5 Hal yang Harus Diperhatikan Pemprov DKI Ketika Buat Jalur Sepeda Jalur sepeda di Bali Kota. Foto: MP/Asropih

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta saat ini tengah melakukan uji coba jalur sepeda di Ibu Kota Jakarta. Tujuan membuat jalur sepada agar masyarakat beraktifitas sehari-hari menggunakan sepeda.

Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata, Djoko Setijowarno menilai ada lima syarat yang harus dipenuhi pemerintah untuk meningkatkan kualitas serta sesuai kepentingan dalam membangun jalur khuus sepeda.

Baca Juga

Pemprov DKI Buat Jalur Khusus Sepeda, Pengamat Soroti Faktor Keamanan

"Pertama harus menarik, yaitu lingkungan sekeliling dirancang menarik, sehingga bisa menimbulkan daya tarik estetika secara prositif," Djoko kepada MerahPutih.com, Minggu (29/9).

Kedua Pemprov DKI harus memperhatikan aspek keselamatan, fasilitas harus menghasilkan lebih sedikit risiko kecelakaan lalu lintas.

"Ketiga koherensi, yakni pengguna harus dapat mengakses jalan mereka dengan mudah," kata Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat itu.

Keempat, jalur sepeda juga harus dibuat nyaman untuk pesepeda.

"Kelima, tidak terputus atau harus berkelanjutan, fasilitas yang disediakan bagi pengguna harus memenuhi kebutuhan akan rute langsung ke tujuan," tutur dia.

Jalur sepeda. Foto: MP/Asropih
Jalur sepeda. Foto: MP/Asropih

Rancangan jalur sepeda sudah diatur dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 03/PRT/M/2014 tentang Pedoman Perencanaan, Penyediaan, dan Pemanfaatan Prasarana dan Sarana Jaringan Pejalan Kaki di Kawasan Perkotaan.

"Lebar badan jalan tidak memungkinkan jalur bersepeda dikembangkan di badan jalan," jelas dia.

"Jalur pejalan kaki memiliki lebar minimal 5 meter yang digunakan untuk bersepeda memiliki lebar maksimal 3 meter, atau memiliki perbandingan antara lebar jalur pejalan kaki dan lebar area bersepeda 1 : 1,5," sambungnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan mengatakan, Pemprov DKI bakal membuat jalur sepeda sepanjang 63 kilometer (Km) di Jakarta.

Rute yang diutamakan untuk jalur pesepeda adalah di kawasan yang terkena sistem ganjil genap.

Baca Juga

Pemprov DKI Sediakan 17 Rute Jalur Sepeda di Jakarta

Adapun terdapat tiga fase uji coba jalur sepeda di Ibu Kota. Fase 1 di Jalan Medan Merdeka Selatan - Jalan Pemuda yang dilaksanakan uji coba pada 20 September 2019-11 Oktober 2019.

Kemudian, Fase 2 sepanjang Jalan Jenderal Sudirman-Jalan RS Fatmawati Raya digelar pada 12 Oktober 2019-1 November 2019, selanjutnya Fase 3 sepanjang Jalan Tomang-Jatinegara pada 2 November-19 November 2019. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH