5 Gaya Hidup Terbaik untuk Mengontrol Diabetes Ilustrasi diabetes (Sumber: Pixabay/stevepb)

DIABETES bukanlah penyakit sembarangan. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), setiap tahunnya kematian akibat penyakit ini terus meningkat. Di Indonesia, diabetes adalah penyakit mematikan ketiga setelah stroke dan jantung.

Penyakit ini bisa ditangani dengan gaya hidup sehat. Berdasarkan penelitian, gaya hidup sehat mampu mengatasi bahkan mengobati diabetes terutama tipe 2. Dilansir dari Boldsky, berikut ini pola hidup sehat yang bisa kamu terapkan untuk mengontrol diabetes.

1. Konsumsi makanan sehat

Konsumsi makanan sehat (Sumber: Pixabay/silviarita)
Konsumsi makanan sehat (Sumber: Pixabay/silviarita)

Agar bisa mengendalikan diabetes di tubuhmu, sangat penting untuk mengikuti diet sehat yang terdiri dari karbohidrat, serat, ikan kaya omega-3 dan lemak baik. Fokus pada biji-bijian utuh, sayuran dan buah-buahan yang akan meminimalkan risiko diabetes mellitus.

2. Pelajari perhitungan karbohidrat

Pelahari perhitungan karbohidrat (Sumber: Pixabay/RitaE)
Pelahari perhitungan karbohidrat (Sumber: Pixabay/RitaE)

Kamu harus mengetahui jumlah karbohidrat yang ada di dalam makanan. Karena bukan rahasia lagi kalau diabetes sangat berkaitan erat dengan asupan karbohidrat. Selain itu membuat perhitungan yang tepat akan membantu kamu mendapatkan jumlah insulin sesuai kebutuhan.

3. Pastikan konsumsi makanan seimbang

Mengonsumsi makanan seimbang (Sumber: Pixabay/RitaE)
Mengonsumsi makanan seimbang (Sumber: Pixabay/RitaE)

Guna mempertahankan kadar insulin, rencanakan setiap kali makan untuk memiliki campuran buah-buahan, sayuran, protein dan lemak sehat. Sangat penting untuk memperhatikan jenis karbohidrat yang kamu pilih. Beberapa karbohidrat seperti sayuran, biji-bijian dan buah-buahan mengandung karbohidrat rendah dan serat. Hal tersebut akan membantu menjaga kadar gula darah.

4. Olahraga

Olahraga untuk gaya hidup sehat (Sumber: Pixabay/stevepb)
Olahraga untuk gaya hidup sehat (Sumber: Pixabay/stevepb)

Aktivitas fisik adalah perubahan gaya hidup penting untuk mengatasi masalah diabetes. Saat kamu mulai berolahraga, otot menggunakan gula untuk energi dan membantu tubuh menggunakan insulin lebih efisien. Kamu keluar untuk berjalan, berlari atau aktivitas olahraga lainnya.

5. Berhenti merokok

Berhenti merokok (Sumber: Pixabay/Myriams-Fotos)
Berhenti merokok (Sumber: Pixabay/Myriams-Fotos)

Merokok sangat berbahaya bagi penderita diabetes, terutama untuk tipe 2. Merokok juga berpeluang meningkatkan masalah kesehatan lain penyakit jantung, penyakit mata, stroke hingga penyakit ginjal. Oleh karena itu, kamu harus berhenti merokok dari sekarang.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH