5 Game Bukti Pemuda Indonesia Mampu Berkiprah di Era Digital Pemuda bangsa harumkan nama Indonesia di pasar global lewat video game (Foto: Pixabay/VanDulti)

SUDAH 91 tahun semenjak sumpah pemuda pertama kali dikumandangkan. Sumpah pemuda merupakan salah satu tiang utama dari perjuangan bangsa kita. Perjuangan tersebut masih berlanjut hingga hari ini. Pemuda Indonesia hingga saat ini masih berjuang untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Salah satunya di bidang industri video game. Tak bisa dipungkiri betapa pesatnya perkembangan industri tersebut belakangan di era serba digital ini. Ternyata tanpa banyak orang sadari, banyak karya (game) anak bangsa yang telah tembus hingga pasar global dan mengharumkan nama Indonesia. Penasaran game-game apa saja? Yuk simak daftar di bawah ini.

Baca juga:

'Fractals of Destiny', Game Karya Anak Bangsa yang Akan Membuatmu Kagum

1. LEGRAND LEGACY: Tale of the Fatebounds

Karya studio ANOTHER INDIE ini cocok buat kamu penggemar genre J-RPG, terlebih buat fans seri Final Fantasy. Gameplay di dalamnya memang mirip dengan game lawas Final Fantasy. Tapi tentunya dengan tambahan fitur-fitur unik miliknya sendiri.

Contohnya tombol Quick Time Event (QTE) yang perlu kamu tekan untuk menguatkan damage jurusmu. Selain itu juga terdapat berbagai minigame yang menghibur jika pemain ingin beristirahat sejenak.

LEGRAND LEGACY: Tale of the Fatebounds awalnya dirilis di Windows saja pada Januari 2018. Tapi akhirnya dirilis di Nintendo Switch pada 24 Januari 2019. Kemudian di PlayStation 4 dan Xbox One pada 3 Oktober 2019.

2. Valthirian Arc: Hero School Story

Game buatan Agate ini menempatkan kamu sebagai kepala sekolah sebuah akademi fantasi. Sepertinya kepala sekolah pada umumnya, kamu bertugas mengelola akademi tersebut.

Contohnya seperti menentukan fasilitas apa yang harus dibangun, menentukan perlengkapan untuk murid-muridmu dan mengirim mereka untuk berpetualang dan mencari pengalaman.

Selain itu, kamu juga dapat bermain sebagai salah satu murid yang sedang bertualang. Game ini dirilis dari 2 Oktober 2018 dan dapat kamu mainkan di PC, PlayStation 4 atau Nintendo Switch.

Baca juga:

Persatukan Komunitas Gamer Indonesia, ExGCon Segera Digelar

3. Infectonator

Seri Infectonator menceritakan bagaimana manusia menghadapi krisis akibat virus yang bisa mengubah orang menjadi mayat hidup atau zombi. Biasanya kita bermain sebagai manusia dalam game zombi. Tapi dalam seri Infectonator (kecuali Infectonator: Survivor), justru kita lah yang menyebarkan virus tersebut.

Seri yang dibuat oleh Toge Production ini berawal hanya dari flash game saja. Buat kamu yang gak tau, flash game adalah game yang ukurannya kecil dan dapat dimainkan lewat browser internet. Tapi karena kepopulerannya, seri ini bisa berkembang dan melahirkan banyak judul baik di PC maupun mobile.

4. DreadOut

Buat pecinta horor atau tertarik dengan cerita hantu Indonesia, kamu wajib mencoba game yang satu ini. Dalam game ini kamu akan bermain sebagai Linda, seorang murid SMA yang sedang berlibur bersama teman-temannya.

Namun mereka tersesat di tengah jalan mereka dan berakhir di sebuah kota tua. Saat mereka menginvestigasi kota tua tersebut, hal-hal mistis mulai terjadi pada mereka dan hanya Linda yang dapat menyelamatkan semuanya.

Gameplay DreadOut mirip dengan seri Fatal Frame dan sukses di pasar global. YouTuber ternama, PewDiePie, pun pernah memainkan game ini. Saking populernya, game ini pun dibuat jadi film yang tayang pada 3 Januari 2019 lalu.

5. Tahu Bulat

Tahu bulat sempat jadi jajanan yang viral di Indonesia. Fenomena tersebut jadi inspirasi pengembang bernama Own Games yang akhirnya membuat game berjudul Tahu Bulat.

Dalam game tersebut kamu bermain sebagai penjual tahu bulat, nantinya pemain harus mengumpulkan uang untuk membuat usaha dan keuntunganmu semakin besar.

Game tersebut dapat diunduh lewat Google Play Store. Tahu Bulat kini telah diunduh lebih dari 5 juta pengguna dan sempat jadi game Android terpopuler. (sep)

Baca juga:

Keren, Indonesia Jadi Latar Tempat Dalam 5 Game Ini



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH