5 Cara Mudah Melindungi Akun WhatsApp dari Serangan Hacker Jangan biarkan peretas membobol Whatsapp kamu. (Foto: pixabay/tumisu)

WHATSAPP menjadi salah satu aplikasi chat terpopuler di dunia. Jumlah pengguna aktifnya pun sangat banyak. Tidak mengherankan jika aplikasi yang satu ini banyak menjadi incaran orang yang tak bertanggung jawab. Mereka membobol serta menyalahgunakan data pengguna untuk tujuan tertentu.

Untuk itulah, Whatsapp telah memberikan keamanan untuk para penggunanya dengan teknologi end-to-end encryption. Dengan teknologi itu, baik foto, video maupun teks yang dikirim atau diterima akan sulit untuk diretas.

Kendati demikian, bukan berarti para peretas tak bisa mencari celah untuk membobol akun Whatsapp milikmu. Nah, agar lebih meningkatkan keamanan data pribadimu, kamu bisa melakukan tips simpel berikut ini.

1. Cek Enkripsi

Jangan lupa verifikasi enkripsi (Foto: screenshot whatsapp)

Whatsapp otomatis mengenkripsi semua pesan, tapi agar kamu lebih aman. Pastikan fitur telah aktif untuk menghindari informasi penting pribadi yang terkirim lewat pesan, seperti nomor kartu kredit atau pin atm yang dapat diakses peretas.

Untuk memverifikasi enkripsi, lakukan sebelum memulai percakapan dengan kontak Whatsapp kamu. Setelah itu, buka informasi kontak lawan bicaramu dengan mengetuk nama atau nomornya, lalu pilih 'Encryption'. Kamu akan bisa melihat 40 digit enkripsi.

Kamu dapat verifikasi kode itu secara manual dengan cara membandingkan digitnya, lalu meminta kontak untuk memindai kode QR ataupun kode kontak kamu dengan tombol 'Scan Code'.

2. Aktifkan notifikasi keamanan

Langkah kedua yaitu aktifkan notifikasi keamanan. (Foto: screenshot whatsapp)

Jika kamu mengaktifkan notifikasi keamanan, WhatsApp dapat mengirim pemberitahuan saat kode keamanan enkripsi telah berubah. Biasanya fitur yang satu ini berguna saat pengguna Whatsapp memindahkan data backup obrolan dari ponsel lama ke ponsel baru.

Caranya, kamu bisa membuka pengaturan/setting, lalu pilih akun dan klik Security. Lalu dalam jendela security, nyalakanlah 'show security notification'.

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH