Gegayaan Demit di Negeri Aing Punya style yang itu-itu saja. (Foto: Rojak Daily)

RAMBUT hitam panjang, gaun putih oversize, makeup tebal, dan berjalan tanpa alas kaki, bisa tebak ini fesyen hantu apa? Ya betul, dengan mudah kamu pasti menebak sosok kuntilanak, salah satu hantu ikonik di Indonesia. Tak hanya kuntilanak, deretan teman-teman lainnya pun pasti punya ciri khas fesyen tersendiri.

Gambaran sosok hantu yang sering kita lihat di film atau acara TV membuat stereotipe di kepala tiap orang. Perempuan berbaju putih menjuntai dengan rambut panjang atau pria besar dengan cawat dan rambut gimbal tak keruan sudah pasti dicap setan. Menyeramkan sih memang, tapi kok ikonik banget tampilan itu. Sampai-sampai nih, kalau orang mau bikin kejahilan atau meniru penampilan hantu, orang pasti bakal meniru: menggunakan baju putih atau hitam. Ya sudah ya, daripada membahas sisi horornya, kita ulik tampilan fesyen para demit ini, yuk.

Baca juga:

Starter Pack Macan Ternak, Selalu 'Cetar' Saat Anter Anak

1. Pocong

5 Ciri Khas Fesyen Hantu di Indonesia
Identik dengan kain kafan. (Foto: The Straits Times)

Siapa sih yang tidak mengenal atau tidak bisa meniru tampilan pocong zaman sekarang? Hantu yang Indonesia banget ini memang paling sering muncul di film horor atau bahkan film komedi. Pocong punya setelan sebagaimana layaknya orang yang baru saja meninggal, yakni mengenakan kain kafan. Di bagian atas kepala dan bagian tulang kering biasanya diikat dengan tali putih. Tali ini bahkan disebut sebagai tali pocong.

Sesosok mayat berkafan ini sekilas memang nampak seperti guling yang hidup. Untuk bagian makeup, pocong biasanya menggunakan bedak putih tebal dan aksen hitam di bagian sekeliling mata. Namun, ada juga yang menggunakan bedak hitam agar agar bola mata seramnya terlihat jelas.

Beberapa pocong juga ada yang menyematkan gumpalan kapas kecil dan biasanya diletakkan di lubang hidup. Tapi ada juga yang tidak. Kira-kira, apa bedanya ya Sobat Merah Putih?

2. Kuntilanak

5 Ciri Khas Fesyen Hantu di Indonesia
Rambut panjang jadi ciri khasnya. (Foto: Instagram/kirapratamaa)

Tampilan kuntilanak di Indonesia sudah kamu baca di pembukaan awal tadi. Sosok perempuan menyeramkan ini dipercaya berasal dari perempuan hamil yang meninggal dunia karena melahirkan atau bahkan belum sempat lahir. Untuk mencari siapa pelakunya, kuntilanak juga punya gaya fesyen yang unik agar bisa tergoda.

Kali ini, setelan baju putih oversized jadi pilihan kuntilanak, ada yang lengan panjang ada juga yang lengan pandek. Tergantung selera. Sama seperti pocong, kuntilanak juga menggunakan bedak putih tebal lingkaran mata hitam, hanya saja lebih rapi. Rambutnya yang lurus panjang mungkin jadi impian beberapa perempuan zaman sekarang. Atau jangan-jangan itu hasil smoothing?

Untuk bagian kuku, kuntilanak punya kuku yang cukup panjang dan biasanya berwarna hitam. Mungkin belum sempat menikur. Sebagai cewek, kuntilanak ini tampaknya kurang percaya diri. Soalnya, ia lebih sering menundukkan kepala.

3. Tuyul

5 Ciri Khas Fesyen Hantu di Indonesia
Tuyul suka mencuri uang. (Foto: Facebook/TUYUL Gaming)

Nah kalau bocah yang satu ini, bisa jadi hantu paling kaya di Indonesia. Sultan lah. Masih menjadi misteri apakah tuyul sebenarnya anak-anak atau orang dewasa, tapi memiliki penyakit tinggi badan tertentu. Tapi yang jelas, tuyul punya gaya fesyen sederhana dari hantu lainnya: hanya memakai popok dan bedak saja.

Penampilan tuyul ini entah mengapa mirip seperti bayi yang baru berumur beberapa bulan, bedanya tuyul sudah bisa jalan dan mencuri uang. Menariknya, hantu ini pernah dijadikan judul sinetron yang cukup terkenal, yakni Tuyul dan Mbak Yul. Bedanya, sosok tuyul yang diperankan Ony Syahrial ialah uyul yang lucu dan menggunakan popok dengan tambahan motif merah. Unyu.

Baca juga:

Anak 80-an Sempat Kepincut 'Gegayaan' Ala Lupus

4. Leak

5 Ciri Khas Fesyen Hantu di Indonesia
Leak Bali. (Foto: Slickester Magazine)

Di antara tiga hantu sebelumnya, Leak mungkin jadi hantu dengan sosok yang paling menyeramkan. Bola matanya yang nyaris keluar dan gigi taring besarnya jadi identitas tersendiri bagi penyihir dalam mitologi Bali ini. Penampilan Leak pun berbeda-beda, seperti punya banyak ornamen dan aksesoris di bagian tubuhnya.

Leak punya rambut tebal, besar, dan sangat panjang. Model begini sih, perawatannya susah. Kedua tangannya digambarkan berwarna putih dengan kuku yang juga panjang. Tak lupa agar suasana tidak terasa dingin, Leak sering kali menggunakan lebih dari satu syal, salah satunya syal kotak-kotak catur khas Bali. Mungkin, inspirasinya dari rok orang Skotlandia. Kan lagi hits juga tuh.

Kalau hantu lain tampil minimalis dan seadanya, Leak ini lebih niat lah. Tampilannya serbatertutup dan terlihat berat jika dikenakan di badan.

5. Sundel Bolong

5 Ciri Khas Fesyen Hantu di Indonesia
Sosok Sundel Bolong yang diperankan Suzzanna. (Foto Instagram fagemua)

Sosok Sundel Bolong identik dengan bintang film horor terkenal Tanah Air, Suzzanna. Perannya sebagai Sundel Bolong begitu melekat di Indonesia. Untuk segi fesyen, Sunderl Bolong sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kuntilanak. Hanya saja, Sundel Bolong mengenakan gaun putih panjang yang slim fit. Perbedaan lainnya ada di bagian punggung belakang yang tampak bolong dan sedikit tertutup dengan rambut panjang. Inilah mengapa dinamakan Sundel Bolong. (and)

Baca juga:

Joker Kearifan Lokal Khas Negeri Aing

  • LAINNYA DARI MERAH PUTIH
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Yakin Mau Ganti Mobil Baru?
Fun
Yakin Mau Ganti Mobil Baru?

Saatnya ganti mobil baru atau belum?

Langkah Jitu Mengatasi Kecanduan Game Online
Fun
Langkah Jitu Mengatasi Kecanduan Game Online

Ada beberapa tips untuk mengatasi orang yang kecanduan bermain game online

Anak Sulung Raditya Oloan Kenang sang Ayah
ShowBiz
Anak Sulung Raditya Oloan Kenang sang Ayah

Begitu dekat dengan keluarga dan sering menghabiskan waktu bersama.

Begini Seharusnya Bumil Pakai Seatbelt
Fun
Begini Seharusnya Bumil Pakai Seatbelt

cara pakai seatbelt yang benar untuk bumil.

Singapura Hadirkan Camping di Bandara
Fun
Singapura Hadirkan Camping di Bandara

Glamping ini mereka lakukan di bandara internasional Changi.

Mengenal Kecanggihan Manikur Microchip
Fun
Mengenal Kecanggihan Manikur Microchip

sebuah salon kecantikan di Dubai tengah mendapat perhatian publik. Hal itu lantaran salon tersebut menyediakan sebuah treatment dengan sentuhan teknologi canggih manikur microchip.

Post Malone Siapkan 2 Album untuk Rilis di 2021
ShowBiz
Post Malone Siapkan 2 Album untuk Rilis di 2021

Info ini dikabarkan langsung oleh manajer Post Malone, Dre London.

Menepis Stigma Manja Anak Tunggal, Mereka Juga Jagoan
Fun
Menepis Stigma Manja Anak Tunggal, Mereka Juga Jagoan

Anak tunggal tidak seperti yang selama ini banyak orang kira.

Pangeran Charles dan Ratu Elizabeth, Jalan-jalan ke Frogmore House. Ada Apa?
Fun
Pangeran Charles dan Ratu Elizabeth, Jalan-jalan ke Frogmore House. Ada Apa?

Ratu Elizabeth II dan Pangeran Charles menyimpan sesuatu.

Cek Rutin Bagian Mobil ini Bikin Awet Kendaraanmu
Fun
Cek Rutin Bagian Mobil ini Bikin Awet Kendaraanmu

Melakukan cek rutin pada bagian mobil sebelum berkendara.