Teknologi

5 Fitur WhatsApp Jarang yang Tahu, Begini Cara Memakainya

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 26 November 2020
5 Fitur WhatsApp Jarang yang Tahu, Begini Cara Memakainya
Fitur whatsapp yang jarang diketahui begini cara memakainya. (Foto: Pixabay/MIH83)

WHATSAPP belakangan ini rajin merilis fitur-fitur baru. Ada banyak fungsi fitur yang menarik ditambahkan oleh WhatsApp. Fitur baru misalnya, pesan yang bisa menghilang sendiri dan management storage untuk menghemat pemakaian memori ponsel.

WhatsApp memiliki fitur pendukung yang sayangnya jarang diketahui oleh para pengunanya. Bahkan mereka tak tahu cara memakainya. Padahal, fitur-fitur ini bermanfaat untuk memudahkan kepentingan pengguna. Mulai dari mencari pesan penting, mengindari penerima pesan masuk. Dilansir cnet, di bawah ini adalah tips mengenai segala macam fitur dan trik tersembunyi di WhatsApp.

Baca Juga:

Microsoft dan Apple Kerja Bareng untuk Bikin Controller Xbox


1. Disappearing messages

wa
Fitur yang memungkinkan menghapus pesan lama secara otomatis. (Foto: Unsplash/Christian Wiediger)


Disappearing messages merupakan fitur WhatsApp yang digunakan untuk menghapus pesan lama dengan sendirinya tujuh hari terhitung sejak pesan tersebut dikirim. Caranya aktifkan otomatis pesan menghilang dengan klik kontak atau nama obrolan di bagian atas layar, pilih ‘pesan menghilang’ kemudian klik ‘hidup’.


2. Always mute

wa
Always mute, fitur yang digunakan untuk mematikan notifikasi percakapan grup atau pribadi. (Foto: lifewire)


Notifikasi grup atau chat pribadi yang terus menurus membuat seseorang akan terganggu, maka fitur Always mute bisa membantu. Dengan cara membuka tekan nama grup atau pribadi yang ingin dimatikan kemudian pilih ikon speaker yang dicoret di bagian atas layar untuk pengguna Android. Dan untuk pengguna iPhone cukup menggeser ke kiri pada bagian room chat yang ingin dimute, lalu klik titik tiga atau ‘more’ kemudian klik mute. Kamu bisa memilih untuk mematikan suara selama 8 jam, satu minggu, atau selalu.


3. Storage management

wa
Storage management akan menyortir file secara otomatis. (Foto: gadget.ndtv)


WhatsApp sering kali membuat memory penuh karena setiap kali menerima kiriman video atau foto akan otomatis tersave. Storage management bisa membuat proses membersihkan jadi lebih mudah dengan cara menyortir file secara otomatis. Cara menggunakannya cukup mudah untuk Android buka pengaturan (setting), pilih obrolan (chat) kemudian klik nonaktifkan visibilitas media (media visibility). Sementara pada iPhone buka pengaturan klik obrolan (chat) dan pilih nonaktifkan simpan ke gallery kamera.

Baca Juga:

Snapchat Hadirkan 'Spotlight' Untuk Libas TikTok ?


4. Read receipts

wa

Nonaktifkan tanda terima baca buat kamu yang selalu menunda untuk membalas chat. (Foto: gadget.ndtv)


Jika kamu tipe orang yang selalu ingin menunda untuk membalas chat tetapi selalu ingin tahu isi chat tersebut, kamu bisa mematikan tanda sudah membaca chat tersebut dengan cara, buka pengaturan (setting), klik akun (account), kemudian pilih privasi (privacy) dan kosongkan centang atau geser tombol di samping baca tanda
terima ke posisi nonaktif atau off (read receipt).


5. Search the web

wa
Search the web fitur yang digunakan untuk memeriksa kebeneran dari pesan yang diforward. (Foto: gadget.ndtv)


Search the web merupakan fitur yang digunakan untuk memeriksa kebenaran dari pesan yang telah diteruskan atau forward berkali-kali. Fitur ini akan muncul jika pesan telah diforward berkali-kali dan disertai dengan dua tanda panah. Ketika sudah ada dua tanda panah, kamu akan menemukan tanda berbentuk kaca pembesar, pada bagian kanan chat bubble. Kemudian di klik, maka pengguna akan segera diantarkan ke situs pencarian web dan otomatis mecari informasi sesuai dengan kata kunci yang ada dalam pesan terusan tersebut. (ans)

Baca Juga:

Rumornya iPhone 6s dan iPhone SE Tidak Mendukung iOS 15

#Teknologi #WhatsApp #Sosmed #Medsos
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan