5 Hal yang Perlu Kamu Hindari saat Menjalani Kehidupan Perkuliahan Beberapa tips untuk kehidupan perkuliahan yang baik (Foto: Cleveland State University)

MEMASUKI dunia perkuliahan adalah impian setiap orang yang ingin melanjutkan pendidikan setelah selesai SMA. Di dunia perkuliahan, kamu dapat melakukan apa saja karena lebih bebas jika dibandingkan dengan masa sekolah. Tetapi kebebasan tersebut pun bisa mengarah ke hal baik dan juga hal buruk. Untuk itu, berikut lima hal penting yang perlu kamu hindari jika ingin "perjalananmu" selama di kampus kamu lancar.

1. Menyontek

5 Hal yang Perlu Kamu Hindari saat Menjalani Kehidupan Perkuliahan
Berbuat Curang atau menyontek saat perkuliahan (Foto: CollegePineapple.com)

Kamu melanjutkan pendidikan ke kampus untuk mencari ilmu, mendapatkan nilai tinggi dengan cara berbuat curang seperti menyontek itu membuat pengalaman kuliahmu tidak baik.

Apa yang kamu lakukan di perkuliahan akan menjadi image dan kebiasaan pada diri sendiri kedepannya, jadi cobalah untuk jujur. Apa salahnya menghabiskan waktumu untuk belajar jika ada kuis atau ujian?

2. Bolos

5 Hal yang Perlu Kamu Hindari saat Menjalani Kehidupan Perkuliahan
Bolos Kuliah sangat tidak dianjurkan (Foto: The Southerner)

Beberapa kampus memperbolehkanmu untuk absen beberapa kali, jadi gunakan waktu absen itu untuk keperluan yang sangat penting. Misalnya menjenguk keluarga atau jika kamu mengalami kecelakaan.

Baiknya jangan gunakan "jatah" absen tersebut untuk melakukan hal-hal yang tidak penting, misalnya seperti pergi bersama teman kamu atau kamu ingin mendapatkan jam tidur lebih. Satu yang terpenting, hindari absen ketika kamu sedang ada kuis atau ujian untuk mata kuliah tertentu.

3. Pulang Larut Malam

5 Hal yang Perlu Kamu Hindari saat Menjalani Kehidupan Perkuliahan
Sering pulang larut malam (Foto: Lifehacker)

Jika kamu pulang malam karena urusan organisasi di kampus itu tidak apa, tetapi cobalah untuk tidak pulang larut malam karena keperluan yang tidak penting, seperti pulang bermain dari indekos teman atau bermain game di warnet. Kamu akan membuang waktu, terlebih lagi apabila keesokan harinya kamu harus berangkat lagi ke kampus.

4. Terlalu Banyak Makan Junk Food

5 Hal yang Perlu Kamu Hindari saat Menjalani Kehidupan Perkuliahan
Terlalu Banyak Makan Junk Food (Foto: Myupdate Studio)

Didalam perjalanan kuliah kamu, kamu bisa melakukan apa saja. Termasuk kamu dapat bebas memakan apapun, terlebih untuk kamu yang indekos. Jika kamu makan tidak teratur, itu dapat membuat kondisi tubuhmu tidak teratur.

Banyak mahasiswa yang mengalami penambahan berat badan karena pola makan yang tidak teratur selama kehidupan perkuliahan, makanan seperti junk food sering menjadi solusi cepat ketia kelaparan.

5. Terlalu Banyak Pesta dan Minum

5 Hal yang Perlu Kamu Hindari saat Menjalani Kehidupan Perkuliahan
Terlalu banyak pesta dan minum minuman beralkohol (Foto: DesignMyNight)

Karena kebebasan kamu dalam dunia perkuliahan, kamu pasti akan ditawarkan atau akan mengikuti pergaulan yang lebih dewasa, pesta atau minuman keras misalnya.

Biasanya kedua hal tersebut merupakan jadi suatu gengsi, bahkan keharusan bagi mahasiswa yang ingin menghabiskan waktu malam bersama teman atau pacar.

Jika kamu belum mengalami hal ini, usahakan menghindari untuk tidak melakukannya terlalu sering. Sedangkan jika kamu sudah terlanjur mengalaminya, cobalah untuk menguranginya. (dnz)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH