Film
Pas Sama Suasana Olimpiade, ini 5 Film Olahraga Berdasarkan Kisah Nyata Susi Susanti yang diperankan oleh Laura Basuki. (Foto: YouTube/Film Susi Susanti)

DI masa pertandingan Olimpiade Tokyo 2020 ini, film-film olahraga bisa jadi tontonan terbaik untuk membangkitkan semangat nasionalisme dan mendukung para atlet yang sedang berjuang. Apalagi film tersebut dibuat berdasarkan kisah nyata, bikin kita sebagai penonton ikut merinding ketika menyaksikannya.

Film bertema olahraga ini menjadi pengingat bahwa usaha dan kerja keras tidak pernah mengkhianati hasil. Yuk, nonton lima film Indonesia bertema olahraga yang diangkat dari kisah nyata.

Baca juga:

'Susi Susanti: Love All', Kisah Dedikasi Mengharukan untuk Indonesia

1. Susi Susanti: Love All

Susi Susanti: Love All menyajikan semangat nasionalisme yang dibawa Susi Susanti di ajang pertandingan bulutangkis internasional. Dalam film tersebut, terlihat bagaimana Susi (Laura Basuki) melewati masa-masa ia menjadi atlet remaja yang sukses sampai senior, serta harus memikirkan nasib keluarga dan bangsanya.

Semenjak usia 14 tahun, Susi bergabung di Pemusatan Latihan Nasional Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI). Di sana ia dilatih dan dibimbing oleh Liang Chiu Sia dan membuatnya sukses meraih medali emas Olimpiade pertama untuk Indonesia. Ia bahkan tetap berjuang meski Indonesia sedang mengalami gejolak ekonomi.

Film ini juga banyak menyajikan aksi badminton yang seru, serta drama sentimentil dalam perjuangan Susi meraih kemenangan.

2. 6,9 Detik

Berbeda dengan film Susi Susanti: Love All, 6,9 detik berfokus pada Aries Susanti Rahayu, atlet panjat tebing asal Purwodadi yang memenangkan dua medali emas pada Asian Games Jakarta 2018. Ayu tumbuh dan berkembang dengan berbagai tekanan dan kerja keras yang membautnya harus bersimbah peluh. Ayu pun berhasil menjadi juara dan memecahkan rekor dunia dengan waktu 6,995 detik, mengalahkan rekor sebelumnya 7,101 detik.

Film ini dibintangi oleh Aryo Wahab, Aries Susanti Rahayu, Rukman Rosadi, Maryam Supraba.

3. 3 Srikandi

Film 3 Srikandi mengisahkan perjuangan tiga atlet panahan Indonesia, Lilies Handayani (Chelsea Island), Kusuma Wardhani (Tara Basro), dan Nurfritriyana (Bunga Citra Lestari) yang berhasil meraih medali perak di Olimpiade Seoul, Korea Selatan pada 1988.

Ketiga atlet panahan ini memiliki konflik masing-masing, bahkan sampai diancam tidak diberangkatkan sama sekali. Tapi akhirnya Pak Udi (Donny Damara), pengurus persatuan panahan, berhasil meyakinkan Donald Pandiagan (Reza Rahardian) untuk melatih tiga srikandi. Ketiganya pun akhirnya berhasil mempersembahkan medali Olimpiade pertama untuk Indonesia.

Baca juga:

Bertemakan Olahraga, 6 Film Indonesia ini Menginspirasi

4. Mata Dewa

Mata Dewa menjadi saksi bagaimana perjuangan atlet muda di kancah Liga Basket SMA terbesar di Indonesia. Film ini menceritakan Dewa (Kenny Austin), anggota basket SMA Wijaya yang bertekad untuk membanggakan sekolahnya di ajang Developmental Basketball League (DBL).

Suatu hari, ia menolong Bening (Agatha Chelsea) dari penjambretan dan sang preman memukul mata kiri Dewa hingga babak belur. Dewa pun patah semangat, sampai akhirnya mantan petinju kawakan (Ariyo Wahab) berusaha membangkitkan semangat Dewa untuk tetap bertanding.

5. Cahaya Dari Timur: Beta Maluku

Film ini mengisahkan tentang Sani Tawainella (Chicco Jericho) mantan pemain Tim Nasional U-15 Indonesia di Piala Pelajar Asia 1996. Ia ditugaskan untuk membawa timnya mewakili Maluku di kejuaraan nasional. Namun keputusannya membaurkan anak-anak yang berbeda agam dalam satu tim justru menyebabkan perpecahan. Sanggupkah Sani melalui semua ini dan membawa cerita baik bagi Maluku? (and)

Baca juga:

Dari Komedi hingga Horor, Ini 10 Film Indonesia untuk Ditonton September 2019

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Libur Sekolah, Yuk Didik Anak dalam Bermain Gawai
Fun
Kendrick Lamar Bakal Rilis Proyek Film Live-action Komedi
ShowBiz
Kendrick Lamar Bakal Rilis Proyek Film Live-action Komedi

Bersama pgLang, Kendrick Lamar akan garap film live-action komedi.

Karakter Ibu-Ibu Paling Ikonik di K-Drama
Fun
Karakter Ibu-Ibu Paling Ikonik di K-Drama

Ibu-ibu K-Drama memiliki karakter yang begitu kompleks.

Bikin Meleleh, 6 Aktor Korea ini Jagonya dalam Adegan Ciuman
ShowBiz
Bikin Meleleh, 6 Aktor Korea ini Jagonya dalam Adegan Ciuman

Dibutuhkan banyak pengalaman dan latihan untuk benar-benar menjual gairah adegan ciuman.

IIMS 2021 Akan Hadirkan Sejumlah Program Menarik, Apa Saja?
Hiburan & Gaya Hidup
IIMS 2021 Akan Hadirkan Sejumlah Program Menarik, Apa Saja?

GELARAN otomotif akbar Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) segera digelar secara online, pada tanggal 18 - 28 Februari 2021.

Catat, Ini Tanggal Rilis 'Demon Slayer' Season 2
ShowBiz
Catat, Ini Tanggal Rilis 'Demon Slayer' Season 2

Setelah penantian panjang, Demon Slayer season 2 akhirnya segera tayang.

Alanis Morissette Kritik Dokumenter 'Jagged'
ShowBiz
Alanis Morissette Kritik Dokumenter 'Jagged'

Dia tidak setuju dengan 'agenda cabul'.

Membersihkan Laptop Butuh Ekstra Hati-hati
Fun
Membersihkan Laptop Butuh Ekstra Hati-hati

Laptop adalah benda elektronik yang harus ekstra hati-hati membersihkannya.

Pembuat GTA Sekaligus Pendiri Rockstar Bangun Perusahaan Baru
ShowBiz
Pembuat GTA Sekaligus Pendiri Rockstar Bangun Perusahaan Baru

Kabar itu datang setelah sebuah dokumen pendirian perusahaan yang diajukan di Inggris kurang lebih satu minggu yang lalu.

Set Terbaru ‘Friends Reunion’ akan Dilelang Jadi Aset NFT
Fun
Set Terbaru ‘Friends Reunion’ akan Dilelang Jadi Aset NFT

Beberapa sudah digunakan selama 10 musim serial Friends.