5 Destinasi Semarang yang Bisa Dikunjungi Saat Mudik Salah satu panorama bangunan Sam Poo Kong. (Foto: Rizki Fitrianto/MP)

SALAH satu kota yang akan dilalui pemudik jalur Pantura menuju Jawa Timur adalah Semarang. Nah sebagai kota yang letaknya di tengah-tengah, sepertinya sangat pas kalau Semarang menjadi kota persinggahan sementara sebelum melanjutkan perjalanan.

Meski sebagai salah satu kota industri di pulau Jawa, Semarang punya banyak destinasi yang layak untuk dikunjungi. Nah, dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini rekomendasi destinasi yang bisa kamu kunjungi saat perjalanan mudik.

1. Lawang Sewu

Lawang  Sewu 9Sumber: Instagram/pitruspiet)
Lawang Sewu (Sumber: Instagram/pitruspiet)

Salah satu destinasi yang paling ikonik di kota Semarang adalah Lawang Sewu. Bangunan peninggalan Belanda ini letaknya berada di tengah kota sehingga sangat mudah dijangkau. Masyarakat menyebut Lawang Sewu karena bangunan itu memiliki banyak pintu.

Dulu, bangunan bekas kantor administrasi NIS (Nederlandsch–Indische Spoorweg) itu dikenal sangat angker. Namun kini yang ada hanyalah keindahan. Saat malam Lawang Sewu diberi penerangan sehingga menimbulkan kesan eksotis.

2. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa (Sumber: Instagram/amazing_zannu's profile picture amazing_zannu)
Museum Kereta Api Ambarawa (Sumber: Instagram/amazing_zannu)

Museum Kereta Api Ambarawa sama bersejarahnya dengan Lawang Sewu. Saat pertama kali dibangun pada zaman penjajahan Belanda, ia bernama Stasuin Willen I. Bangunan ini tetap menjadi stasiun hingga tahun 1975. Alih fungsi bangunan dari stasiun ke museum karena terjadi penutupan jalur Yogyakarta–Magelang–Secang.

Ada banyak lokomotif jadul yang menjadi koleksi Museum Kereta Api Ambarawa. Misalnya beberapa lokomitif uap, lokomotif diesel kereta inspeksi Sultan Madura dan kereta kayu. Koleksi lainnya adalah halte, persinyalan, pencetakan tiket hingga peralatan administrasi.

3. Klenteng Sam Po Kong

Salah satu pengunjung Sam Poo Kong memfoto patung Cheng Ho. (Foto: Rizki Fitrianto/MP)
Salah satu pengunjung Sam Poo Kong memfoto patung Cheng Ho. (Foto: Rizki Fitrianto/MP)

Meski sebuah klenteng, bangunan ini merupakan peninggalan dari seorang Laksamana Tiongkok Islam bernama Zhing He atau Cheng Hi. Letak komplek Sam Po Kong berada di sebelah barat kota Semarang, tepatnya di Simongan.

Berdasarkan kisah, Laksamana Ching Ho yang sedang berlayar melewati laut Jawa. Karena banyak awak kapalnya sedang sakit, ia memerintahkan untuk menepi di pantai utara Semarang, Cheng Ho juga membuat masjid di tepi pantai yang kini menjadi klenteng. Bangunan ini sekarang berada di tengah kota karena pantai utara selalu mengalami proses pendangkalan.

4. Old City 3D Trick Art Museum Semarang

Satah satu spot di Old City 3D Trick Art Museum (Sumber: Instagram/siska_litasari)
Satah satu spot di Old City 3D Trick Art Museum (Sumber: Instagram/siska_litasari)

Destinasi ini sangat populer di kalangan anak muda Semarang. Selain lokasinya dekat dengan Masjid Agung dan Klenteng Sam Po Kong, tempat ini sangat instagramable dan banyak spot cantik. Di sana ada sekitar 108 konsep lukisan 3D serta ruangan dengan ilusi mata.

Di musim liburan tentunya sangat disayangkan kalau kamu tak mampir ke Old City 3D Trick Art Museum Semarang. Selain ajang melepas lelah, tempat ini bisa merekatkan hubungan keluarga dengan berbagai pose lucu saat berfoto.

5. Simpang Lima Semarang

Simpang Lima Semarang di malam hari (Sumber: Instagram/dinzdoank)
Simpang Lima Semarang di malam hari (Sumber: Instagram/dinzdoank)

Lokasi ini sebenarnya hanyalah sebluah lapangan luas. Ia menjadi pertemuan lima jalan utama yakni Jalan Pahlawan, Pandanaran, Ahmad Yani, Gajah Mada dan A Dahlan. Simpang Lima juga dijadikan sebagai alun-alun Kota Semarang.

Sebagai pusat keramaian, Simpang Lima sangat cocok dijadikan lokasi untuk berburu kuliner. Di sana ada banyak sekali penjual makanan yang bisa kamu pilih. Waktu paling ramai di Simpang Lima adalah setiap Sabtu dan Minggu.



Muchammad Yani