5 Cara Mengendalikan Amarah di Tempat Kerja Kendalikan amarah saat ditempat kerja dengan tips berikut ini (Foto: pixabay/jeshoots-com)

SETIAP manusia tentu pernah merasa marah, bahkan beberapa orang pada satu titik pernah emosi. Hal itu biasanya disebabkan karena danya stres, konflik atau politik di tempat kerja.

Beberapa pemicu itu bisa menyebabkan kamu kehilangan 'kepala dingin'. Jika sudah demikian maka akan mudah bereaksi berlebihan saat situasi memanas, hingga eemosi pun dapat meledak-ledak lantaran tak berpikir jernih.

Baca Juga:

Ingin Lebih Bahagia di Kantor? Lakukan Deretan Langkah Jitu Ini

Nah untuk menghindari peristiwa tak menyenangkan dan bisa merusak kredibiltias profesional kamu, seperti rilis yang diterima dari JobStreet, berikut ini beberapa langkah sederhana untuk memperbaiki situasi dan kembali tenang.

1. Carilah Udara Segar

Mencari udara segar bisa membuat pikiranmu lebih tenang (foto: pixabay/comfreak)

Saat kesabaran kamu mulai habis, saat itu godaan untuk menyerang dengan kata-kata kasar ataupun memuluk seseorang sangatlah besar. Sebelum terjadi hal yang tak diinginkan, bangkitlah berjalan dan cari udara segar, jangan berhenti hingga kamu sudah tenang kembali.

2. Curhat Pada Kolega yang Bisa Dipercaya

Curhat dengan kolega yang bisa dipercaya akan membuatmu lebih tenang (Foto: pixabay/free-photos)

Cara kedua untuk mengendalikan amarah ditempat kerja ialah menceritakan masalahmu pada kolega yang dapat dipercaya. Karena hal itu akan membantu kamu untuk mendapat sudut pandang berbeda, serta objektif dari seseorang yang tak terpengaruh secara pribadi oleh masalah tersebut.

Baca Juga:

Kerap Dapati Kritikan Pedas di Kantor? Begini Cara Menghadapinya

3. Tarik Nafas

Mengambil nafas merupakan cara sederhana untuk meredakan emosi (Foto: pixabay/alfcermed)

Meski terdengar sederhana, tapi mengambil nafas ialah salah satu cara efektif untuk memperlambat detak jantung dan memberi kesempatan pada diri kamu untuk meredakan emosi serta kembali berpikir dengan jernih.

4. Berhitung Sampai Angka 10

Berhitung dari angka 1 sampai 10 bisa meredakan emosi (Foto: pixabay/_alicja_)

Sama halnya dengan mengambil nafas, menghitung dari angka 1 hingga 10 juga bisa memeuat kamu untuk diam sejenak, menenangkan diri dan kembali fokus. Intinya ialah keluar dari situasi yang membuatmu stres sehingga tak terpancing untuk bereaksi secara emosional.

5. Coba Untuk Mengalah

Mengalah bisa membuat situasi lebih baik (Foto: pixabay/rawpixel)

Jika kamu tengah berurusan dengan kolega yang menyulitkan, mungkin perasaan kamu akan kesal atau jengkel. Namun menanggapi mereka tak akan menyelesaikan masalah, jadi cobalah untuk mengalah dan menjadi pihak yang lebih bijak.

Mengendalikan rasa marah bukan hal yang mudah, apalagi saat bagian tubuh kamu serasa murka dan uap rasanya keluar dari kedua telinga kamu. Namun kemampuan untuk tetap tenang dan berkepala dingin dalam situasi penuh tekanan, merupakan ciri kepemimpinan yang kuat. Jika kamu bercita-cita untuk meniti karir pada bidang manajemen di masa depan, kemampuan mengendalikan marah wajib untuk diasah. (Ryn)

Baca Juga:

Enggak Sempat ke Gym? Olahraga Saja di Kantor

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH