5 Cara Rumahan untuk Mengatasi Neuropati Diabetik Diabetes (Foto: Pixabay/Tumisu)

DIABETES adalah penyakit yang paling umum dan jumlah orang dengan diabetes meningkat dari hari ke hari. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), jumlah orang yang menderita diabetes naik dari 108 juta menjadi 422 juta dalam beberapa tahun terakhir.

Diabetes dianggap sebagai penyakit berbahaya. Hal itu karena jika tidak dikendalikan, gula darah memiliki efek merusak tubuh dan menyebabkan neuropati diabetik, yakni kerusakan saraf yang disebabkan oleh diabetes. Kemungkinan besar neuropati diabetik mempengaruhi saraf di tungkai, kaki dan tangan.

Baca juga:

Cegah Sakit di Musim Liburan dengan Pola Makan Sehat Penambah Stamina

Neuropati diabetik dapat menyebabkan mati rasa dan kesemutan pada jari, kaki, tangan dan kaki. Jadi, sangat penting untuk memantau kadar glukosa darah dan menerapkan atau menggunakan beberapa pengobatan rumahan untuk membantu mengatasi rasa sakit.

Dilansir dari Boldsky, berikut ini obat rumahan yang ampuh untuk mengatasi masalah neuropati diabetik.

1. Mandi air hangat

Mandi air hangat (Foto: Pixabay/Pexels)
Mandi air hangat (Foto: Pixabay/Pexels)

Obat rumah termudah untuk mengobati nyeri saraf diabetes adalah mandi air hangat. Panas meningkatkan sirkulasi darah dan mempercepat proses penyembuhan. Mandi dengan air hangat setiap hari selama 20 menit. Kamu bisa menambahkan 1 cangkir garam Epsom ke dalam air.

2. Teh Jahe

Teh jahe (Foto: Pixabay/silviarita)
Teh jahe (Foto: Pixabay/silviarita)

Jahe mengandung sifat anti-inflamasi yang akan membantu menghilangkan rasa sakit saraf diabetik. Minum teh jahe juga bisa mengatur kadar gula darah. Rebus secangkir air dan tambahkan 2 potong jahe atau 1 sendok makan bubuk jahe. Diamkan selama 5-10 menit dan minumlah teh ini setiap hari.

Baca juga:
Waspada! Penyakit Ini Mengintai Orang yang Sering Terjebak Macet

3. Olahraga teratur

Olahraga teratur (Foto: Boldsky)
Olahraga teratur (Foto: Boldsky)

Olahraga teratur adalah salah satu cara terbaik untuk mengobati nyeri saraf diabetik. Kegiatan ini meningkatkan aliran darah dan menurunkan kadar gula darah sehingga mampu mengendalikan diabetes. Kamu bisa berjalan atau berenang selama 20 menit setiap hari untuk meningkatkan kadar gula darah.

4. Pijat

Pijat (Foto: Bboldsky)
Pijat (Foto: Bboldsky)

Pijat adalah obat lain yang berguna untuk mengobati nyeri saraf diabetik. Ini membantu meningkatkan aliran darah di pembuluh darah dan memperkuat otot. Oleskan beberapa tetes minyak mustard atau minyak kelapa di daerah yang terkena. Pijat area tersebut selama 5-10 menit. Setelah memijat, bungkus area tersebut dengan handuk hangat. Lakukan ini beberapa kali dalam sehari.

5. Kayu manis

Kayu manis (Foto: Boldsky)
Kayu manis (Foto: Boldsky)

Kayu manis mengandung antioksidan, anti-inflamasi, anti-mikroba, anti-diabetes dan sifat penambah kekebalan tubuh, sehingga akan membantu dalam mengobati nyeri saraf diabetes. Kamu bisa menggunakan minyak kayu manis untuk memijat daerah tersebut, mengonsumsi kayu manis sebagai minuman atau memasukannya dalam masakan.

Baca juga:

Waspada! Lakukan ini Sebelum Pergi Liburan



Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH