5 Gunung di Magelang ini Sering Diburu Pendaki Seorang pria berdiri di puncak gunung untuk menikmati panorama indah. (Foto: Pexels)

Mendaki gunung tak hanya menenangkan pikiran, melainkan juga dapat meningkatkan kesehatan jantung serta membuat Anda lebih bahagia. Ingin mendapatkan manfaat-manfaat tersebut? Pergilah ke salah satu gunung yang ada di Magelang, Jawa Tengah ini. Gunung-gunung tersebut memang biasa diburu para pendaki yang suka tantangan.

Gunung Merapi

Puncak Gunung Merapi, Magelang. (Foto: Instagram/rian_triprayogo)

Lereng sisi selatan Gunung Merapi ini masuk ke Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sisi tenggara terletak di Kabupaten Klaten. Utara dan timur masuk Kabupaten Boyolali. Sementara sisi barat berada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Magelang dan Yogyakarta merupakan dua kota terdekat dari gunung yang berada pada ketinggian 2.930 mdpl ini. Bagi Anda para pendaki, ada 2 jalur yang bisa dipilih untuk sampai ke puncak. Pertama, Anda bisa melewati sisi selatan, yaitu Desa Kinahrejo. Jalur kedua, disarankan bagi pemula, ialah jalur utara.

Saat berkunjung ke sana, jangan lupa mampir ke Ketep Volcano Theater untuk menikmati film yang mengisahkan fenomena Gunung Merapi.

Gunung Merbabu

Gunung Merapi dan Gunung Merbabu dari Gunung Andong (Foto: Instagram/Milan2707b)

Gunung Merbabu memiliki ketinggian 3.145 Mdpl. Bagian Barat Gunung Merbabu masuk ke Kabupaten Magelang. Bagian Timur, Kabupaten Boyolali.

Dari puncak Gunung Merbabu, Anda bisa menikmati gunung-gunung tertinggi di jawa, matahari terbit, dan padang rumput yang menawan.

Untuk menuju ke sana, Anda bisa melalui Jalur Wakas dari Magelang, Jalur Selo dari Boyolali, atau jalur Cunthel dari Kopeng, Salatiga.

Gunung Sumbing

Pemandangan dari puncak Gunung Sumbing (Foto: Instagram/rafaelkaswara)

Dengan ketinggian 3.371 Mdpl, Gunung Sumbing merupakan destinasi tepat bagi para pencari tantangan. Lokasinya terletak di sebelah barat Magelang, berbatasan dengan Kabupaten Temanggung dan Wonosobo. Ada beberapa jalur alternatif yang bisa ditempuh, yakni jalur Cepit Parakan di sisi Timur, jalur Bogowongso di sisi Barat, dan jalur Desa Garung di sisi Utara.

Keindahan yang dapat Anda nikmati saat berada di sana ialah hutan pinus, matahari terbit dan terbenam, kawah, serta savana.

Pegunungan Menoreh

Pemandangan dari Gunung Menoreh (Foto: Instagram/iskandar_zulkarnainnn)

Terletak di sebelah barat daya Magelang dan sebelah Timur Kabupaten Purworejo. Siapkan mata anda untuk melihat keindahan bunga anggrek bermekaran dan persiapkan jemari anda untuk meraih puncak Angkrem.

Jangan lupa siapkan kamera atau ponsel dengan resolusi tinggi untuk berpose di puncak Angkrem. Foto-foto tersebut pasti akan mengundang jumlah "like" di Instagram.

Gunung Telemoyo

Gunung Telemoyo (Foto: Instagram/sabiq_bloko)

Terletak di Kabupaten Semarang dan Magelang dengan ketinggian 1.894 mdpl. Dari Gunung Telemoyo, Anda dapat menikmati indahnya panorama Rawa Pening dan deretan gunung di sekitar Gunung Telemoyo.

Aktivitas lain yang tidak boleh dilewatkan ialah menyaksikan pemandangan indah dari landasan paralayang. (Bing)

Baca juga berita terkait: Cantiknya Kampung Pelangi di Semarang



Kapten

LAINNYA DARI MERAH PUTIH