K-Drama
5 Drama Korea yang Mengangkat Isu Body Shaming Beberapa drama Korea mengangkat tema body shamming. (soompi.com)

BODY shaming atau mengejek penampilan fisik orang lain sebenarnya sama seperti bullying atau penindasan. Tidak hanya membuat korban kehilangan kepercayaan diri, bahkan body shaming dapat menyebabkan seseorang depresi.

Seseorang dianggap telah memenuhi standar kecantikan apabila memiliki kulit putih, tubuh langsing, atau wajah cantik. Tak sedikit orang berlomba-lomba menjadi cantik atau tampan, hingga rela merogoh kocek puluhan juta untuk menjalani operasi plastik.

Isu body shaming ini juga sering diangkat dalam drama Korea. Enggak mengherankan sih, soalnya tindakan body shaming masih menjadi permasalahan sensitif di banyak negara, termasuk Korea Selatan.

Biar kamu paham seperti apa sih body shaming, berikut rekomendasi drama Korea dengan tema body shaming, seperti dilansir laman Soompi.

BACA JUGA:

10 Drama Korea yang Paling Populer Saat Ini, Wajib Nonton (Part 2)

1. Perfume (2019)

Drama fantasi ini menceritakan Min Jae-hee (Ha Jae-sook), sosok ibu rumah tangga yang menjadi tulang punggung keluarga, lantaran perselingkuhan sang suami, yang membuat Jae-hee putus asa dan berencana untuk bunuh diri.

Saat hendak bunuh diri, Jae-hee menerima sebuah paket misterius. Isi paket itu adalah sebuah parfum. Ternyata, parfum itu memiliki kekuatan yang mampu membuat Jae-hee menjadi perempuan muda cantik. Dengan penampilan barunya, Jae-hee diterima bekerja sebagai model Seo Yi-do (Shin Sung-rok).

2. My ID is Gangnam Beauty (2017)

Mengisahkan tentang gadis pemalu bernama Kang Mi-rae (Im Soo-hyang), yang sejak kecil menjadi bahan olokan teman-teman karena penampilannya buruk. Akhirnya, ia menjalani operasi plastik untuk mengubah penampilan dan tampil lebih percaya diri.

Saat masuk kuliah, banyak orang menyebut dirinya cantik, tapi mereka tahu bahwa Mi-rae telah melakukan operasi plastik, sehingga ia dijuluki sebagai Gangnam Beauty.

Namun, kepedihannya berujung manis ketika ia bertemu dengan mahasiswa tampan, Do Kyung-seok (Cha Eun-woo). Ia memiliki kepribadian pendiam, tetapi sangat perhatian kepada Mi-rae.

3. She Was Pretty (2015)

Drama ini mengisahkan Ji Sung-joon (Park Seo-joon), seorang direktur di majalah fashion. Saat masih kecil, ia selalu diejek oleh teman-temannya karena memiliki tubuh yang gemuk dan wajah yang jelek. Hal ini membuatnya trauma.

Seorang gadis cantik dan populer, Kim Hye-jin (Hwang Jung-eum) ingin menjadi teman Sung-joon. Hye-jin selalu menghibur Sung -joon yang kadang merasakan traumanya kembali.

Sung-joon pun pindah ke Amerika. 15 tahun kemudian, ia kembali ke Korea dan ia ingin menemui Hye-jin. Namun, Hye-jin selalu menghindari Sung-joon, sebab wajahnya kini tak secantik dulu.

4. Birth of Beauty (2015)

Drama ini menceritakan seorang istri bernama Sa Geum-ran (Han Ye-seul) yang diselingkuhi oleh suaminya, Lee Kang-joon (Jung Gyu-woon), karena penampilan Geum-ran yang tidak menarik.

Suatu hari, Geum-ran mengalami kecelakaan setelah mobil yang dikemudikannya jatuh ke jurang. Ia pun selamat dari maut dan memutuskan mengubah penampilannya dengan operasi plastik.

Geum-ran muncul kembali sebagai sosok baru bernama Sara. Kemunculannya ini untuk balas dendam kepada mantan suaminya yang telah menikah dengan selingkuhannya.

5. Oh My Venus (2015)

Drama komedi ini menceritakan kisah Kang Joo-eun (Shin Min-ah), perempuan obesitas yang dicampakkan sang kekasih. Pria yang mencampakkannya tersebut lebih memilih berpacaran dengan perempuan ‘seksi.

Joo-eun bertemu Kim Young-ho (So Ji-sub), seorang pelatih kebugaran yang untuk sejumlah bintang Hollywood. Akhirnya, Joo-eun mulai melakukan diet ketat untuk mengubah penampilannya.(SCP)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
NASA Pecahkan Rekor Kecepatan Transfer Data Luar Angkasa ke Darat
Fun
Projek-D Vol. 2 Hadirkan Berbagai Musisi Lokal Beragam Genre
Fun
Pegawai Apple Bikin Petisi Tolak Kebijakan Tim Cook
Fun
Pegawai Apple Bikin Petisi Tolak Kebijakan Tim Cook

Pegawai Apple menyebarkan petisi menolak work from office (WFO).

Self-care Bareng Pasangan Jadi Kegemaran 4 Zodiak Ini
Fun
Self-care Bareng Pasangan Jadi Kegemaran 4 Zodiak Ini

Zodiak yang senang menghabiskan waktu self-care bersama pasangan.

Colorful Rilis Lini Motherboard Intel Z790 Series
Fun
Colorful Rilis Lini Motherboard Intel Z790 Series

Motherboard Intel Z790 Series mendukung Intel Generasi ke-13.

Sony Patenkan Fitur Prediksi untuk PlayStation 5
Fun
Sony Patenkan Fitur Prediksi untuk PlayStation 5

Fitur ini akan menjajarkan setiap gameplay menjadi sebuah statistik.

Peneliti Beberkan Alasan Orang Gemar Flexing Kegiatan Berolahraga
Fun
Peneliti Beberkan Alasan Orang Gemar Flexing Kegiatan Berolahraga

Orang tersebut merasa kurang percaya diri dan merasa bahwa ‘nilai jual’ mereka rendah.

Universal Studios Jepang akan Hadirkan Wahana 'Jujutsu Kaisen'
Fun
Universal Studios Jepang akan Hadirkan Wahana 'Jujutsu Kaisen'

Wahana terbatas Jujutsu Kaisen akan digelar pada 16 September 2022.

ENHYPEN Comeback dengan Mini Album 'Manifesto: Day 1'
ShowBiz
ENHYPEN Comeback dengan Mini Album 'Manifesto: Day 1'

ENHYPEN kembali menyapa penggemar lewat mini album terbaru.

Saatnya Bebas dari Main Hati Hubungan Toxic
Fun
Saatnya Bebas dari Main Hati Hubungan Toxic

Tinggalkan hubungan toxic sekarang juga.