Hari Kemerdekaan Indonesia

5 Ide Lomba Virtual untuk Sambut Kemerdekaan RI

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Senin, 16 Agustus 2021
5 Ide Lomba Virtual untuk Sambut Kemerdekaan RI
Rias wajah dengan peta Indonesia. (Foto: Instagram/winaoktv_11)

DI masa pandemi ini, sedih rasanya tidak bisa merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia dengan lomba-lomba yang biasanya diadakan di lapangan komplek. Lomba makan kerupuk, tarik tambang, menghias sepeda, menangkap belut, sampai balap karung, hanya bisa kita lihat dalam album foto saja.

Tapi meski di rumah saja, kamu tetap bisa lho membuat dan mengikuti berbagai ide lomba virtual yang unik dan kreatif. Selain bisa melatih kreativitas, lomba 17 Agustus virtual juga dapat menghasilkan beragam hadiah menarik. Yuk, simak lima ide lomba virtual yang bisa kamu ikuti.

Baca juga:

Simak Nih! Rangkaian Peringatan HUT RI di Masa Pandemi

1. Menghias Masker

5 Ide Lomba Virtual untuk Sambut Kemerdekaan RI
Hias masker sekreatif mungkin. (Foto: Instagram/lialaurencia)

Masker seolah menjadi kewajiban di masa pandemi ini untuk mencegah kita terpapar dari COVID-19. Mau saat lagi berkendara, keluar sebentar ke warung, bersepeda, hingga bekerja di kantor, masker wajib dipakai.

Nah, lomba kemerdekaan menghias masker ini bisa jadi ajang untuk kreativitas yang bermanfaat lho. Mengingat saat ini juga banyak jenis masker yang bisa kamu pilih untuk dihias. Kamu dapat menghias masker dengan aneka gaya seperti bordir, sulam, atau rajut bertema HUT RI.

Meskipun nantinya tidak menang, kamu bisa mengunggahnya di media sosial sebagai bentuk apresiasi karena sudah meramaikan HUT ke-76 RI.

2. Merias wajah

5 Ide Lomba Virtual untuk Sambut Kemerdekaan RI
Ramaikan HUT RI dengan lomba virtual. (Foto: Instagram/cucuucya._)

Hayo, siapa yang biasanya mengunggah konten riasan wajah di TikTok, YouTube, atau Instagram? Buat kamu yang suka dandan, lomba make-up challenge virtual ini wajib banget kamu ikuti. Apalagi orang-orang terdekatmu sering memuji hasil riasan wajah yang kamu buat, pasti kamu makin semangat.

Inspirasi riasannya bisa Pancasila, bendera merah putih, peta wilayah Indonesia, angka ulang tahun RI, atau gambar pahlawan. Supaya terlihat lebih menarik, kamu bisa mengombinasikannya dengan kostum dan masker dengan warna yang senada.

3. Menyanyi Lagu Nasional

5 Ide Lomba Virtual untuk Sambut Kemerdekaan RI
Menyanyikan lagu nasional. (Foto: Unsplash/Robert Collins)

Para penyanyi kamar mandi, ini waktunya kamu untuk mengikuti lomba menyanyi lagu nasional. Sekarang ini banyak pembuat konten yang bernyanyi dengan perlengkapan seadanya, bahkan merekam dengan smartphone saja sudah cukup.

Kamu bisa menyanyikan lagu-lagu nasional, seperti Indonesia Raya, Tanah Air, Rayuan Pulau Kelapa, Berkibarlah Benderaku, atau Indonesia Pusaka. Tapi karena ini lomba, coba rekam suara terbaikmu kemudian disunting lewat aplikasi suara. Jangan lupa persiapkan dengan maksimal, ya.

Baca juga:

HUT RI, Lomba Makan Kerupuk Bisa Diekspresikan Secara Digital

4. Game Online

5 Ide Lomba Virtual untuk Sambut Kemerdekaan RI
Ajak teman sepermainanmu. (Foto: Unsplash/Onur Binay)


Dari pada setiap malam teriak-teriak enggak jelas dan sampai bergadang, yuk ikuti turnamen game online supaya lebih bermanfaat. Hadiahnya bikin ngiler, lho! Kamu bisa pilih satu dari sekian banyak game, seperti Dota 2, AOV, Mobile Legends, PUBG, Valorant, atau game online lainnya. Kamu juga bisa membuat turnamen kecil-kecilan bersama komunitas atau teman sepermainan.

5. Foto Kemerdekaan

5 Ide Lomba Virtual untuk Sambut Kemerdekaan RI
Makin asyik foto bersama keluarga. (Foto: Instagram/@chika_ayu)


Lomba foto kemerdekaan bisa jadi pilihan yang tepat untuk merayakan HUT RI. Kamu bisa mempersiapkannya bersama keluarga atau kerabat agar foto yang dihasilkan lebih menarik. Jangan lupa untuk memakai atribut yang berbau Hari Kemderdekaan semisal baju merah-putih atau pakaian adat. Supaya lebih menarik, rias wajahmu dengan nuansa Indonesia seperti bendera atau Pancasila. Pasti asyik! (and)

Baca juga:

6 Lomba yang Bikin Ngakak Saat Perayaan Kemerdekaan 17 Agustus

#Inspirasi #Kreatif #Ide Kreatif #17 Agustus #Hari Kemerdekaan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan