5 Cara Sederhana Menangani Masalah Jerawat Menggunakan Minyak Jarak Atasi masalah jerawat dengan minyak jarak (Sumber: Pixabay/Kjerstin_Michaela)

BERURUSAN dengan jerawat memang serig membuat frustasi. Saat satu jerawat mulai hilang, ia akan tumbuh lagi. Namun jangan khawatir, karena ada banyak cara alami yang bisa kamu lalukan untuk mengobati jerawatmu.

Salah satunya menggunakan minyak jarak untuk treatmentnya. Minyak ini mampu melembabkan kulit serta mencegah produksi minyak berlebihan penyebab utama timbulnya jerawat. Tak hanya itu saja, minyak jarak juga membantu menghilangkan sel-sel kulit mati.

Baca Juga : Rambut Pun Juga Bisa Menyebabkan Jerawat Loh!

Sifat antibakteri dari minyak jarak menmbunuh bakteri penyebab jerawat. Sementara dsam risinoleat yang terkandung di dalamnya membantu meredakan peradangan dan rasa sakit yang disebabkan oleh jerawat.

Nah, dirangkum dari Boldsky, berikut ini treatment yang bisa kamu lakukan dengan bahan dasar minyak jarak.

1. Pijatan minyak jarak

pijatan minyak jarak
Pijatan minyak jarak (Sumber: Pixabay/TesaPhotography)

Cara yang paling mudah adalah melakukan pijatan menggunakan minyak jarak tanpa tambahan apapun. Pijatan ini bisa kamu lakukan usai memberi uap ke wajahmu.

Siapkan beberapa tetes minyak jarak, cuci wajahmu dengan pembersih ringan. Uapkan sebentar. Lalu pijat dengan lembut wajahmu dengan minyak yang disiapkan barusan. Biarkan semalaman dan bilas di pagi hari.

2. Minyak jarak dan minyak zaitun

Minyak jarak dan minyak zaitun
Campur dengan minyak zaitun (Sumber: Pixabay/stevepb)

Minyak zaitun mampu melembabkan kulit. Ia juga bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Jika dikombinasikan dengan minyak jarak, maka hasil yang maksimal akan didapat.

Caranya pun cukup mudah, yakni melakukan pijatan lembut ke wajah menggunakan campuran dua minyak itu. Sebelumnya kamu bisa memberi uap ke wajah. Lalukan aktivitas ini di malam hari sebelum tidur, sekali seminggu untuk hasil maksimal.

Baca Juga : Kenali Penyebab Jerawat di Pipi, Kesehatan Gigi Ternyata Ada Hubungannya Lho!

3. Minyak jarak dan lemon

Minyak jarak dan lemon
Pakai perasan air lemon (Sumber: Pixabay/ulleo)

Lemon punya sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang membersihkan kulit dan membantu mengobati jerawat. Selain itu, ia mengandung zat astringen guna mengecilkan pori-pori kulit. Hal itu sangat bagus untuk mengontrol produksi minyak berlebih.

Kamu tinggal menyiapkan 1 sdm minyak jarak dan 1 sdm perasan lemon. Campurkan keduanya, lalu celupkan kapas. Oleskan kapas pada daerah jerawat dan biarkan selama 10-15 menit, kemudian bilas menggunakan air bersih.

4. Minyak jarak dan minyak kelapa

Minyak jarak dan minyak kelapa
Bisa juga mencampurnya dengan minyak kelapa (Sumber: Pixabay/DanaTentis)

Minyak kelapa mengandung asam laurat yang cukup efektif dalam mengobati jerawat dan peradangan saat berjerawat. Caranya mudah, kamu tinggal menyiapkan beberapa tetes minyak kelapa dan minyak jarak, lalu campurkan.

Pijat dengan lembut pada wajahmu selama beberapa menit. Biarkan selama 10-15 menit. Terakhir bilas menggunakan air hangat.

5. Minyak jarak dan soda kue

Minyak jarak dan soda kue
Bisa menggunakan baking soda (Sumber: Pixabay/evitaochel)

Sifat antiseptik dan anti-inflamasi dari soda kue membantu mengobati jerawat. Soda kue juga mencegah peradangan serta kemerahan yang terkait dengannya. Siapkan 1 sdm minyak jarak dan 1 sdm baking soda lalu campurkan keduanya.

Sebelum menggunakan mereka, cuci dulu mukamu dan keringkan. Oleskan campuran tersebut ke daerah yang berjerawat. Biarkan selama 10-15 menit. Bilas menggunakan pembersih ringan dan air dingin.

Baca Juga : Bahan Sepele di Sekeliling Kamu Ini Ternyata Ampuh Hilangkan Bekas Jerawat

Kredit : yani


Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH