5 Fakta Sony PlayStation One, Konsol Pilihan Gamer 90-an 25 Tahun Membuat PS1 Menjadi Konsol Pilihan di Zamannya (Foto: Sony)

SIAPA sih yang tidak kenal dengan konsol idaman para gamer tahun 90-an? Sony PlayStation pertama adalah salah satu konsol yang menemani para gamer 90-an dengan grafik yang mutakhir pada zamannya. Pada 3 Desember 1994, konsol ini dirilis pada Electronic Entertainment Expo (E3) pada tahun 1995 di Los Angeles, California.

Banyak banget game yang pernah manjakan dunia video game di Indonesia, bahkan game-game tersebut di perbarui demi melestarikan gameplay yang penuh nostalgia seperti Crash Bandicoot, dan juga Final Fantasy VII. Melansir berbagai laman, inilah lima fakta PS1, dari maskot PS1 hingga alasan mengapa banyak orang Indonesia memilih konsol PS1 ini.

Baca juga:

Jangan Ngaku Penggemar PlayStation Kalau Enggak Tahu 5 Aksesori Ini

1. Nintendo PlayStation, purwarupa PS1 yang tidak dirilis

5 Fakta Sony PlayStation One, Konsol Pilihan Gamer 90-an
Nintendo PlayStation, Purwarupa Kerjasama Sony dengan Nintendo (Foto: LADBible)

Sebelum PS1 rilis, Sony ternyata pernah bermitra dengan Nintendo untuk membuat Super Nintendo dengan format CD yang dinamakan Nintendo PlayStation, tetapi industri konsol begitu pesat yang membuat Nintendo memilih untuk bermitra dengan pesaing Sony, yaitu Philips.

Pemutusan mitra dengan Nintendo adalah keputusan terbaik untuk Sony, dan Sony mencoba untuk berdiri sendiri dengan membuat konsol buatannya, yaitu Sony PS1, dengan biaya produksi yang lebih murah dan fitur yang lebih mutakhir untuk bersaing dengan brand lain seperti SEGA yang akan merilis SEGA Saturn pada E3 1995.

2. Simbol di stik PS1 ternyata ada artinya

5 Fakta Sony PlayStation One, Konsol Pilihan Gamer 90-an
Simbol di Stik PS1 yang Memiliki Arti (Foto: Twitter @videogamedeals)

Desainer dari stik PS1, yaitu Teiyu Goto, menjelaskan arti dari simbol pada stik atau controller PS1. Simbol segitiga yang merepresentasikan mengontrol kamera dan perspektif, simbol persegi yang merepresentasikan menu dan peta, dan juga simbol lingkaran dan silang yang merepresentasikan setuju dan tidak setuju.

3. Maskot dari PS1

Toro Inoue adalah maskot yang diperkenalkan pada gamer di Jepang, maskot tersebut memiliki bentuk sebagai kucing berwarna putih. Kamu juga bisa melihat maskot tersebut di konsol dan aksesoris seperti Sony PocketStation, salah satu memory card yang memiliki fitur keren, dan PlayStation Vita, handheld besutan Sony yang dirilis pada 7 Desember 2011. Kamu juga bisa bermain sebagai maskot PS1 pada game PlayStation All-Stars Battle Royale, game yang dirilis pada tahun 2012.

Baca juga:

Cek Detail Fitur 'Joystick' untuk Konsol Sony Playstation 5

4. Waktu yang lama untuk membuat Gran Turismo di PS1

5 Fakta Sony PlayStation One, Konsol Pilihan Gamer 90-an
Pembuatan Gran Turismo yang Memakan Waktu Lama (Foto: The Cutting Room Floor)

Untuk merilis game berbasis balapan dengan grafik yang keren pada tahun 90-an ternyata membutuhkan waktu yang cukup lama, menurut Kazunori Yamauchi selaku desainer dari game Gran Turismo, mendesain game tersebut dari awal hingga fitur yang lebih mendetail membutuhkan waktu hingga 5 tahun.



5. Alasan mengapa PS1 dipilih oleh gamer Indonesia

5 Fakta Sony PlayStation One, Konsol Pilihan Gamer 90-an
PS1 Mudah Untuk Dibajak (Foto: XQ Gaming)

Sebagai konsol berbasis CD, tentu PS1 menjadi konsol yang rentan akan pembajakan. Maka dari itu, hampir semua PS1 yang diekspor ke Indonesia ternyata sudah dipasang chip yang bisa memainkan game bajakan.

Dengan pembajakan tersebut, PS1 adalah konsol dengan harga game satuan yang termurah, mengalahkan konsol besutan Nintendo yakni Nintendo 64 yang berbasis kartrid dan tidak bisa dibajak pada zamannya. (Dnz)

Baca juga:

Jangan Ngaku Fans PlayStation Sejati Kalau Enggak Punya Kotak Makan Ini


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH