Hari Perempuan Sedunia

5 Hal ini Sudah Jadi Sesuatu yang Umum Dilakukan oleh Para Perempuan

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Jumat, 08 Maret 2019
5 Hal ini Sudah Jadi Sesuatu yang Umum Dilakukan oleh Para Perempuan
Beberap hal yang juga bisa dilakukan oleh perempuan (Foto: pixabay-AdinaVoicu)

MEMPERINGATI Hari Perempuan Internasional, sekarang perempuan juga punya kesempatan dan hak yang sama seperti laki-laki. Namun seringkali ada stigma dalam masyarakat yang membuat perempuan tidak boleh melakukan beberapa hal ini.

Padahal sebenarnya perempuan juga bisa melakukan beberapa hal di bawah ini lo, bukan hanya kaum lelaki saja. Hal sederhana apa saja ya yang bisa dilakukan perempuan?

1. Menyatakan perasaan duluan

5 Hal ini Bisa Juga Dilakukan oleh Kamu Para Perempuan
Perempuan juga boleh menyatakan perasaannya duluan (foto: pixabay/mohamed_hassan)


Biasanya sih stigma yang ada di masyarakat Indonesia mengharuskan perempuan untuk menunggu pernyataan cinta duluan dari laki-laki. Soalnya gengsi kalau perempuan yang menyatakan duluan.

Padahal pikiran ini sudah kuno banget lo. Sekarang, perempuan juga boleh menyatakan perasaannya duluan. Buat apa takut? Perempuan kan juga punya hak yang sama dengan laki-laki.

Jadi sekarang enggak usah menunggu-menunggu terus deh, langsung katakan saja. Siapa tau dia juga menyukaimu.

2. Menempuh pendidikan setinggi-tingginya

5 Hal ini Bisa Juga Dilakukan oleh Kamu Para Perempuan
Menempuh pendidikan setinggi-tingginya (foto: pixabay/ptksgc)


"Ngapain sekolah tinggi-tinggi? Nanti juga kerjanya di dapur". Nah, stigma yang seperti ini harus banget dibuang jauh-jauh. Semua orang, baik laki-laki maupun perempuan berhak lo untuk mengeyam pendidikan setinggi-tingginya.

Apalagi mendapatkan pendidikan yang tinggi bukan hal yang sia-sia. Sekarang perempuan jangan takut untuk belajar sampai ke negeri Cina. Perempuan kan juga boleh untuk mengejar impiannya, enggak cuma laki-laki saja!

3. Menjadi pemimpin

5 Hal ini Bisa Juga Dilakukan oleh Kamu Para Perempuan
Perempuan juga harus jadi pemimpin (foto: pixabay/089photoshootings)


Kalau biasanya pemimpin adalah laki-laki, sekarang perempuan juga harus melangkah dan mengambil kesempatan untuk jadi pemimpin.

Walaupun sekarang sebenarnya sudah banyak sosok perempuan yang jadi pemimpin, namun masih saja ada anggapan di beberapa tempat yang merasa perempuan tidak cocok jadi pemimpin.

Padahal kadang perempuan juga bisa mengemban tanggung jawab ini lo dan mungkin saja bisa melakukannya lebih baik. Jadi yakin masih mau ngelarang-ngelarang perempuan untuk jadi pemimpin?

4. Pay the bills

5 Hal ini Bisa Juga Dilakukan oleh Kamu Para Perempuan
Jangan malu untuk membayar (foto: wsmv.com)


Malu kali kalau zaman sekarang masih terus berharap dibayarin pasangan. Sebagai perempuan, kamu juga harus gengsi dong.

Enggak selamanya perempuan harus dimanja. Dengan ikut membayar, kamu menempatkan dirimu setara dengan laki-laki. Kamu juga punya kemampuan untuk membayar tanpa perlu selalu dibayari.

5. Mengejar karir

5 Hal ini Bisa Juga Dilakukan oleh Kamu Para Perempuan
Jangan ragu untuk berkarir (foto: pixabay/FotografieLink)


Biasanya masyarakat Indonesia, apalagi yang masih kuno tidak memperbolehkan perempuan punya karir tinggi. Katanya sih tugas utama perempuan itu mendampingi pasangannya.

Tapi apakah itu artinya mengorbankan mimpi dan cita-citamu? Sepertinya enggak deh. Sebagai perempuan, kamu juga punya hak untuk berkarir dan mengejar passion kamu. Jangan mau kalah dan terintimidasi sama laki-laki. Percayalah kalau kamu juga bisa melakukannya.

Itulah beberapa hal sederhana yang enggak cuma bisa dilakukan sama laki-laki saja, tapi perempuan juga bisa melakukannya. (sam)

#Hari Perempuan Sedunia #Hari Perempuan Internasional
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan