5 Cosplay Paling Niat dan Unik yang Bakal Bikin Kamu Geleng-Geleng Kepala Kreativitas para cosplayer yang membuat karakter terlihat lebih hidup (Foto: Stan Winston School)

COSPLAY merupakan istilah bahasa inggris buatan Jepang yang berasal dari gabungan kata costume (kostum) dan play (permainan). Cosplay yang dinilai sebagai hobi mengenakan pakaian beserta aksesoris lengkap dari salah satu karakter baik dalam komik, game, anime, atau karya fiksi lainnya. Jika cosplay dinilai dari kemiripannya dari karakter yang sedang ditiru, berikut daftar cosplay terunik yang pernah viral di seluruh dunia.

1. Dan Cattel - Cosplay Karakter 2D Nintendo

View this post on Instagram

People on the internet often ask what the costumes look like from the front and if I look freaking ridiculous. Here you go! This was shot by @epbot for their montage around the time of the @Nintendo photoshoot at @dragoncon. I probably didn't hear that I was supposed to move. My voice hearing sucks, especially in costume in a crowd, so I kept doing poses. See you at @avideogamecon this weekend for my Metroid panel with @yigiter007 as Dark Samus! #spacepirate #Spacepiratecosplay #Metroidcosplay #Metroid #cosplay #cosplayer #costume #Nintendo #dragoncon #dragonconcosplay #dragoncon2018 #Nintendocosplay #retrogaming #alien #aliencosplay #aliencostume #supermetroid #cosplayersofinstagram #8bit #8bitcosplay #16bit #16bitcosplay #pixel #pixelcosplay #pixelated #pixelatedcosplay

A post shared by Dan Cattell (@dan_cattell_art) on

Sejak kemunculan dirinya di Comic Con 2018, karya cosplay yang dibuat oleh Dan Cattel mendapatkan banyak pujian dari berbagai komunitas.

Karakter yang ia hidupkan dari grafis yang menggambarkan karakter dari game Nintendo itu. Dinilai sebagai ide yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh cosplayer sebelumnya.

2. Aviram Carmeli - The Lion King & Aladin

5 Cosplay Paling Niat dan Unik yang Bakal Bikin Kamu Geleng-Geleng Kepala
Cosplay Aladin dengan karpet ajaibnya (Foto: Aviram Carmeli Artstation)

Cosplay Aladin dan Lion King? Mungkin terdengar biasa di telinga kita. Namun bagaimana jika properti yang ia buat mampu membuat cosplay Aladin yang ia perankan mampu membuatnya bisa terbang menggunakan karpet ajaibnya?

Itulah yang dilakukan oleh Aviram selama ia memamerkan karyanya dengan judul "An Idiot on a Skateboard". Meski aneh, tetapi karya Aviram patut diapresiasi. Karena properti tambahan yang ia buat mampu membuat karakter yang ia mainkan menjadi terlihat lebih hidup.

3. Wayne Berendhuysen - Iron Man MK 39 Starbooster

Dengan tambahan fitur kostum Iron Man yang dibuat oleh Wayne seperti hand-blaster dan jet-pack. Meski tidak bisa terbang, karya Wayne sangat diapresiasi oleh netizen.

Bahkan, berkat kostum Iron Man itu. Ia mendapatkan banyak kerja sama pembuatan kostum untuk cosplayer lain. Karena selain hobi cosplay, Wayne adalah salah satu property maker terbaik di Jerman.

4. Alexis Noriega - Feathered Lady

5 Cosplay Paling Niat dan Unik yang Bakal Bikin Kamu Geleng-Geleng Kepala
Properti sayap buatan karya Alexis Noriega (Foto: Design You Trust)

Karya yang dibuat oleh Alexis adalah sebuah aksesoris sayap dimana sayap tersebut bisa mengembang dan digerakkan secara motorik. Kerangka badan berbahan dasar alumunium yang dikombinasikan dengan rangkaian bulu yang menyerupai sayap ini.

Digerakkan dengan mesin khusus supaya bisa bergerak sesuai keinginan. Meski tidak bisa dipakai untuk terbang layaknya para dewi-dewi dari cerita fiksi. Aksesoris ini mampu membuat cosplay yang bersayap bisa terlihat lebih hidup dan memiliki nilai seni tersendiri.

5. Carl Leck - Stranger Things

5 Cosplay Paling Niat dan Unik yang Bakal Bikin Kamu Geleng-Geleng Kepala
Kepala Demogorgon yang bisa bergerak karya Carl Leck (Foto: fox59.com)

Karakter Demogorgon dari Stranger Things yang diperankan Carl ini memiliki spesialisasi khusus. Terutama pada bagian kepala, sebagaimana Demogorgon mampu membuka penutup kepalanya. Carl membuat kepala tersebut dengan alat yang sangat tidak kita duga. Yaitu rem sepeda dan karet gelang.

Rem sepeda yang dimodifikasi khusus dengan karet tersebut mampu menarik bagian kepala Demogorgon sebagaimana jika ditarik dan dilepaskan kepala tersebut bergerak seakan membuka dan menutup seperti dalam film aslinya. (riq)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH