5 Hal Baik yang Sangat Mungkin Terjadi saat Kamu Terlepas dari Media Sosial Hal-Hal baik yang mungkin terjadi saat kamu lepas dari Media Sosial (Foto: Pexels rawpixel.com)

SAAT terjadi gangguan pada tiga sosial media yang paling banyak dipakai orang-orang untuk berkomunikasi satu sama lain di sekolah, kampus, maupun tempat kerja. Kamu akan sedikit menjauh atau bahkan tidak menyentuh ponsel sama sekali karena tidak banyak yang bisa kamu lakukan dengan ponsel pintarmu. Jangan salah hal tersebut juga memiliki sisi positif, berikut beberapa hal baik yang mungkin terjadi ketika kamu lepas dari media sosial.

1. Apa yang Kamu Kerjaan akan Lebih Cepat Selesai

5 Hal Baik yang Sangat Mungkin Terjadi saat Kamu Terlepas dari Media Sosial
Kerjaan Kamu Akan Lebih Cepat Selesai (Foto: Pexels/bruce mars)

Kamu tidak akan peduli untuk chatting sana sini, dan kamu akan semakin lebih produktif dalam menyelesaikan tugas-tugas kamu.

Faktanya, American Psychological Association mengklaim bahwa menggunakan media sosial sembari melakukan pekerjaan, akan mengurangi tingkat produktivitas kamu hingga 40 persen.

Bagaimana jika kamu lepas dari media sosial kamu dan lakukan pekerjaan kamu sepenuhnya? Apapun yang kamu kerjakan akan lebih cepat selesai.

2. Kreativitasmu Akan Semakin Meningkat

5 Hal Baik yang Sangat Mungkin Terjadi saat Kamu Terlepas dari Media Sosial
Kreativitas Kamu Akan Semakin Meningkat (Foto: Pexels/Jhonis Martins)

Kebiasaan kamu dalam bersosial media ternyata bisa mengurangi kreativitas kamu lho! Dr. Cantor selaku psikolog berkata bahwa kunci dari pikiran yang imajinatif adalah yang bekerja tanpa berpikir untuk melihat media sosial.

Melepaskan media sosial supaya pekerjaan kamu lebih sempurna adalah ide yang bagus. Silent ponsel pintar kamu dan lakukan pekerjaanmu.

3. Stres Dalam Diri akan Berkurang

5 Hal Baik yang Sangat Mungkin Terjadi saat Kamu Terlepas dari Media Sosial
Stres Dalam Diri Kamu Akan Berkurang (Foto: Pexels/Andre Furtado)

Karena kamu terlalu banyak mengakses media sosial dimana saja bahkan 24 jam hanya untuk melihat timeline, akan meningkatkan cortisol kamu, salah satu hormon pemicu stres.

Jika hormon itu ada dalam diri kamu terus menerus dampaknya dapat mempengaruhi otak kamu, seperti daya ingat kamu yang menurun dan depresi. Menjauh dari mediasosial dapat mengurangi level cortisol tersebut, membuat dirimu lebih kalem dan lebih fokus.

4. Kamu Akan Lebih Percaya Diri

5 Hal Baik yang Sangat Mungkin Terjadi saat Kamu Terlepas dari Media Sosial
Kamu Akan Lebih Percaya Diri (Foto: Bruce Mars)

Ini untuk kamu yang suka banget share foto-foto yang terbaik di media sosial agar bisa terlihat bahagia oleh orang lain.

Ternyata hal buruk ini bisa mempengaruhi kamu untuk membanding-bandingkan diri kamu dengan orang lain, dan bisa juga meningkatkan gejala depresi karena hal ini.

Berhenti untuk menggunakan media sosial bisa membuatmu lebih bahagia karena kepercayaan diri kamu karena hidup tanpa membanding-bandingkan.

5. Waktu Tidur Kamu akan Lebih Banyak

5 Hal Baik yang Sangat Mungkin Terjadi saat Kamu Terlepas dari Media Sosial
Waktu Tidur Kamu Akan Lebih Banyak (Foto: Daria Shevtsova)

Jika kamu terlalu sering membuka sosial media 24 jam hanya untuk melihat mention, mengeksplorasi timeline, dan bahkan melakukan hal-hal yang tidak perlu untuk dilakukan hinga berlarut-larut.

Melepas ponsel pintarmu dari media sosial dapat menjaga pola tidur kamu sehingga kamu akan lebih banyak energi untuk beraktivitas. (dnz)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH