K-Pop

5 Guinness World Record Baru untuk BTS

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Kamis, 27 Mei 2021
5 Guinness World Record Baru untuk BTS
Ada lima GWR baru untuk BTS sehingga totalnya nama mereka sudah tercatat untuk 23 rekor. (Foto: HYBE Labels)

LEWAT lagu terbarunya berjudul Butter, BTS menambahkan deretan panjang plakat rekor baru ke dalam kantongnya. Pada 21 Mei 2021 pukul 11:00 WIB, RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook sukses besar melelehkan hati ARMY di seluruh dunia.

Mereka berhasil mengalahkan berbagai rekor yang tadinya dipegang oleh mereka sendiri melalui lagu lamanya, Dynamite. Pencapaian impresif ini tentunya tak luput dari perhatian Guinness World Records.

Baca juga:

BTS Sukses Melelehkan Hati ARMY dengan Lagu 'Butter'

Hanya berselang empat hari setelah perilisan Butter, BTS ditahbiskan dengan bukan hanya saru, tapi lima Guinness World Records. Lagu dance pop itu memecahkan rekor dunia untuk penoton terbanyak pemutara perdana video musik di YouTube. Pihak YouTube mengonfirmasi bahwa Butter berhasil mengumpulkan 3,9 juta penonton bersamaan pada puncaknya di YouTube.

Selain video musik, lagu berbahasa Inggris kedua dari BTS itu juga mendapatkan titel 'pemirsa terbanyak untuk pemutaran perdana video [apa pun] di YouTube'. Septet itu berhasil memecahkan rekor sebelumnya yang dibuat oleh mereka sendiri dengan lagu Dynamite.

24 jam kemudian, Butter juga langsung memecahkan GWR. Selain menjadi video musik YouTube yang paling banyak ditonton dalam 24 jam oleh grup K-pop, video itu juga memecahkan rekor keseluruhan untuk 'video musik YouTube yang paling banyak ditonton dalam 24 jam' oleh artis manapun.

Menurut angka resmi YouTube, video musik Butter meraih 108,2 juta penayangan dalam 24 jam pertama peluncurannya. Sebenarnya melalui pantauan publik video itu sudah mencapai 112,8 juga. Namun, angka terakhir setelah perhitungan terakhir diketahui berkurang 4,2 juta.

Sedangkan terakhir, Guinness World Records secara resmi mengakui bahwa Butter telah memecahkan rekor dunia untuk 'lagu yang paling banyak diputar di Spotify dalam 24 jam pertama'.

Menurut angka resmi platform tersebut, single baru BTS ini telah di-streaming 11.042.335 kali dalam 24 jam pertama perilisannya, memecahkan rekor sebelumnya yaitu 10.977.000 streaming yang dibuat oleh Ed Sheeran dan lagu hit Justin Bieber tahun 2019, I Don't Care dan Nonstop milik Drake dengan 9.290.000.

Baca juga:

Billboard Music Awards 2021 Belum Mulai, BTS Sudah Menang 3 Penghargaan

5 Guinness World Record Baru untuk BTS
Kurang dari seminggu, BTS sudah menyabet lima Guinness World Records baru dengan lagu Butter. (Foto: HYBE Labels)

Dengan pencapaian terbaru ini, BTS sekarang memiliki total 23 Guinness World Records yang mengesankan. Bulan lalu, BTS merebut posisi Coldplay sebagai 'grup yang paling banyak streaming di Spotify' dengan gabungan 16,3 miliar streaming pada 27 April. (Pada saat itu, Coldplay telah mengumpulkan total 16,1 miliar streaming.)

Awal tahun ini, BTS juga meraih Guinness World Records untuk 'minggu terbanyak di No. 1 di Billboard's Digital Song Sales Chart'. Serta piala 'Nickelodeon terbanyak' Kids 'Choice Awards yang pernah dimenangkan oleh grup musik.

Melihat hal ini, harapan Suga dan BTS untuk kembali dilirik Grammy Awards mungkin saja bisa terwujud. Selamat untuk BTS dan ARMY atas pencapaian ini. Mari kita nantikan rekor-rekor apa lagi yang dipecahkan ketujuh personel. (sam)

Baca juga:

Jadi Musisi Asia Pertama, BTS Tampil di Cover Rolling Stone

#BTS #Musik #K-Pop #Guinness World Records
Bagikan
Ditulis Oleh

Samantha Samsuddin

Be the one who brings happiness
Bagikan