5 Fakta Mengejutkan Tentang Gempa Bumi Terdapat fakta mengejutkan tentang gempa bumi (Foto: Unsplash/Charlie Deets)

BEBERAPA hari lalu Indonesia mengalami gempa bumi yang bersumber di Sukabumi dengan magnitudo sebesar 5.0. Bencana alam tersebut membuat beberapa warga Sukabumi mengalami luka-luka.

Dilansir dari laman DoSomething.org, ada lima fakta mengejutkan tentang gempa bumi. Setidaknya kamu bisa mempelajari sesuatu dari lima fakta mengejutkan tersebut, misalnya:

Baca juga:

Tips Menata Rumah untuk Meminimalisir Dampak Gempa Bumi

1. Gempa bumi dapat memengaruhi jangka hari

Gempa bumi bisa memengaruhi waktu (Foto: Pixabay/PIRO4D).

Pada 11 Maret 2011, gempa berkekuatan 8,9 yang melanda timur laut di Jepang mengubah distribusi massa bumi, sehingga memperpendek hari bumi sekitar 1,8 mikrodetik. Dengan begitu, jangka hari jadi berubah setelah kejadian gempa bumi.

2. Ada jutaan gempa bumi terjadi setiap tahun

Gempa bumi merusak jalan di Italia (Foto: Pixabay marcellomigliosi1956).

The National Earthquake Information Center (NEIC) mencatat rata-rata terjadi 20.000 kali gempa bumi setiap tahun di seluruh dunia. Namun, para ahli memperkirakan bahwa sebenarnya ada jutaan gempa bumi setiap tahun, tetapi banyak yang tidak terdeteksi karena keterpencilan geografis mereka atau besar kekuatan gempa yang terlalu lemah.

3. Gempa bumi sering terjadi di tepi Samudra Pasifik

Samudra Pasifik Utara, California (Foto: Pixabay/PeterBowers)

Hampir 80% dari semua gempa bumi terjadi di sepanjang tepi Samudra Pasifik, yang disebut "Cincin Api". Cincin Api merupakan sebuah wilayah yang mengelilingi Samudra Pasifik dan merupakan rumah bagi 452 gunung berapi.

Baca juga:

4 Tips yang Harus Kamu Ingat ketika Gempa Disusul Peringatan Tsunami

4. Penyebab gempa bumi ditemukan oleh seorang insinyur

Pergeseran batuan yang terletak jauh di bawah permukaan (Foto: Pixabay/Arcturian)

John Michell, seorang insinyur inggris, merupakan salah satu bapak seismologi pertama. Dia mengidentifikasi penyebab gempa bumi pada awal abad ke-18. Dalam teorinya dia mengemukakan gempa bumi dan gelombang energi yang dihasilkannya disebabkan oleh pergeseran batuan yang terletak jauh di bawah permukaan.

5. Hewan akan mengubah perilaku sebelum terjadi gempa bumi

Burung dikatakan pergi ke tempat lebih tinggi sebelum terjadi gempa (Foto: Pixabay/ptfrancesco)

Melansir bbc.co.uk, sebelum gempa bumi dan tsunami Indonesia pada tahun 2004, saksi melaporkan melihat burung dan hewan lainnya menuju ke tempat yang lebih tinggi. Para ilmuwan berpikir hewan mungkin merasakan getaran lemah sebelum gempa, atau mungkin sinyal elektrik yang dipicu oleh pergeseran batuan di bawah tanah.

Itu dia 5 fakta tentang gempa bumi. Semoga dapat bermanfaat untukmu. (arb)

Baca juga:

Rumah Tahan Gempa ini Terbuat dari Styrofoam


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH