5 Fakta Seputar Mood, Anda Perlu Tahu Cuaca dapat memengaruhi mood Anda (Foto: pixabay)

Mood menggambarkan keadaan emosional pada diri Anda, baik (good mood) atau pun tidak (bad mood). Terkadang keadaan ini bisa bersifat sementara bahkan berkepanjangan hingga berminggu-minggu.

Biasanya, perubahan mood dirangsang oleh keadaan luar yang Anda terima atau alami. Misalnya, jika Anda habis dimarahi atasan, tentu mood Anda akan buruk. Wajah Anda mungkin murung, tidak semangat kerja, dan jadi pendiam. Sebaliknya, jika Anda sedang jatuh cinta atau mendapatkan hadiah, tentu mood Anda akan baik, yang ditunjukkan dengan perilaku positif seperti tersenyum ramah kepada semua orang.

Selain itu, ada beberapa fakta seputar mood yang perlu Anda ketahui, berikut ulasannya.

1. Olahraga memperbaiki mood

Saat berolahraga, hormon serotonin akan meningkat, hormon tersebut akan memberikan perasaan bahagia untuk Anda, yang berarti membuat Anda memiliki mood baik (Foto: pixabay)

Anda sedang bad mood? Sebaiknya Anda mulai berolahraga. Sel baru di otak Anda akan tercipta dengan berolahraga, yang bisa meningkatkan aliran darah ke otak. Sehingga, hormon serotonin dan dopamin pun akan meningkat. Kedua hormon tersebut dapat berperan sebagai anti-depresan yang meningkatkan rasa bahagia.

2. Cuaca memengaruhi mood Anda

Cuaca cerah akan membuat mood Anda baik (Foto: pixabay)

Mood bisa bergantung dengan keadaan cuaca sekitar Anda. Sejumlah studi mengungkapkan, mood seseorang cenderung lebih baik saat cuaca cerah. Sebaliknya, saat cuaca dingin atau mendung, keadaan mood bisa menjadi buruk. Saat cuaca hujan atau dingin, Anda menjadi kurang bersemangat, bahkan ingin tidur saja. Anda seperti itu, Sahabat MerahPutih?

3. Mood dapat menular

Jika seseorang sedang mengalami mood baik, bisa jadi Anda bisa tertular saat berada di dekatnya (Foto: pixabay)

Tahukah Anda ternyata seseorang bisa menularkan mood-nya kepada Anda? Misalnya, jika ada seseorang yang tersenyum ke Anda, tanpa Anda sadari senyuman tersebut memicu suatu reaksi di otak Anda. Senyuman orang lain bisa membuat Anda merasa lebih bahagia. Dengan kata lain Anda akan tertular mood baik dari orang lain. Maka, benar bila ada ungkapan, "Bertemanlah dengan orang-orang yang memiliki sikap positif." Hal tersebut dapat memengaruhi Anda untuk juga bersikap positif.

4. Semakin menua, mood semakin baik

Saat mencapai usia tua, mood Anda justru akan bagus. Saat tua, otak hanya akan berfokus pada hal yang positif (Foto: pixabay)

Mungkin Anda berpikir bahwa orang tua itu suka marah-marah. Sebenarnya faktor yang membuat mereka suka marah-marah bukan usianya yang menua, bisa saja masalah lain. Sejumlah penelitian mengungkapkan, semakin menua justru mood Anda akan membaik. Hal ini terjadi lantaran saat tua, otak Anda akan lebih fokus dengan hal-hal positif daripada yang negatif. Itulah yang membuat orang-orang lanjut usia tampak lebih tenang dan bijaksana.

5. Berhenti merokok memperbaiki mood

Ingin mood selalu baik? Berhentilah merokok. (Foto: pixabay)

Perokok pasti tidak akan memercayai hal ini. Bagaimana tidak, banyak orang merokok agar bisa menghilangkan stres. Namun, suatu studi yang dilakukan Universitas Brown, Rhode Island, Amerika Serikat, menemukan bahwa orang yang berhenti merokok bisa menjadi bahagia. Hal ini terjadi karena saat Anda berhenti merokok, kesehatan fisik dan mental Anda semakin baik. Jadi, bagi Anda yang sedang mencoba berhenti merokok, lanjutkan langkah Anda.

Baca juga artikel lainnya mengenai mood: Tips Atasi Bad Mood untuk Kembali Beraktivitas.



Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH