5 Film Hollywood Terbaik yang Mengangkat Karakter Psikopat No Country for Old Men, salah satu film terbaik yang mengangkat karakter seorang psikopat (Foto: medium)

TAHU tentang psikopat? Banyak orang mengatakan bahwa itu adalah kondisi mental 'gila' atau 'sadis'. Tetapi, istilah ini mengacu pada kelompok tertentu dan ciri kepribadian digabungkan dengan pola yang jauh beda dengan perilaku antisosial. Menurut Diagnostik and Statistik Manual Gangguan Mental (DSM), hal tersebut dikenal gangguan kepribadian antisosial. Kondisi kesehatan mental yang nyata ini kemudian sering ditampilkan pada film, tak jarang kondisi tersebut justru yang menjadi nilai jual.

Pakar psikologi sekaligus psikolog dari Kanada, Dr. Robert D. Hare, membuat fitur yang memberlakukan daftar psikopat (PCL-revisi). Sebuah daftar yang mencantumkan beberapa karakteristik seorang psikopat, di antaranya perilaku yang manipulatif, tak ada empati, emosi yang tak stabil, dan lainnya.

Baca juga:

Rekomendasi Film yang Wajib Kamu Tonton Jika Ngefans Parasite

Tidak sedikit film Hollywood yang mengangkat atau memasukkan karakter psikopat lalu kemudian menjadi populer. Berikut beberapa film yang mengangkat kisah atau memasukkan karakter psikopat dalam ceritanya, beberapa di antaranya telah memenangkan penghargaan dan menjadi film thriller terbaik sepanjang masa.

1. The Dark Knight (2008)

View this post on Instagram

sLaughter #joker #heathledger #thedarkknight #batman #brucewayne #dccomics #dc

A post shared by The Dark Knight Trilogy (@thedarkknighttrilogy) on

The Dark Knight dari sutradara Christopher Nolan awalnya tidak diprediksi akan menjadi salah satu karya terbaik dalam industri film Hollywood. Film menyuguhkan salah satu karakter penjahat psikopat, Joker.

Batman dan Joker bermain 'tanpa aturan' dalam film, dan itu sangat sadis bahkan sampai menghancurkan kompas moral dari Batman juga kota Gotham. Heath Ledger memerankan Joker begitu sempurna dan mendapatkan penghargaan untuk film ini.

2. Peeping Tom (1960)

Peeping Tom (1960)
Psikopat sekaligus sineas film (Foto: timeout)

Peeping Tom karya sutradara Michael Powell merupakan satu-satunya film di daftar ini yang efektif dalam pembuatannya. Peeping Tom menceritakan tentang kisah Markus, seorang sinematografer dan pembunuh berantai yang mengabadikan aksinya ke dalam film. Termasuk film yang inovatif dalam eksplorasi psikologis protagonis, seorang lelaki yang menyadari kehancuran perilaku dan berusaha untuk memahaminya.

Reputasi film sudah mengalami transformasi dramatis selama bertahun-tahun dan dipuji oleh Martin Scorsese dan Roger Ebert film itu dianggap sebagai mahakarya. Memang film ini tak langsung menghibur seperti Psycho atau Rear Window, tapi tak diragukan film memberikan pengaruh masa depan film thriller. Quotes psikopat dalam film yang paling diingat adalah, "Do you know what the most frightening thing in the world is? it's fear."

3. Seven Psychopaths (2012)

Sesuai dengan judul filmnya, ada beberapa karakter yang di kualifikasi sebagai psikopat dalam komedi ini. Ditulis dan disutradarai oleh Martin McDonagh. Sam Rockwell yang mencuri pertunjukan, Nya amoral merupakan seorang aktor yang berjuang dengan skema dog-napping saat membantu temannya (Colin Farrell) menyelesaikan permainannya, 'Seven Psychopaths'.

Baca juga:

Judul Film Harley Quinn Diubah. Strategi Marketing?

Film ini sangat refleksif untuk diri juga klise, dan memberikan plot twists dan over-the-top kekerasan untuk memuaskan semua orang. Christoper Walken, Woody Harrelson, dan Colin Farrell memberikan pertunjukan hebat. Sedangkan, Rockwell memiliki karakter sifat sejati dan motivasi tak jelas sampai akhir, tapi malah meninggalkan kesan yang abadi.

4. No Country for Old Men (2007)

5 Film Hollywood Terbaik yang Mengangkat Karakter Psikopat
Masih menjadi film salah satu film psikopat terbaik sepanjang masa (Foto: medium)

Film ini pernah menang dan mendapatkan penghargaan yang disutradarai oleh Coen Brothers, Ethan dan Joel Coen, yang mengklaim status legendaris dan menjadi film drama kejahatan.

Tak ada negara yang mau menampung lelaki tua yang menjadi pemburu dan bisa menemukan setumpuk uang ketika transaksi narkoba menjadi buruk. Tapi sekarang dia dihantui oleh pembunuh tanpa ampun dan mengincar uangnya. Anton Chigurh, yang memaikan peran psikopat oleh Javier Barden yang akan membuatmu ngeri seharian, saat menonton film ini.

5. Nightcrawler (2014)

5 Film Hollywood Terbaik yang Mengangkat Karakter Psikopat
Nightcrawler (Foto: SnapCrackleWatch)

Sutradara Dan Gilroy membuat debut dengan sangat cemerlang dalam sebuah film yang dibintangi Jake Gyllenhaal yang menjadi pencuri kecil dan hanya ingin menghasilkan uang.

Bagaimanapun dia akan menemukan itu untuk syuting adegan kejahatan di kamera dan dibayar untuk melakukan adegan itu. Tapi insting kejahatan meningkat ketika permainan mulai kompetitif. Film ini sangat membuat kita tak nyaman saat menontonnya dan termasuk salah satu film klasik modern abad ini. (bfm)

Baca juga:

Terungkap! Begini Kostum Batman yang akan Dikenakan Robert Pattinson



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH