Film

5 Hal Tidak Logis dalam Film 'Titanic'

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Kamis, 23 Juli 2020
5 Hal Tidak Logis dalam Film 'Titanic'
Banyak hal tidak logis di film 'Titanic' (Foto: collider.com)

SERINGKALI kita perlu mengorbankan logika dan alasan hanya untuk menikmati film. Penonton akan mengabaikan kejadian yang tidak realistis dan terus maju mengikuti alur cerita. Begitulah industri ini bekerja.

Namun demikian, sisi kritis membuat kita mudah jengkel dan bertanya-tanya tentang berbagai hal tidak logis dalam sebuah film.

Baca juga:

Poster Marvel Eternals Bocor di Instagram Ma Dong-Seok, Kebetulan?

Film legendaris sekelas Titanic pun bisa membuat kita kesal akan ketidaklogisannya. Berikut lima hal tidak masuk akal dalam film Titanic menurut Screen Rant:

1. Rose menghilang begitu saja

Momen Rose selamat dari kecelakaan kapal Titanic (Sumber: 20th Century Fox)

Di akhir cerita, Rose yang selamat tidak kembali bertemu dengan keluarganya yang lebih dahulu selamat. Sungguh aneh tidak ada seorang pun dari relasinya yang berhasil melacak keberadaannya, mengingat betapa kaya keluarga dan teman-temannya. Yang lebih menarik adalah fakta dia bekerja sebagai aktris setelah kekasihnya menemui ajalnya.

Banyak penonton yang berspekulasi itu terjadi karena Rose mengubah namanya dari Rose DeWitt Bukater menjadi Rose Dawson, nama yang jelas tidak muncul di manifes kapal. Namun tetap saja itu terasa aneh karena tidak seorang pun keluarganya yang mencoba terhubung dengannya.

2. Rose menjatuhkan perhiasan bernilai fantastis

Rose membuang kalungnya setelah menyimpannya berpuluh-puluh tahun (Sumber: 20th Century Fox)

Dalam adegan yang tak terlupakan yakni saat Jack menggambar Rose, ia terlihat mengenakan kalung Heart of the Ocean. Dirinya terus menyimpan permata itu sepanjang waktu.

Beberapa puluh tahun kemudian ketika ia datang ke atas kapal Keldysh, Rose justru menjatuhkannya di atas lokasi kecelakaan kapal Titanic. Dirinya meletakkan kalung tersebut agar bisa beristirahat bersama Jack.

Meskipun terdengar manis dan mengharu biru, ia telah membakar jutaan dolar. Banyak penonton yang berpikir tindakan tersebut benar-benar bodoh. Dia bisa saja menjual permata itu atau memberikannya dengan alasan yang layak.

3. Seharusnya Jack Meninggal lebih cepat dan Rose tidak akan bertahan

Jack dan Rose seharusnya tidak bertahan lama di air karena hipotermia akut (Sumber: 20th Century Fox)

Dalam buku tentang bencana berjudul, Unsinkable oleh Daniel Allen Butler disebutkan sebagian besar orang yang memasuki air dingin minus 2 derajat celcius akan meninggal dalam waktu kurang dari 30 menit.

Itu berarti Jack yang sudah berada di air akan langsung meninggal saat itu. Sementara Rose tidak bisa bertahan untuk menceritakan kisahnya karena hipotermia. Hal tersebut tentu tidak sesuai dengan tujuan film, tetapi setidaknya itu akan lebih masuk akal dan lebih akurat.

Baca juga:

4 Nilai Kehidupan yang Bisa Diambil dari Film Animasi 'Onward'


4. Sejarah yang tidak akurat

Jack menceritakan sebuah danau yang baru dibuat lima tahun setelah kecelakaan Titanic (Sumber: 20th Century Fox)

Film ini bekerja dengan sangat baik untuk memberikan pengalaman nyata pada tahun 1914 kepada penonton. Walau demikian Titanic dipenuhi dengan ketidakakuratan sejarah. Salah satunya yakni penumpang kelas tiga tidak benar-benar terkunci di bawah dek tetapi kelas-kelasnya dipisahkan.

Ketatnya pemisahan tersebut membuat penumpang kelas tiga tidak diizinkan masuk ke kelas pertama sama sekali demikian pula sebaliknya. Rasanya tidak masuk akal jika Rose dan Jack dapat berjumpa sesuka hati.

Ketidaktepatan paling aneh lainnya yakni saat Jack menceritakan pengalamannya memancing di danau Wissota, Wisconsin. Padahal danau tersebut baru dibuat lima tahun setelah kapal Titanic tenggelam.

5. Ayunan kapak Rose tidak membuat tangan Jack cedera

Rose piawai memukul kapak tanpa mencederai Jack (Sumber: 20th Century Fox)

Dalam salah satu adegan tampak Rose berusaha menyelamatkan kekasihnya yang diborgol di bawah dek. Ia menebaskan sebuah kapak ke borgol tersebut. Bagaimana bisa dia tidak mencederai tangan Jack ketika dia memukul dengan kapak?

Pada kenyataannya, seorang pemula membutuhkan setidaknya tiga bulan atau lebih untuk mencapai sasaran yang sangat tepat. Kita mungkin tidak pernah tahu Nona DeWitt Bukater memiliki kemampuan melempar kapak sehingga dapat melakukannya dengan begitu baik. (avia)

Baca juga:

Film Disney 'Mulan' akan Mengubah Total Perspektif Kamu

#Film
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan