5 Hal Tentang Neri Oxman, Gebetan Baru Brad Pitt Brad Pitt dan Neri Oxman tepergok menghabiskan waktu berdua. (foto: Instyle)

MESKIPUN masih dalam proses mengurus detail perceraian dengan Angelina Jolie, Brad Pitt terlihat telah kembali ke dunia kencan.

Baru-baru ini, aktor tampan itu terlihat menghabiskan waktu berduaan dengan profesor MIT, Neri Oxman. Page Six TV melansir keduanya punya minta yang sama terhadap desain dan arsitektur. Meskipun punya kegemaran sama, keduanya saat ini dikabarkan belum resmi berkencan, hanya terlibat hubungan pertemanan secara profesional.

Pitt memang dikenal sebagai pencinta arsitektur. Ia bahkan mendirikan Yayasan Make it Right yang membangun perumahan murah dan ramah lingkungan di New Orleans untuk mereka yang membutuhkan. Ia dan Oxman bertemu dalam senuah proyek arsitektur di MIT.

Selain sebagai seorang arsitek kenamaan, berikut 5 hal tentang Neri Oxman.


1. Lahir di Israel

Oxman lahir di Haifa, Israel. Ayahnya ialah warga negara Amerika, sedangkan ibunya ialah warga asli Israel. Keduanya merupakan arsitek kenamaan. Terlahir di keluarga berdarah seni desain, Oxman menikmati masa kecilnya mengeksplorasi taman di rumah neneknya dan studio arsitek kedua orangtuanya. Eksplorasi masa kecilnya itu kemudian tecermin dalam karya aestetis arsitektur yang ia kerjakan.

Setelah menjalani pendidikan di Yerusalem dan London, Oxman berimigrasi ke Amerika Serikat pada 2005. Di AS, ia belajar di bawah mentor ahli desain William J Mitchell di MIT. Pada 2010, ia menjadi profesor di MIT dan tetap bertahan di universitas ternama tersebut hingga kini.


2. Karyanya yang terkenal terbuat dari ulat

The Silk Pavilion karya Oxman. (foto: Dezeen)

Dengan menggunakan kombinasi antara robot dan ulat sutra, Oxman menyelesaikan proyeknya yang terkenal, struktur seperti kubah yang diberi nama The Silk Pavilion pada 2003.

Terinspirasi dari tenunan kepompong ulat sutra, bangunan itu dibuat oleh 6.500 ulat sutra hidup yang ditempatkan di dasar sebuah struktur yang dibuat oleh sebuah lengan robotik. Hasil akhir desian tersebut ialah menunjukkan perpaduan antara karya manusia dan desain alam.

"Kami berhasil memetakan gerakan ulat sutra saat mereka membangun kepompong mereka," ujar Oxman kepada Dezeen.


3. Memenangi banyak penghargaan

neri oxman
Ditahbiskan sebagai perempuan Yahudi tercantik 2012 versi Shalom Life. (foto: harpersbazaar)

Karya-karya spekatkuler Oxman telah banyak dipuji dan ditampilkan di sejumlah museum. Ia bahkan pernah menggelar pameran di Museum of Modern Art dan Boston’s Museum of Science.

Pada 2014, Oxman menerima Vilcek Prize in Design, Medali Collier MIT pada 2016, penghargaan Carniege Pride of America di 2014, Earth Award untuk Future Crucial Design pada 2009, dan penghargaan Holcim Foundation Next Generation pada 2008.

Selain itu, Shalom Life menobatkan Oxman sebagai perempuan Yahudi paling bertalenta, pintar, lucu, dan tercantik pada 2012.


4. Pernah menikah

Meski amat menjaga privasinya, Oxman diketahui pernah menikah dengan komposer Osvaldo Golijov. Keduanya menikah pada 2011. Tak ada yang tahu kapan tepatnya keduanya bercerai. Oxman pun tak mau mengomentari perceraiannya dengan Golijov. Baru pada 2017 Oxman bercerita kepada W Magazine bahwa ia tak punya anak dari pernikahannya tersebut.


5. Pernah sebut nama Pitt dalam wawancara

Dalam wawancara dengan W Magazine di 2017, Oxman menyebut nama Brad Pitt dan George Clooney. Saat itu, Oxman menyebut kedua aktor tampan sebagai contoh stereoptipe pria idola.

"Kita melihat banyak penggemar Brad Pitt dan George Clooney, itu bagian dari sifat alami manusia untuk mengidolakan stereotipe tertentu," ujarnya.(dwi)

Kredit : dwi


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH