Game

5 Cara Main Game Retro Gratisan

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 29 November 2023
5 Cara Main Game Retro Gratisan
Rekomendasi emulator ini adalah cara legal untuk bermain game retro di 2023. (Foto: Pixabay/MasterTux)

GAME retro adalah pilihan terbaik untuk kamu yang ingin mengetahui inovasi permainan dari tahun ke tahun. Kamu bisa bernostalgia dengan game-game lawas kapan pun kamu mau dengan memainkan gameplay nan sederhana tapi begitu seru.

Sayangnya, memainkan game retro harus membuat kamu mengeluarkan uang lebih. Bagi kamu yang lagi hemat uang, laman Siliconera membagikan lima cara agar kamu bisa memainkan game retro secara legal walau tidak bayar.

Baca Juga:

Game Terbaru 'Jujutsu Kaisen' akan Rilis di Konsol dan PC

1. Analogue

Bermain dengan lebih optimal, Analogue adalah konsol handheld dibuat khusus untuk ekspor data yang ada di kartrid asli konsol seperti Sega, Atari, Nintendo Game Boy, dan sebagainya dengan resolusi natif hingga 1080p. Konsol Analog pun digadang memiliki konversi minim lag dan eror. Hal ini membuat kamu bisa memainkannya langsung tanpa perlu mengunduh, meski penggunaan kartrid legal tetap diperlukan dengan harga lebih terjangkau di situs resminya.

2. GOG

Game PC era 90an hingga akhir 2000an memang sulit untuk didapatkan, apalagi bagi beberapa game rilis di bawah naungan Windows Games yang tidak hadir di Steam. Solusinya adalah GOG atau dikenal sebagai Good Old Games.

Situs ini memberikan penawaran terbaik untuk kamu yang ingin bermain game retro di PC. Ada 724 judul game rilis secara gratis dan berbayar, serta beberapa program bebas DRM untuk kamu yang ingin bermain game PC secara legal.

3. Nintendo Switch Online

Nintendo Switch Online memberikan puluhan pustaka game bagi kamu yang ingin bermain game retro seperti Nintendo Entertainment System, Super Nintendo, Nintendo Game Boy, Nintendo Game Boy Advence, dan terakhir adalah Nintendo 64.

Game tersebut selalu di-update setiap bulannya, dengan beberapa game hit seperti Super Mario Bros., Super Mario 64, serta The Legend of Zelda: Ocarina of Time.

Baca Juga:

Melihat Langsung Titan di Pameran 'Attack on Titan: The Final Exhibition'

4. Sega Mega Drive, dan Genesis Classic

Sega Mega Drive dan Sega Genesis Classic adalah bagian dari Nintendo Switch Online yang memiliki puluhan game bisa kamu mainkan bersama dengan yang ada di Nintendo Switch Online.

Kehadiran emulator untuk Nintendo Switch ini adalah cara legal untuk memainkan game Sega maupun Nintendo, di luar dari membeli mini console dengan harga fantastis.

5. Evercada

Evercade adalah konsol garapan perusahaan dengan nama Evercade yang digarap khusus untuk memainkan hampir seluruh game secara legal. Dibuat sebagai Super Pocket Handhelds, kamu bisa memainkan game dari perusahaan game yang sulit ditemukan dengan kolaborasi bersama Capcom dan Taito.

Game sekadar 1-bit hingga 64-bit seperti PlayStation, Nintendo 64, dan Atari Jaguar pun bisa kamu mainkan di Evercade dengan harga lebih terjangkau. (dnz)

Baca Juga:

SH Figuarts Garap Action Figure Monkey D Luffy dari Live-Action Netflix 'One Piece'

Bagikan
Ditulis Oleh

Aldonov Danoza

The love we take is equal to the love we make
Bagikan