5 Hal Ini yang Menyebabkan Kamu Terserang Asma Hindari hal ini agar tak terserang asma (Sumber: Boldsky)

Asma adalah penyakit paru-paru yang ditandai dengan sesak nafas, batuk, penyempitan dan penyumbatan jalan nafas. Penyakit ini tidak bisa diremehkan karena mampu menyebabkan kematian. Berdasarkan data dari WHO, kematian akibat asma mencapai 24.773 orang atau sekitar 1,77 persen dari total jumlah kematian penduduk.

Serangan asma sendiri terjadi ketika kamu terkena pemicu asma. Nah, dilansir dari Bondsky, berikut ini adalah beberapa pemicu yang paling umum. Hindari mereka ketika dokter sudah mendiagnosismu memiliki penyakit asma.

1. Tungau debu

Tungau debu (Sumber: Pixabay/JerzyGorecki)
Tungau debu (Sumber: Pixabay/JerzyGorecki)

Tungau debu ditemukan di hampir setiap rumah terutapa yang jarang dibersihkan. Mereka adalah pemicu paling umum untuk serangan asma. Guna mencegahnya gunakan sarung bantal dan seprai. Singkirkan juga boneka binatang dari kamar dan cuci seprai dan sarung bantal setiap sepekan sekali.

2. Hewan peliharaan

Hewan peliharaan (Sumber: Pixabay/Lepale)
Hewan peliharaan (Sumber: Pixabay/Lepale)

Hewan peliharaan adalah salah satu pemicu asma, meskipun tidak untuk semua penderita. Oleh karena itu kamu harus menjauhinya. Reaksi asma terjadi ketika kamu alergi terhadap protein yang ditemukan di serpihan kulit, urin, bulu, atau air liur hewan.

3. Jamur

Jamur (Sumber: Pixabay/jarmoluk)
Jamur (Sumber: Pixabay/jarmoluk)

Jika rumah kamu lembab dan lama tak ditinggali, biasanya akan ditumbuhi jamur. Jika dibiarkan, hal itu bisa menyebabkan kamu terserang asma. Singkirkan jamur dengan menggunakan AC atau dehumidifier untuk menjaga tingkat kelembaban.

4. Asap tembakau

Asap tembakau (Sumber: Pixabay/geralt)
Asap tembakau (Sumber: Pixabay/geralt)

Asap tembakau terutama bekas dihisap oleh seseorang mampu menyebabkan asma. Jika kamu tidak ingin terserang asma, sebaiknya hindari area merokok. Selain menyebabkan asma, perokok pasif memiliki resiko terserang penyakit dua kali lipat dibandingkan perokok aktif.

5. Asap dari pembakaran rumput atau kayu

Asap pembakaran (Sumber: Pixabay/12019)
Asap pembakaran (Sumber: Pixabay/12019)

Menghirup asap pembakaran mampu menyebabkan asma. Hal itu karena asap terdiri dari gas berbahaya dan partikel kecil yang dapat mengiritasi paru-paru. Oleh karena itu hindari area-area yang terlalu banyak asapnya.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH