5 Cara Sederhana Membahagiakan Orang Tua

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Selasa, 28 Maret 2023
5 Cara Sederhana Membahagiakan Orang Tua
Tidak sulit untuk membahagiakan orang tua. (Unsplash/Dario Valenzuela)

ADA banyak cara untuk membahagiakan orang tua. Tidak perlu sesuatu yang mewah, cukup dengan menanyakan kabar saja atau menghabiskan waktu bersama di rumah, itu sudah cukup bagi mereka.

Sebagai anak, mungkin kamu masih bingung bagaimana cara yang tepat untuk mewujudkan hal tersebut. Seperti dilansir laman Alodokter, berikut lima cara yang bisa dilakukan untuk membahagiakan orang tua.

Baca Juga:

Gembira Berpuasa Sambil Diet

5 Cara Sederhana Membahagiakan Orang Tua
Luangkan waktu untuk quality time. (Unsplash/Roberto Nickson)

Bincang

Meski tinggal bersama orang tua, tidak semua anak rutin mengobrol dengan kedua orang tuanya. Padahal, sering mengobrol dengan kedua orang tua itu penting untuk memastikan kabar mereka dan mengetahui cerita keluarga yang mungkn telah dilewati akhir-akhir ini.

Lewat momen ini, kamu jadi tahu apa yang sedang mereka rasakan dan ikatan antara anak dan orang tua semakin dekat. Bahkan, hal ini bisa mengobati rasa kangen bagi kamu yang tinggal berpisah. Tidak perlu setiap saat, kamu bisa melakukan hal ini satu minggu sekali, baik dengan cara bertemu atau melalui telepon.

Family time

Waktu itu sangat berharga. Seberapa sibuk pun kamu, rasanya tidak sulit untuk meluangkan waktu bersama orang tua. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan, seperti memasak bersama, membersihkan rumah, makan di restoran, dan nonton ke bioskop. Selain bisa meningkatkan ikatan antara orang tua dan anak, momen ini juga dapat menjalin kebersamaan, serta meredekan stres yang mungkin kamu atau orang tuamu rasakan akibat aktivitas sehari-hari.

Baca Juga:

Yuk, Bergembira dengan Membaca Buku

5 Cara Sederhana Membahagiakan Orang Tua
Berikan mereka hadiah yang sederhana. (Unsplash/Mia Golic)

Hadiah

Memberikan hadiah kepada orang tua tidak harus saat ulang tahun mereka, tapi juga bisa pada momen penting seperti Hari Ibu atau Hari Ayah. Selain menjadi wujud kasih sayangmu sebagai anak, cara ini juga bisa jadi tanda bahwa kamu sangat bersyukur telah memiliki orang tua seperti mereka. Hadiah yang diberikan tidak harus mahal. Misalnya, jika orang tuamu suka memasak, kamu bisa membelikan spatula atau panci baru.

Berlibur

Jika ada dana dan waktu luang, kamu bisa mengajak mereka berlibur bersama. Tanyakan kepada mereka tentang lokasi yang ingin dikunjungi atau kamu bisa mengajak mereka ke tempat yang penuh kejutan. Dengan begitu, mereka bisa sekalian mengenang masa-masa indah dan membuat orang tua bahagia.

Nasihat

“Jangan tidur malam-malam ya, Nak. Jaga kesehatanmu.” atau “Jangan lupa makan, Nak. Nanti kamu sakit”. Ucapan seperti itu mungkin sudah sering sekali kamu dengar. Saking terlalu sering, terkadang mungkin kamu pun risih mendengar kalimat tersebut, karena merasa sudah dewasa dan mengurus diri sendiri. Salah satu cara untuk membahagiakan orang tua yang bisa kamu lakukan adalah dengan mendengarkan nasihat mereka, tidak membantah atau malah membentak mereka, ya. (and)

Baca Juga:

Rasa Pedas Memantik Perasaan Gembira

#Relasi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan