi oleh laki-laki dengan niat yang kurang baik.

Terlepas dari kesulitan mereka mengekspresikan kasih sayang, semua orangtua pasti menyayangi anak-anak mereka dengan cara mereka sendiri.(shn)

BACA JUGA: Peran Seorang Ayah Berdampak Besar Bagi Kehidupan Anak


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH