5 Festival Musik Terbesar di Dunia, Sampai 3 Juta Penonton Festival musik terbesar di dunia mendatangkan penonton ratusan ribu hingga jutaan orang. (Foto: Youtube/Pastimers)

BAGI kamu para pecinta musik, kurang afdal rasanya kalau tidak datang untuk menyaksikan festival musik, setidaknya sekali seumur hidup. Menghadiri festival musik sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian orang. Tidak perlu jauh-jauh keluar negeri, di Indonesia sendiri sudah banyak festival musik yang bisa kamu hadiri, salah satunya adalah Synchronize Festival yang akan digelar pada Oktober 2019.

Menyaksikan pertunjukan musik secara langsung memberikan sensasi yang berbeda ketimbang kamu mendengarkan rekamannya saja. Kamu juga bisa melihat langsung penampilan idolamu dan ikut bernyanyi bersama.

Baca Juga:

Musisi Muda dan Hit Warnai Festival Musik Woodstock Tahun Ini

Karena punya antusias tinggi terhadap musik, bahkan tidak sedikit orang rela mengeluarkan biaya untuk menghadiri festival musik yang berlangsung di luar negeri. Mulai dari konser tunggal hingga konser gabungan. Jumlah penontonnya pun beragam, dari skala kecil hingga skala besar dengan ratusan ribu bahkan jutaan pentonton yang hadir.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut festival musik terbesar di dunia yang mungkin ingin kamu kunjungi.


1. Coachella

(Foto 1) Festival musik Coachella diselenggarakan di area yang sangat luas. Foto by instagram Coachella
Festival musik Coachella diselenggarakan di area yang sangat luas. (Foto: Instagram/Coachella)

Festival musik Coachella mungkin sudah tidak asing lagi bagi para penikmat musik. Ya, boleh dibilang festival asal California, Amerika Serikat ini merupakan salah satu festival musik terbesar di dunia. Festival yang digelar rutin tiap bulan April ini diselenggarakan di lahan yang sangat luas, sekitar 113 hektare.

Sudah banyak artis terkenal yang pernah menghadiri festival ini seperti Justin Bieber, Katy Perry, The Weeknd, hingga Selena Gomez. Penonton yang datang juga mengenakan baju-baju yang fashionable dan unik. Pada April 2020 mendatang, akan ada penampilan dari Ariana Grande, Billie Eilish, Boy Pablo, dan arti terkenal lainnya. Yuk, catat tanggalnya!


2. Glastonbury

(Foto 2) Konser musik Glastonbury yang berlokasi di Pilton, Inggris. Foto by youtube BBC Music
Konser musik Glastonbury berlokasi di Pilton, Inggris. (Foto: Youtube/BBC Music)

Selanjutnya, ada konser musik Glastonbury yang berlokasi di Pilton, Inggris. Bagi kamu pecinta musik rock dan indie, festival ini wajib kamu kunjungi. Pasalnya, konser musik ini memang berfokus pada dua aliran musik tersebut. Festival ini juga disebut sebagai festival musik dengan durasi terpanjang di dunia, yakni selama lima hari.

Tak hanya menyuguhkan musik, Glastonburry juga menampilkan komedi, teater, sirkus, hingga beragam tarian. Diselenggarakan 26 hingga 30 Juni 2019 lalu, deretan musisi yang memeriahkan diantaranya Ed Sheeran, Lauryn Hil, Billie Eilish, hingga Lizzo. Jangan khawatir, tunggu tahun depan ya!

Baca Juga:

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Glastonbury Festival 2019

3. Donauinselfest

(Foto 3) Donauinselfest yang diselenggarakan di dekat sebuah pulau di Austria. Foto by youtube Donauinselfest Wien
Donauinselfest diselenggarakan di dekat sebuah pulau di Austria. (Foto: Youtube/Donauinselfest Wien)

Donauinselfest adalah festival musik yang diselenggarakan setiap tahun di Donauinsel, Wina, Austria. Termasuk dalam festival musik terbesar di dunia, Donauinselfest pernah dihadiri sebanyak 3,1 juta penonton pada 2016 selama tiga hari.

Festival ini berlangsung di area dengan panjang 4,5 km yang tersebar di 11 panggung setiap awal musim panas. Tak hanya mendatangkan musisi dari Austria, Donauinselfest pernah mendatangkan artis dunia seperti Zucchero dan DJ Otto Knows.


4. Summerfest

(Foto 4) Summerfest diadakan untuk me ... musim panas. (Foto: instagram.com/summerfest)
Summerfest diadakan untuk memeriahkan musim panas. (Foto: instagram.com/summerfest)

Seperti namanya, festival musik Summerfest diadakan untuk menyemarakkan musim panas. Summerfest pernah dihadiri lebih dari 800 ribu penonton pada 2016 lalu. Festival musik ini diadakan di pusat kota Milwaukee, Wisconsin, sebuah negara di Amerika Serikat. Tepatnya, Summerfest terletak di Henry Maier Festival Park, bersebelahan dengan Danau Michigan dan kawan pusat bisnis. Harga tiketnya pun cukup murah, yakni US$20 atau sektiar Rp 280 ribu.


5. Woodstock Music and Art Fair

(Foto 5) Woodstock Music and Art Fair pertama kali diselenggarakan pada 1969. Foto by instagram Woodstockwhisperer
Woodstock Music and Art Fair pertama kali diselenggarakan pada 1969. (Foto: Instagram/Woodstockwhisperer)

Festival Woodstock merupakan festival musik dengan aliran musik rock, pop, metal, dan folk yang diselenggarakan di Kota Kostrzyn, Polandia. Festival ini diadakan di tanah peternakan Max Yasgur yang luasnya 240 hektare di Bethel, New York. Pertama kali diadakan pada 1969, festival ini pernah dihadiri lebih dari 750 ribu penonton pada 2014 lalu. (And)

Baca Juga:

Susah Move On di 2018: Karena Deretan Festival Musik Terbesar Ini?


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH